Sukses

Beauty

7 Cara Merawat Buku Agar Tidak Kuning

Fimela.com, Jakarta Akan sangat menyebalkan jika buku yang kita simpan menguning dan rusak. Hal ini bisa membuat minat membaca menjadi menurun, dan akhirnya buku yang menguning hanya akan tersimpan di rak terus menerus.

Kertas putih yang terdapat pada buku bisa berubah menjadi berwarna kuning, karena buku terlalu sering terkena paparan sinar matahari, atau bisa juga karena terlalu lama disimpan di tempat lembap, sehingga buku tersebut mengalami oksidasi dan warnanya berubah jadi kuning.

Merawat buku memang tidaklah mudah, sehingga butuh ketelatenan dan kebersihan agar warna buku tidak menguning. BerikutĀ cara merawat buku agar tidak kuning, dilansir dari Liputan6.com:

Cara Merawat Buku dengan Menyimpan dan Mengatur Posisi

1. Menyimpan di Tempat Terbuka

Cara merawat buku yang pertama, yaitu dengan menyimpan buku di tempat yang terbuka, agar buku tidak ditumbuhi jamur dan jadi lembap. Usahakan untuk menjauhkan rak buku dari paparan sinar matahari langsung, dan jangan menutup rak buku.

Pastikan tempat menyimpan buku memiliki sirkulasi yang baik. Simpan buku di ruangan yang memiliki ventilasi. Taruhlah rak buku diatas agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai.

2. Atur Posisi Buku dengan Benar

Untuk mencegah buku berubah warna jadi kuning, aturlah posisi buku dengan berdiri atau berjajar kesamping, agar terdapat sirkulasi udara yang baik pada tiap sela-sela buku. Hal ini juga bisa mencegah udara jadi lembap.

Kamu juga bisa menaburkan kamper di area sela-sela buku, untuk mencegah pertumbuhan jamur, bakteri dan kuman, yang membuat bau buku jadi tidak sedap dan berwarna kuning.

Cara Merawat Buku dengan Membersihkan Secara Rutin

3. Bersihkan Secara Rutin

Agar kertas pada buku tidak berubah warna jadi kuning, bersihkan rak buku secara rutin, yaitu setiap dua minggu sekali dengan mengeluarkan buku-buku yang ada di dalam rak, lalu atur ulang posisi buku agar udaranya tersikulasi dengan baik.

Menyimpan buku terlalu lama bisa menyebabkan debu menempel pada buku, udara lembap, jamur menempel di buku, bahkan bisa menyebabkan kutu muncul di buku. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan lap dan kemoceng.

4. Bacalah Berkala

Menyimpan buku dalam jangka waktu lama, bisa membuat kualitas buku menurun. Sehingga rawatlah bukumu, dengan membaca buku tersebut secara berkala, walaupun buku tersebut sudah pernah dibaca sebelumnya.

Kemudian usahakan untuk membaca buku dengan tangan yang bersih. Hindari makan dan minum saat membaca buku, karena bisa membuat buku cepat rusak. Jangan biasakan melipat kertas buku, sehingga gunakanlah pembatas buku saat membaca, agar kualitas kertas tetap bagus dan awet.

Ā 

Cara Merawat Buku dengan Menyampul Buku

5. Gunakan Sampul Buku

Kamu bisa merawat buku dengan cara menggunakan sampul buku. Saat membeli buku baru, usahakan untuk memberi sampul plastik pada buku, agar bagian luar buku tidak mudah mengelupas saat buku disimpan. Usahakan untuk tidak menyampul buku terlalu ketat dan gunakan plastik tipis yang bening.

6. Bersihkan Rak Buku denganĀ Hidrogen Peroksida

Jamur sering kali muncul di bagian rak buku. Untuk itu, bersihkan rak buku dengan menggunakan campuran hidrogen peroksida dan air, lalu lap rak buku menggunakan lap bersih atau kapas. Jika terdapat jamur di dalam buku, sikat buku dengan sikat berbulu halus secara pelan-pelan atau gunakan kapas lembut.

7. Gunakan Baking Soda

Cara merawat buku yang terakhir, yaitu dengan menaburkanĀ baking sodaĀ pada bagian buku yang berjamur atau bau. Halaman buku yang sudah ditaburiĀ baking soda,Ā biarkan terbuka selama beberapa hari hingga baunya hilang. Jika baunya sudah hilang, bersihkanĀ baking sodaĀ yang masih menempel di buku dan simpan kembali buku dalam rak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading