Sukses

Lifestyle

Alasan Mengapa Perempuan Potong Rambut Usai Putus Cinta dari Ahli

Fimela.com, Jakarta Putus cinta memang menjadi tregadi dalam hidup yang cukup menyakitkan. Kandasnya hubungan asmara tak hanya membuat banyak orang jadi tak berdaya, tetapi juga menyebabkan kesedihan yang mendalam.

Berbagai macam cara pun dilakukan agar bisa terbebas dari bayang-bayang sang mantan, termasuk salah satunya dengan memotong rambut. Bukan hanya sekedar mengubah penampilan, potong rambut setelah putus cinta rupanya memiliki penjelasan ilmiah lho.

Menurut Rebecca Newman, seorang psikoterapis berbasis di Philadelphia, Pennyslvania, kesedihan setelah putus cinta memang mendorong seseorang untuk melakukan perubahan besar dalam penampilan.

Pasalnya, perubahan besar pada penampilan menandai adanya perubahan. Sebagian besar perempuan ingin menandai awal yang baru dengan cara memotong rambut mereka.

 

Ingin merasa lebih bebas

Newman melanjutkan memotong rambut juga menjadi cara seseorang agar bisa merasa lebih ringan dan bebas. Potong rambut disinyalir menjadi cara mengurangi beban dan kesedihan yang ada di kepala.

“Kesedihan setelah putus cinta dapat mendorong seseorang untuk membuat perubahan besar dalam penampilan, sebagai cara untuk mengangkat 'beban' pikiran dengan cara memotong rambut. Sebab, mempertahankan rambut panjang bisa membutuhkan banyak produk, waktu, dan kesabaran, dan melepaskan perawatan itu bisa melambangkan pelepasan kerja emosional dari hubungan juga,” ujar Newman.

Cara terbaik untuk move on

Sependapat dengan Newman, psikolog Dr. Patricia A. Farrell, mengatakan bahwa rambut panjang menandai masa lalu, dengan memotong rambut menjadi cara untuk melepaskan masa lalu yang ingin tinggalkan untuk bisa kembali melanjutkan hidup.

“Memotong rambut adalah cara termudah untuk membuat perubahan. Potongan rambut yang dramatis akan menunjukkan keinginan untuk membuat perubahan drastis dan kemudian cocok dengan persona baru yang kami ciptakan, “ujarnya dikutip dari Hello Giggles.

 

Membentuk pribadi baru

Rambut adalah identitas, gaya potongan rambut bisa menunjukkan kepribadianmu. Begitu juga untuk seseorang yang patah hati, mereka ingin menciptakan image dan karakter yang berbeda dari sebelumnya agar tampak lebih kuat dan percaya diri.

“Ketika perempuan putus cinta, memotong rambut meningkatkan daya tariknya dan kepercayaan dirinya,” jelas Psikolog Dr. Graham Hole, dikutip Prime.

Pada intinya, memotong rambut sehabis putus cinta menandakan bahwa kamu ingin segera melepas kenangan masa lalu untuk kembali membuka lembaran baru. Kamu ingin membuang semua rasa sedih yang ada di hati bersamaan dengan potongan-potongan rambutmu. Diharapkannya cara ini akan membuat kita merasa lebih bahagia.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Cerdas Membuat Mantan Menyesal Telah Memutuskanmu
Artikel Selanjutnya
Bisa Jadi Toxic Relationship! Ini 4 Tips Keluar dari Hubungan yang Tidak Sehat