Sukses

Beauty

7 Cara Melembapkan Wajah Secara Alami Agar Tidak Kusam

Fimela.com, Jakarta Saat memasuki usia 20tahun ke atas, kadar kolagen dan cairan di dalam kulit akan menurun. Sehingga kelembapan kulit berkurang, wajah terlihat kusam, kulit menjadi kering, dan muncul tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Kondisi ini akan menyebabkan rasa kepercayaan diri seseorang menurun.

Selain disebabkan karena faktor usia, kelembapan kulit dapat berkurang karena faktor cuaca ekstrim dan memiliki alergi khusus. Terlalu sering terpapar sinar matahari juga bisa menjadi penyebab kulit kusam. Bahkan tidak pernah melakukan perawatan kulit, jarang minum air putih, dan pola makan kurang baik akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit.

Untuk mengembalikan kelembapan kulit, Sahabat Fimela bisa melakukan perawatan kulit wajah, dengan berbagai macam cara yang alami. Lakukan perawatan wajah ini secara rutin dan teratur. Berikut cara melembapkan wajah secara alami agar tidak kusam:

Cara Melembapkan Wajah Secara Alami

1. Minyak Zaitun

Cara melembapkan wajah dengan alami agar tidak kusam yang pertama, yaitu menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun adalah minyak alami, yang berfungsi untuk melembapkan kulit kering, dan mencegah pengelupasan pada kulit. Cara menggunakan minyak zaitun untuk merawat kulit, yaitu dengan mengaplikasikan beberapa tetes minyak zaitun ke wajah, lalu pijat kulit wajah selama 5 menit, dan bilas wajah hingga bersih.

2. Air Mawar

Air mawar adalah salah satu bahan alami, yang biasanya digunakan untuk melembapkan wajah agar tidak kusam. Air mawar juga memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit, mencerahkan wajah, serta memberikan efek relaksasi di kulit wajah. Cara menggunakannya adalah mencelupkan kapas di air mawar, lalu tempelkan kapas ke area wajah yang kering selama beberapa menit.

3. Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu, yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan mencerahkan kulit wajah. Kandungan probiotik yang terkandung di dalam yogurt, ampuh mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Gunakan yogurt yang tawar sebagai masker wajah, aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga wajah bersih.

 

Cara Melembapkan Wajah Secara Alami

4. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan antioksidan dan vitamin E. Kandungan tersebut bisa membantu melembapkan kulit wajah. Lemak nabati yang terdapat dalam buah alpukat juga bisa membantu menjaga elastisitas pada kulit, mengatasi kulit kusam, serta memperbaiki tekstur kulit wajah jadi lembut. Cara menggunakannya adalah melembutkan daging alpukat, lalu aplikasikan ke wajah yang sudah dibersihkan, tunggu hingga 10 menit dan bilas sampai bersih.

5. Lidah Buaya

Cara melembapkan wajah dengan alami yang selanjutnya, yaitu menggunakan lidah buaya, yang kaya akan senyawa antioksidan dan anti inflamasi. Selain bisa melembapkan, lidah buaya juga bisa mengurangi kemerahan di wajah, menyembuhkan jerawat dan mencerahkan wajah. Cara menggunakannya, haluskan daging atau gel lidah buaya yang sudah dibersihkan, lalu aplikasikan ke seluruh wajah dan diamkan selama 10 menit, bilas dengan air dingin.

Cara Melembapkan Wajah Secara Alami

6. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan vitamin, yang bisa membantu melembapkan kulit kering agar tidak kusam. Daging pisang dapat dihaluskan dan dijadikan masker, untuk mencerahkan wajah dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Sedangkan kulit piasng bisa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit, melembutkan tekstur dan meregenerasi kulit wajah.

7. Madu

Cara melembapkan wajah dengan alami yang terakhir, yaitu mengoleskan masker madu ke wajah, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Madu memiliki nutrisi yang bisa melembapkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan bisa meregenerasi sel kulit. Kamu juga bisa mencampurkan madu dengan gula, untuk mengeksfoliasi kulit agar pori-pori bersih dan komedo hilang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading