Sukses

Beauty

4 Cara Mudah Membuat Jerawat Hilang Selamanya dari Wajah  

Fimela.com, Jakarta Berdasarkan survei ZAP Beauty Indeks 2020, sebagian besar perempuan Indonesia mengalami masalah jerawat sehingga memengaruhi kepercayaan diri mereka. Apalagi jika jerawat tersebut meninggalkan bekas berupa flek hitam di kulit wajah.

Selain faktor genetik dan hormon, jerawat bisa muncul karena beberapa kebiasaan baik yang terlewatkan, hingga kegiatan keseharian yang secara tidak langsung membawa kuman dan kotoran pada kulit wajah.  

Jika sahabat fimela masih berjuang melawan jerawat, langkah-langkah berikut ini bisa dicoba untuk mengatasi tersebut, berikut ulasannya.

1. Double Cleansing

Rutin membersihkan kulit wajah setiap hari akan membantu mengatasi jerawat. Agar kulit wajah bersih maksimal, perlu dilakukan double cleansing, yaitu membersihkan wajah dalam 2 tahapan. 

Tahap pertama, membersihkan wajah menggunakan produk berbahan dasar minyak, seperti oil cleanser, cleansing oil, atau oil makeup remover, untuk membersihkan kotoran yang mengandung minyak seperti makeup, sunscreen, sebum, dan polusi. 

Tahap kedua, membersihkan wajah dengan menggunakan produk berbahan dasar air seperti face wash, untuk membersihkan kotoran yang mengandung air seperti keringat.

2. Rutin Eksfoliasi

Kulit membutuhkan waktu 30-75 hari untuk melahirkan sel kulit baru. Karena itu, perlu dilakukan eksfoliasi wajah atau pengelupasan sel kulit mati, untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit. Idealnya, proses pengangkatan sel-sel kulit mati ini tidak dilakukan tiap hari, melainkan 3-4 kali dalam seminggu sebagai frekuensi terbaik, dengan memilih produk yang lembut dan berbahan dasar alami. 

“Rangkaian produk scrub dari St.Ives dapat menjadi pilihan, karena tersedia dalam berbagai varian yang terbuat dari 100% ekstrak dan eksfolian alami, sehingga ampuh membersihkan kulit wajah tanpa menyakitinya,” ujar Tamara Adys Nabila selaku Asst. Country Marketing Manager Unilever International - for St Ives Indonesia.

Cara menggunakannya mudah, cukup dengan memijat lembut produk scrub pada wajah, maka kotoran akan terangkat. Namun, penting untuk mengenali jenis kulit  terlebih dahulu, sebelum memilih produk dan kandungan yang tepat untuk wajah.

Untuk kulit yang sedang mengalami jerawat atau beruntusan, produk scrub berbahan aprikot seperti St. Ives Acne Control Apricot Scrub akan lebih cocok, dengan manfaat membersihkan minyak berlebih, kotoran, serta sel kulit mati yang berpotensi menimbulkan jerawat. Kandungan 2% asam salisilat di dalam produknya juga dapat membantu menghilangkan noda jerawat pada kulit wajah.

Untuk kulit berminyak, produk dengan kandungan alami green tea seperti St. Ives Blackhead Clearing Green Tea Scrub bisa menjadi pilihan, karena bisa mengangkat komedo dan membersihkan pori-pori yang tersumbat secara mendalam, serta meredakan kemerahan dan beruntusan kecil di kulit. 

Dan untuk kulit yang cukup sensitif, bisa memilih produk scrub dengan kandungan alpukat serta madu, serta mengandung vitamin dan mineral untuk melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, dan memperbaiki serta menyamarkan tekstur dan warna kulit yang  tidak merata. Avocado sendiri terkenal dapat mengurangi peradangan kulit seperti psoriasis, eczema, ataupun kulit yang terbakar dari sinar matahari.

3. Rajin Mengganti Sarung Bantal saat tidur dan Masker saat beraktivitas

Dalam kondisi pandemi seperti ini, memakai masker saat beraktivitas di luar rumah adalah kewajiban. Pastikan selalu membawa masker pengganti dan menggantinya saat dibutuhkan, misalnya saat  beraktivitas outdoor yang terpapar polusi kendaraan, atau saat berada di area keramaian dan penuh asap rokok. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya penumpukan kuman dan kotoran pada kulit wajah. 

Selain itu, juga harus rajin mengganti sarung bantal tidur, agar tidak menjadi tempat menumpuknya sel kulit mati penyebab komedo dan jerawat. Ganti sarung bantal minimal seminggu sekali, agar kuman dan kotoran tidak menempel di kulit wajah saat  tidur.

4. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat akan membantu kulit bekerja lebih maksimal dalam menyerap produk kecantikan dan perawatan kulit. Jangan lupa untuk selalu cukup tidur 6-8 jam sehari dan hindari begadang. Selain itu, pastikan cukup minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter setiap hari, serta sempatkan berolahraga, karena olahraga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah dan dapat membuat kulit terlihat lebih glowing. 

Gaya hidup sehat bisa memengaruhi hormon, dan hormon menjadi salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat. Perubahan hormon bisa menyebabkan produksi minyak wajah berlebih, proses pergantian sel kulit mati melambat, dan membuat bakteri Propionibacterium acnes sebagai penyebab jerawat jadi lebih mudah berkembang biak. Untuk itu, terapkan gaya hidup sehat setiap hari, agar jerawat tidak mudah muncul kembali.

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Gampang Jerawatan dan Beruntusan, Ini 3 Kesalahan Umum Mencuci Muka
Artikel Selanjutnya
Keahlian MUA Makeover Wajah Pengantin dengan Penuh Jerawat Jadi Flawless