Sukses

Beauty

6 Tips dan Trik Potong Rambut di Rumah Anti Gagal, Cocok di Masa PPKM

Fimela.com, Jakarta Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, aktivitas kita serba terbatas. Bahkan rasanya, dengan angka positif yang semakin tinggi, kita semakin takut untuk ke luar rumah. Begitu juga untuk sekedar menata rambut. Rambut yang terus tumbuh membuat bentuknya sudah tak rapi lagi.

Tak hanya itu saja, rambut yang semakin panjang biasanya kerap membuat akarnya tidak kuat dan menimbulkan rontok. Lalu, apakah potong rambut bisa dilakukan sendiri di rumah? dan bagaimana cara agar tidak gagal? Yuk simak cara lengkapnya berikut ini. 

1. Potong rambut dalam keadaan basah

Potong rambut dalam keadaan basah akan mempermudah proses cutting sekaligus memberikan hasil yang lebih presisi. Namun, ada jenis rambut tertentu yang tidak cocok dipotong dalam keadaan basah. Jenis rambut bergelombang, dan keriting, sebaiknya dipotong dalam keadaan kering. 

2. Pastikan memakai gunting rambut

Gunakan gunting khusus rambut, Hal ini akan mempermudah kamu dalam memotong dan menghindari rambut bercabang. Jadi, gunakan gunting yang benar-benar tajam. 

3. Pilih potongan rambut yang mudah

Potongan rambut yang mudah tentu menghindari efek gagal yang berlebih. Potongan tersebut biasanya adalah bob dan layer. Atau di saat kamu hanya ingin sedikit melakukan trim pada rambutmu. Jadi, jangan coba-coba untuk memotong bentuk rambut yang sulit. 

 4. Potong Rambut Sedikit Demi Sedikit

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan orang saat potong rambut sendiri adalah terburu-buru sehingga menghasilkan pangkasan yang kurang rapi. Itu sebabnya, cara paling baik untuk mendapatkan hasil memuaskan adalah selalu memotong rambut sedikit demi sedikit. Sebelum memotong, rapikan juga rambut menggunakan sisir dan perkirakan seberapa panjang bagian yang ingin Kamu pangkas. Hindari memotong rambut dalam jumlah banyak sekaligus untuk menghindari risiko kesalahan atau hasil potongan yang terlalu pendek. Dengan begitu, Kamu juga tak akan menyesal.

5. Gunakan Teknik Ponytail untuk Potong Rambut Bagian Belakang

Tantangan terbesar ketika memotong rambut sendiri adalah kesulitan melihat bagian belakang. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan teknik ponytail dan mengarahkan seluruh rambut ke depan. Caranya, sisir rambut hingga rapi dan ikat hingga menyerupai ekor kuda. Selanjutnya, arahkan rambut yang sudah diikat tersebut ke depan dengan sedikit membungkukkan badan. Potong rambut secara sejajar dan lakukan dengan perlahan. Jangan lupa, lakukan teknik ponytail ini di depan cermin sehingga Kamu lebih mudah memperkirakan panjang rambut yang ingin dipangkas.

6. Minta Orang di Rumah untuk Memeriksa Hasilnya

Setelah memotong rambut bagian belakang dengan teknik ponytail, bukalah ikatan rambut atau penjepit yang digunakan. Kamu dapat merapikannya dengan sisir dan perhatikan hasilnya baik-baik. Untuk memastikan hasil potongan tersebut sudah rapi dan sesuai keinginan, tak ada salahnya melakukan double check dengan meminta pendapat orang-orang yang ada di rumahmu. Minta mereka untuk meneliti hasil pangkasan, dan mengamati apabila ada bagian-bagian yang kurang rapi. Misalnya seperti panjang yang kurang rata, bagian yang belum terpotong sempurna, atau malah bagian yang terlalu pendek. Dengan begitu, Kamu dapat merapikannya lagi sehingga mendapatkan hasil sempurna.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Catat, Warga DKI Wajib Bawa Surat Vaksin untuk Pangkas Rambut