Sukses

Beauty

9 Tips Awet Muda Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pasti menginginkan kulit yang tampak awet muda. Ada yang beranggapan bahwa awet muda itu tergantung dari pola pikir. Padahal untuk membuat tampak awet muda, tidak hanya bergantung pada pola pikir saja.

Tips awet muda yang utama adalah menjaga kesehatan pikiran dan tubuh, dengan konsisten melakukan pola hidup yang sehat, yang dilakukan secara teratur dan disiplin.

 

Berikut tips awet muda secara alami yang mudah dilakukan, sesuai dengan pola hidup yang sehat dan konsisten, yang dilansir dari Merdeka.com:

Tips Awet Muda dengan Pola Hidup Sehat

1. Rutin Mengonsumsi Air Putih

Tips awet muda yang pertama adalah dengan rutin mengonsumsi air putih. Usahakan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air putih dalam sehari, atau setara dengan 2 liter air putih. Air putih bisa mencegah dehidrasi di dalam tubuh, sehingga tubuh dan kulit akan terhindar dari proses penuaan dini.

2. Olahraga

Olahraga secara rutin bisa membuatmu menjadi awet muda. Selain meningkatkan sistem imunitas, olahraga juga bisa melancarkan sistem peredaran darah, sehingga kulit menjadi tampak cerah dan awet muda. Kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas sedang secara rutin, seperti bersepeda, jogging, jalan santai, senam dan yoga.

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Salah satu tips awet muda yang mudah dilakukan yaitu mengonsumsi makanan bergizi, yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, protein, serat, mineral dan nutrisi lainnya. Kamu bisa melengkapi gizi seimbangmu dengan mengonsumsi sayuran hijau, buah-buahan yang rendah gula, daging, ikan dan telur.

Tips Awet Muda dengan Kebiasaan yang Baik

4. Tidur yang Cukup

Untuk membuat tubuh dan kulit tetap awet muda, sebaiknya tidur dengan cukup dimalam hari selama kurang lebih 8 jam, serta tidur sebelum jam 10 malam. Karena tubuh akan memperbarui sel-sel disaat jam 10 hingga 2 pagi. Sel-sel tersebut baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penuaan dini pada kulit. Tidur cukup juga bisa membuat pikiran lebih segar dan perasaan senang.

5. Hindari Gula Berlebih

Tips awet muda yang selanjutnya adalah hindari konsumsi gula tambahan secara berlebihan. Kandungan kadar gula yang tinggi di dalam tubuh, bisa menyebabkan rusaknya kolagen yang menyebabkan penuaan dini pada kulit, serta merusak lapisan gigi dan membuat gigi menjadi keropos.

6. Hindari Alkohol dan Merokok

Sebaiknya agar tubuh dan kulit tetap awet muda, hindari kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok. Karena tidak baik untuk kesehatan, merusak pola pikir, membuat sistem imunitas menurun dan meningkatkan risiko penyakit yang bisa merenggut nyawa.

Tips Awet Muda dengan Perawatan Kulit

7. Membersihkan Wajah

Tips awet muda agar kulit terhindar dari penuaan dini, yaitu dengan rajin membersihkan wajah setiap pagi dan malam hari. Di pagi hari, kamu bisa menggunakan sabun wajah yang gentle dan bisa menyeimbangkan pH kulit. Sedangkan di malam hari, gunakan teknik double cleansing, yaitu membersihkan wajah dengan 2 langkah. Langkah pertama gunakan micellar water, dan langkah kedua gunakan facial foam.

8. Gunakan Pelembap

Agar tetap awet muda, gunakan pelembap untuk wajah dan body lotion untuk kulit tubuh. Pelembap ini bisa membuat kulit lebih lembap, menghidrasi kulit, mencegah kerutan dan mencerahkan kulit.

9. Gunakan Tabir Surya

Tips awet muda yang terakhir adalah gunakan tabir surya, dengan pengulangan setiap 4 jam sekali. Tabir surya ini bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yang menyebabkan terjadinya penuaan dini pada kulit. Sebaiknya gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 PA+++.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading