Sukses

Beauty

5 Pengobatan Rumah Sederhana untuk Menghilangkan Ketombe secara Alami

Fimela.com, Jakarta Selain membuat gatal dan tak nyaman, ketombe juga bisa menurunkan percaya diri. Kulit kepala yang gatal dan mengelupas adalah tanda khas dari kondisi ini, tetapi juga dapat menyebabkan gejala lain seperti bercak berminyak di kulit kepala dan kulit kesemutan. Penyebab ketombe termasuk kulit kering, dermatitis seboroik, kepekaan terhadap produk rambut dan pertumbuhan jenis jamur tertentu yang hidup di kulit kepala. Meskipun ada banyak produk yang dijual bebas yang dirancang untuk mengobati ketombe, pengobatan alami bisa jadi efektif. Berikut adalah 5 pengobatan rumah sederhana untuk menghilangkan ketombe secara alami.

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, yang dapat membantu meringankan gejala ketombe. Minyak pohon teh efektif melawan jenis jamur tertentu yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. Kamu dapat mengaplikasikan minyak pohon dengan meratakannya di atas rambut dan kulit kepala, diamkan selama 15-30 menit kemudian bilas.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan, yang dapat memperburuk ketombe. Sebuah penelitian kecil terhadap 34 orang menunjukkan bahwa minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi kulit. Minyak kelapa dapat digunakan seperti masker rambut, kemudian didiamkan dan bilas dengan sampo seperti biasa.

3. Lidah buaya

Sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya dapat membantu melindungi dari ketombe. Lidah buaya juga sering ditambahkan ke dalam salep kulit, kosmetik atau lotion. Cukup ambil beberapa batang lidah buaya, ambil daging dan haluskan menjadi jeli lalu oleskan pada permukaan kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi hingga 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Cuka sari apel juga sering digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe. Keasaman cuka dipercaya dapat membantu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Cuka sari apel juga dikatakan menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur yang dapat melawan ketombe. Kamu bisa mengaplikasikannya seperti menggunakan masker rambut pada umumnya.

5. Soda kue

Soda kue dapat bertindak sebagai exfoliant lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi rasa gatal. Soda kue juga memiliki sifat antijamur yang bisa bermanfaat dalam pengobatan ketombe. Tambahkan soda kue dengan perasaa jeruk nipis atau sedikit air, kemudian aplikasikan di atas permukaan kepala yang terdapat ketombe, diamkan sebentar lalu bilas dengan air dingin.

Selain mengatasi ketombe dengan bahan-bahan di atas, penting untuk mencari tahu penyebab utama ketombe, yang bisa disebabkan stres, kurang nutrisi, atau ada kelainan pada kulit kepala dan sebagainya. Jadi jika akan lebih mudah untuk mengatasinya jika sudah diketahui penyebabnya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading