Sukses

Beauty

5 Rekomendasi Skincare untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Fimela.com, Jakarta Orang yang memiliki wajah berminyak, biasanya sering mengalami masalah kulit seperti wajah tampak kusam, hingga munculnya jerawat dan komedo. Karena produksi minyak berlebih menyumbat pori-pori wajah. Kondisi wajah ini akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Memang tidak mudah mencari skincare yang tepat untuk mengatasi kulit berminyak. Karena salah memilih skincare bisa membuat muka semakin berminyak. Untuk itu, kulit berminyak harus dirawat dengan produk skincare yang bisa mengontrol produksi minyak di kulit.

Wajah yang berminyak juga harus dibersihkan secara rutin dan dijaga kelembapannya. Namun, penggunaan skincare pada kulit berminyak harus dengan cara yang tepat. Agar tidak bingung memilih skincare untuk kulit berminyak, berikut rekomendasi skincare untuk kulit berminyak:

Kandungan Bahan Aktif Skincare untuk Kulit Berminyak

1. Salicylic Acid

Untuk mengatasi kulit berminyak, kandungan salicylic acid adalah kuncinya. Kandungan ini bisa membantu mengontrol kulit berminyak, mengatasi jerawat, membersihkan pori-pori dan sebagai antiinflamasi. Kandungan ini sering kali terdapat pada toner atau serum wajah.

2. Retinol

Kandungan retinol yang merupakan turunan dari vitamin A yang baik untuk kulit. Kandungan ini memiliki manfaat yang bisa membantu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Sehingga wajah terbebas dari jerawat dan komedo.

3. Niacinamide

Skincare dengan kandungan niacinamide bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Kandungan ini berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, mencerahkan wajah kusam, melembapkan dan menghidrasi kulit. Bahkan kandungan ini bisa menyembuhkan kulit berjerawat.

4. Hyaluronic Acid

Walaupun kulit berminyak, tetapi kulit berminyak membutuhkan kandungan skincare yang membantu melembapkan kulit wajah, yaitu hyaluronic acid. Kandungan ini bisa menghidrasi kulit, agar kulit tidak dehidrasi. Karena kulit yang dehidrasi merupakan salah satu penyebab kulit menjadi berminyak.

5. Benzoyl Peroxide

Kandungan bahan aktif yang terakhir yaitu Benzoyl Peroxide. Kandungan ini cocok digunakan untuk mengatasi jerawat, yang biasanya muncul di kulit wajah yang berminyak. Hati-hati saat menggunakan produk skincare yang mengandung Benzoyl Peroxide, ada baiknya untuk konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Kandungan Minyak Alami untuk Kulit Berminyak

1. Grapeseed Oil

Kulit berminyak bisa dirawat dengan kandungan minyak alami, agar wajah tetap lembap dan tidak dehidrasi. Kandungan grapeseed oil aman untuk kulit berminyak. Karena asam lemak sehat di dalam grapeseed oil bisa membantu mengurangi peradangan jerawat dan membersihkan pori-pori tersumbat.

2. Witch Hazel

Kandungan witch hazel bisa digunakan untuk merawat kulit berminyak. Kandungan ini mampu mengontrol produksi minyak berlebih dan mengatasi peradangan di wajah. Sehingga kulit wajah terhindar dari jerawat.

3. Tea Tree oil

Tea tree oil adalah kandungan populer untuk merawat kulit wajah yang berjerawat. Tea tree oil memiliki sifat sebagai antiseptik alami, yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Sering kali kandungan ini digunakan dalam bahan skincare untuk mengontrol produksi minyak berlebih di wajah.

4. Centella Asiatica

Kandungan centella asiatica merupakan kandungan alami yang cocok untuk kulit berminyak maupun sensitif. Karena bisa mengontrol produksi minyak alami, menjaga kelembapan kulit, mengatasi jerawat dan menenangkan kulit. Pakai kandungan ini saat wajahmu sedang mengalami peradangan jerawat.

5. Calendula

Ekstrak bunga calendula dipercaya bisa membantu mengatasi masalah kulit. Contohnya kulit berminyak, berjerawat dan kombinasi. Bahkan kandungan ini bisa mempercepat penyembuhan jerawat dan menghilangkan bekasnya.

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak

1. ElshéSkin Deep Cleansing For Oily Skin

Untuk membersihkan muka berminyak dari makeup, kamu bisa menggunakan skincare dari ElshéSkin Deep Cleansing For Oily Skin. Pembersih wajah ini memiliki tekstur gel, yang mudah untuk diaplikasikan di wajah dan mengangkat makeup dari wajah, sebagai pengganti micellar water. Harga produk ini sekitar Rp 90ribuan.

2. Pixy White Aqua Pore Cleanse Micellar Foam

Setelah membersihkan makeup, kamu bisa menggunakan facial foam dari Pixy White Aqua Pore Cleanse Micellar Foam. Sabun wajah ini memiliki tekstur foam yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori, mengangkat minyak dan mencerahkan wajah. Harga sabun wajah ini sekitar Rp 50ribuan.

3. Avoskin Miraculous Refining Toner

Toner dari Avoskin Miraculous Refining Toner merupakan skincare yang bisa membantu mengontrol minyak, mengatasi jerawat dan mencerahkan wajah, karena mengandung AHA, BHA, PHA, niacinamide, 2% tea tree, witch hazel dan aloe vera. Toner ini dijual dengan harga sekitar Rp 189ribuan.

4. Wardah Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel

Untuk skincare yang bisa melembapkan muka berminyak, kamu bisa menggunakan Wardah Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel. Tekstur gel mudah meresap di kulit dan bisa membantu mengontrol produksi minyak, serta melembapkan dan mengecilkan pori-pori wajah. Pelembap ini dijual dengan harga sekitar Rp 25ribuan.

5. Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense

Muka berminyak harus tetap dilindungi dengan sunscreen. Produk sunscreen yang aman untuk muka berminyak yaitu Biore UV Aqua Rich Watery Essence with Micro Defense. Produk ini mengandung SPF 50 yang tidak menyebabkan wajah berkomedo atau berminyak. Teksturnya mudah meresap ke kulit, sehingga kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Harga sunscreen ini sekitar Rp 90ribuan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading