Sukses

Beauty

Titik Kritis Penuaan, Ini 5 Langkah Skincare yang Tepat di Usia 40-an

Fimela.com, Jakarta Tak dapat dipungkiri, seiring bertambahnya usia kulit kehilangan elastisitasnya sehingga muncul tanda-tanda penuaan di wajah. Mulai dari kerutan, garis-garis halus, hingga hiperpigmentasi.

Menurut para ahli, kandungan kolagen mulai berkurang satu persen sejak usia 20 tahun. Sementara titik kritis penuaan berada di usia 40-an.

“Di usia ini, tampak tanda-tanda penuaan yang paling dramatis. Mulai dari berkerut, kering, hingga kusam,” kata dokter kulit bersertifikat di New York, Hadley King, dikutip dari Real Simple.

Hadley King menyebutkan hal ini disebabkan produksi estrogen yang menurun selama perimenopause, yang menyebabkan kulit menghasilkan lebih sedikit kolagen dan elastin. 

Untuk itu, di usia ini kamu memiliki rutinitas perawatan kulit tambahan demi mengatasi efek samping penuaan di usia 40-an. Lebih lanjut, berikut selengkapnya.

 

1. Bersihkan kulit setiap pagi dan malam hari

Membersihkan kulit wajah lebih dari 2 kali sehari dapat menghilangkan minyak alami kulit yang membantu menjaga kulitmu tetap lembut dan kenyal.

Untuk itu, pastikan kamu mencuci wajah dua kali sehari setiap pagi dan malam hari.

Gunakan pembersih yang memiliki kandungan menenangkan seperti lidah buaya, mentimun, atau kedelai.

2. Lakukan eksfoliasi setiap 2-3 kali seminggu

Gunakan eksfoliator yang lebut tan tidak mengandung microbeads yang bisa membuat microtears atau robekan kecil di kulitmu.

3. Nutrisi kulitmu dengan serum

Serum adalah cara terbaik untuk mendapatkan bgian dari bahan perawatan kulit yang ditargetkan. Kandungan serum yang paling penting untuk mengatasi penuaan adalah retinol.

Gunakan retinol setiap malam hari, jangan lupa aplikasikan pelembap agar menjaga kulitmu tetap terhidrasi dengan baik.

4. Krim mata pagi atau malam

Setelah menggunakan serum, aplikasikan krim mata setiap pagi atau malam hari. Bagian bawah mata adalah bagian tertipis dari wajah yang biasanya mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih awal. Carilah formula emolien atau yang mengandung ceramide untuk mengatasi kerutan di bawah mata.

5. Jangan lupa pelembap

Baik di pagi hari maupun di malam hari, jangan pernah melewatkan pelembap meskipun kamu memiliki kulit berminyak sekalipun. Sebab, pelembap menjadi kesempatan untukmu memperbaiki hidrasi pada kulit.

Pilihlah pelembap dengan kandungan asam hialuronat yang bisa menyegel kelembapan alami pada kulitmu. Pertimbangkan pula mengganti krim malam kamu dengan sleeping mask beberapa kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading