Sukses

Beauty

Mengenal Efek Stres selama Pandemi dan Solusi Perawatan Kulit yang Bisa Dilakukan

Fimela.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama setahun lebih ini, berpengaruh pada banyak hal, termasuk menyebabkan stres yang tak berkesudahan. Stres memiliki konsekuensi serius pada kesehatan, seperti meningkatkan risiko terkena Depresi, berdampak negatif pada sistem kekebalan, dan juga memengaruhi kondisi kulit.

Stres bisa memengaruhi kondisi kulit melalui beberapa cara. Salah satunya, hormon yang dilepaskan hormon saat stres bisa menyebabkan perubahan fisiologis yang berdampak negatif pada kulit.

1. Jerawat

Saat stres, tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol, yang menyebabkan bagian otak yang dikenal sebagai hipotalamus memproduksi hormon yang disebut CRH. CRH bisa merangsang pelepasan minyak dari kelenjar sebaceous di sekitar folikel rambut dan produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar ini bisa menyumbat pori-pori, serta menyebabkan jerawat.

2. Kantung mata

Kantung mata lebih umum terjadi seiring bertambahnya usia karena otot-otot pendukung di sekitar mata telah melemah. Kulit kendur yang disebabkan oleh hilangnya elastisitas ini juga bisa menyebabkan munculnya kantung mata.

3. Kulit kering

Stratum korneum adalah lapisan luar kulit yang mengandung protein dan lipid yang memainkan peran penting dalam menjaga sel-sel kulit tetap terhidrasi. Saat stratum korneum tidak berfungsi sebagaimana mestinya, kulit bisa menjadi kering dan gatal.

4. Kerutan

Stres menyebabkan perubahan pada protein di kulit dan mengurangi elastisitasnya. Hilangnya elastisitas ini bisa berkontribusi pada pembentukan kerutan.

 

 

Solusi perawatan kulit yang bisa dilakukan

Namun, kamu tidak perlu khawatir, beberapa penyebab stres bisa dihindari. Berikut ini adalah beberapa solusi perawatan kulit yang terdampak stres selama pandemi.

1. Olahraga

Aktivitas fisik bisa membantu mengurangi stres. Olahraga efektif untuk mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan suasana hati, yang pada akhirnya juga akan memengaruhi kondisi kulit.

2. Melatih kesadaran

Meditasi bisa menurunkan tingkat stres. Meditasi kesadaran bisa membantu meringankan tekanan psikologis, seperti kecemasan, depresi, dan rasa sakit.

3. Menerapkan gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat bisa terdiri dari banyak hal, seperti tidur yang cukup dan berkualitas, mengonsumsi makanan yang bernutrisi, serta konsisten dalam melakukannya.

4. Menggunakan produk perawatan kulit yang tepat

Penggunaan produk perawatan kulit juga penting diperhatikan. Dalam rangkaian POND'S Age Miracle, POND'S juga memperkenalkan Double Action Serum yang bekerja membantu mencerahkan kulit 10 kali lebih kuat dan mengatasi masalah penuaan pada kulit 2 kali lebih hebat.

Tekstur produk yang ringan, mudah diratakan, dan cepat meresap akan memudahkanmu mengaplikasikannya secara rutin setelah membersihkan wajah dan memakai essence. Caranya mudah, kamu cukup memijat dan menepuk lembut kulit yang telah menggunakan serum ini, untuk menstimulasinya ke seluruh permukaan kulit.

Kamu akan mendapati garis halus tersamarkan, kulit terasa kenyal, kencang, tampak lebih cerah, noda hitam berkurang, dan terhidrasi dengan baik. Tertarik untuk mengulas topik ini lebih lanjut?

Jangan lewatkan Fimela From Home x POND’s bersama dengan Danang Wisnu (Skin Care Reviewer) dan Dr. Melyawati SpKK (Dermatologist) yang akan diselenggarakan pada 28 Juni 2021. Daftarkan langsung diri kamu ke sini.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tunda Penuaan Dini dengan Perawatan Kulit menggunakan Pond’s Age Miracle