Sukses

Beauty

5 Kiat Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat, pastinya punya struggle tersendiri dalam merawat kulit. Belum lagi faktor tidak percaya diri yang selalu muncul karena kondisi kulitmu tidak sebagus orang-orang dengan kondisi kulit normal. 

Jangan sedih, punya tipe kulit berminyak tidak selalu buruk, kok. Justru kamu beruntung dan harus bersyukur karena kamu tidak rentan terhadap kerutan dibanding orang-orang dengan tipe kulit kering.

Namun, kulit berminyak memiliki resiko yang lebih besar terhadap munculnya jerawat, dan hal inilah yang membuat frustrasi. Tapi, jangan khawatir, karena dengan perawatan yang tepat, kamu bisa mengatasi kondisi kulit berminyakmu sekaligus mengatasi jerawat yang membandel. 

Berikut 5 tips yang bisa kamu lakukan dalam merawat kulit berminyak dan berjerawatmu, dilansir dari verywellhealth.

1. Membersihkan wajah minimal dua kali sehari

Ini merupakan cara yang paling sederhana untuk menjaga kulit berminyak agar tetap terkendali. Cuci wajahmu dua kali dalam sehari, yakni pada pagi dan malam hari. 

Gunakan sabun yang berbusa atau pembersih wajah berbasis krim atau lotion karena akan membersihkan minyak berlebih dan membuat kulitmu terasa segar dan bersih.

2. Gunakan astringent

Astringent merupakan kata lain dari toner. Astringent merupakan cara lain yang baik untuk mengontrol minyak karena pproduk tersebut dibuat khusus untuk jenis kulit berminyak dan membantu menghilangkan minyak berlebih ari kulit dan mengencangkan pori-pori. 

Aplikasikan astringent dengan menggunakan kapas ke seluruh permukaan wajah dan leher setelah mencuci muka dan sebelum mengoleskan pelembap atau jerawat wajah.

3. Gunakan produk oil-free dan water-based

Gunakan produk dengan label “oil-free”, terutama untuk produk seperti pelembap, sunscreen, serta makeup. Karena jika menggunakan produk yang tidak bebas minyak, maka akan terjadi penyumbatan pori-pori yang memicu munculnya jerawat ataupun komedo. 

Selain itu, produk berbasis air (water-based) juga merupakan pilihan baik untuk jenis kulit berminyak, karena tidak meninggalkan residu berat pada kulit dan membuat kulitmu jauh lebih segar dari biasanya. 

4. Jangan menggosok (scrubbing) kulitmu

Menggosok kulit dengan scrub abrasif, pads, atau kain waslap tidak akan membuat minyak di kulitmu berkurang, dan tidak akan memperbaiki kondisi kulit yang berjerawat. 

Karena, kulitmu akan jauh lebih rentan mengalami iritasi jika digosok dengan produk yang mengandung scrub

5. Melakukan eksfoliasi dan gunakan produk khusus jerawat

Melakukan eksfoliasi dan menggunakan produk khusus untuk kulit berjerawat akan mengurangi produksi minyak berlebih di kulitmu, dan dapat memperbaiki tampilan pori-pori besar. 

Kulit berminyak dan pori-pori besar sering berjalan beriringan dan bisa membuat frustrasi seperti jerawat itu sendiri.

Dengan melakukan kelima tips ini secara rutin dengan disesuaikan dengan penggunaan skincare yang khusus untuk kulit berminyak, maka nantinya kamu akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

Perlu diingat, perawatan dan perbaikan akan membutuhkan waktu, terutama ketika kamu ingin menghilangkan jerawat atau mengurangi minyak pada kulitmu. Kuncinya adalah konsistensi.

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menangkal Jerawat dengan Memadukan Cica dan Tea Tree pada Kulit Berminyak
Artikel Selanjutnya
6 Urutan Perawatan Wajah yang Tepat untuk Kulit Kering dan Berjerawat