Sukses

Beauty

Jangan Dibuang, Kenali Manfaat Air Beras untuk Mencuci Wajah

Fimela.com, Jakarta Setiap orang, khususnya di Indonesia, pastinya selalu memasak nasi di rumah setiap hari. Sebelum beras tersebut dimasak, beras akan dicuci terlebih dahulu menggunakan air, dan biasanya air beras tersebut akan dibuang.

Mulai saat ini, jangan buang air cucian beras, karena ternyata air beras memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan kulit. Air cucian beras mengandung vitamin dan mineral seperti asam amino, vitamin B dan vitamin E, serta mineral dan zat antioksidan yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan, dikutip dari Healthline, ada Selasa (10/8).

Maka dari itu, air beras sangat baik jika digunakan sebagai produk perawatan kulit, karena berfungsi untuk menenangkan dan mengencangkan kulit, bahkan bisa memperbaiki kondisi kulit yang rusak. 

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat dan cara penggunaan air beras untuk mencuci muka. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Manfaat dari air cucian beras untuk kulit

Terdapat 5 manfaat air beras bagi kesehatan kulit kita, dan bisa juga dimanfaatkan sebagai solusi atas kerusakan kulit secara alami. 

Mencerahkan wajah

Air cucian beras memiliki kandungan vitamin B dan vitamin E sehingga bisa membantu kulit terlihat lebih cerah. Tak hanya itu, rutin menggunakan air beras juga dapat memudarkan noda dan flek hitam yang ada di wajah, sehingga membuat warna kulit lebih merata.

Mencegah penuaan dini

Selain dapat mencerahkan wajah, air beras juga membantu mencegah penuaan dini karena memiliki kandungan zat antioksidan yang berfungsi mencegah radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Air beras juga dapat memudarkan kerutan, noda hitam di wajah, dan menambah elastisitas kulit karena berkurangnya kolagen seiring bertambahnya usia. 

Mengatasi iritasi kulit

Air beras membantu mengatasi iritasi kulit. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan air beras selama dua kali sehari dapat membantu kulit yang telah kering dan rusak akibat zat sodium laurel sulfate (SLS).

Mengatasi eksim, jerawat, ruam, dan peradangan kulit

Banyak orang mengklaim bahwa mengoleskan air beras secara rutin dapat menenangkan kulit, menghilangkan noda yang disebabkan oleh kondisi kulit seperti eksim, dan membantu menyembuhkannya. Hal ini juga didukung oleh sifat-sifat air beras yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

Perlindungan kerusakan kulit akibat sinar matahari

Sebuah studi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa air beras berfungsi sebagai tabir surya yang efektif jika dikombinasikan dengan ekstrak tumbuhan lainnya. Hal ini dikarenakan air beras mengandung bahan kimia yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari.

Cara menggunakan air cucian beras untuk cuci muka

Ada 3 metode berbeda untuk menggunakan air beras untuk cuci muka. Berikut penjelasannya.

1. Didihkan

Bilas beras secara menyeluruh dan tiriskan. Gunakan sekitar empat kali lebih banyak air daripada berasnya. Lalu, aduk beras dan air bersama-sama sambil dididihkan. Jika sudah mendidih, biarkan menghangat. 

Setelah itu, saring beras dengan saringan, lalu dinginkan air dalam wadah kedap udara hingga seminggu. Baru air cucian beras tersebut bisa kamu gunakan untuk cuci muka. 

2. Direndam

Kamu bisa membuat air beras dengan cara direndam. Ikuti proses yang sama seperti metode sebelumnya. Namun bedanya, jika sebelumnya beras tersebut direbus menggunakan air, pada metode ini kamu cukup merendam airnya selama 30 menit sebelum beras tersebut disaring menggunakan saringan. Lalu, kamu bisa langsung menggunakannya untuk mencuci muka. 

3. Difermentasikan

Dalam metode yang terakhir ini, yakni metode fermentasi, gunakan proses yang sama untuk merendam beras, lalu disaring dengan menggunakan saringan. Setelah itu, taruh air cucian beras tersebut dalam stopes pada suhu ruangan selama satu atau dua hari. 

Jika wadah sudah mulai berbau asam, masukkan air beras tersebut ke dalam freezer, lalu jika sudah membeku, kamu bisa mengencerkan air beras tersebut dengan air biasa sebelum digunakan. 

Selamat mencoba!

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading