Sukses

Beauty

#GlowToBeDifferent, Langkah Nyata Buat Wujudkan Kulit Sehatmu

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang nggak ingin punya kulit sehat setiap saat? Apalagi di tengah kondisi seperti ini, kesehatan kulit butuh perhatian ekstra, agar nggak mudah bermasalah. Sayangnya, beberapa perempuan mungkin masih bingung bagaimana langkah yang tepat untuk mulai mewujudkan kulit sehat ini.

Menjawab kebingungan tersebut, Implora bersama Fimela.com menghadirkan talkshow menarik baru-baru ini. Mengangkat tema ‘Wujudkan Kulit Sehatmu #GlowToBeDifferent’, beragam informasi seputar kesehatan kulit hingga skincare yang tepat untuk kebutuhan kulit sehatmu dikupas langsung bersama ahlinya.

Penasaran seperti apa keseruannya? Yuk simak langsung ulasannya berikut ini.

Ketahui Dulu Ciri-Ciri Kulit Sehat

Sebelum mulai mewujudkan kulit sehat impianmu, terlebih dulu ketahui seperti apa sih ciri-ciri kulit yang sehat ini sendiri. dr. Irmadita, SPKK yang hadir sebagai skin expert di acara ini pun menjelaskan jika secara umum kulit yang bebas masalah termasuk ciri-ciri kulit sehat.

“Kulit sehat ini seperti apa, kulit yang nggak bermasalah. Kita tahu seiring bertambahnya usia. Misalnya, mulai jerawatan saat pubertas. Kemudian, saat agak menua sedikit, mulai timbul flek-flek hitam akibat papanan sinar matahari. Terus kalau mulai timbul kerutan-kerutan saat ngaca di sekitar mata, garis senyumnya mulai tebal atau lebih dalam, serta mulai kendur. Jadi, kalau ditanya ciri-ciri kulit sehat seperti apa, tentunya yang nggak ada masalah seperti yang sudah saya sebutkan tadi,” jelas dr. Irma.

Beberapa Hal yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan Kulitmu

Lebih lanjut, dr. Irma menjelaskan jika kesehatan kulit bisa dipengaruhi faktor dari dalam (endogen), maupun faktor dari luar (eksogen). Ia mencontohkan polusi udara dan paparan sinar matahari dapat menjadi faktor eksogen, karena bisa memicu terjadinya penuaan dini pada kulit. Sementara faktor endogen seperti konsumsi produk-produk berbahan susu atau yang manis-manis terlalu sering dapat memicu terjadinya jerawat. Itulah kenapa agar kesehatan kulit tetap terjaga, perlu rutin mengonsumsi makanan sehat dan rajin melakukan skincare yang tepat.

Cara Mengetahui Tipe Kulit

Lewat acara ini pula dapat diketahui, jika kulit ternyata memiliki beberapa tipe. Ada kulit tipe normal kering, berminyak, pigmented atau non-pigmented maupun kombinasi. Untuk mengetahui tipe kulit ini, dr. Irma mengungkapkan bisa dicek menggunakan sebumeter.

“Selain menggunakan alat, tipe kulit juga bisa diketahui dengan cara sederhana. Setelah mencuci muka biarkan wajah 3-4 jam tanpa menggunakan skincare apapun. Amati pada kaca, apa yang terjadi. Apabila terasa ketat dan kering, maka termasuk golongan kulit tipe kering. Sementara jika pada bagian dahi atau daerah T tampak mengkilap, tapi pipi nggak mengkilap, maka teramsuk tipe kulit kombinasi. Namun, apabila sangat mengkilap dan berminyak setelah 3-4 jam, maka termasuk tipe berminyak,” imbuhnya.

Seiring bertambahnya usia kulit juga akan mengalami perubahan. dr. Irma pun menegaskan jika penuaan nggak bisa dihindari, tetapi bisa diperlambat, “Yang perlu diketahui, seiring bertambahnya usia, kulit akan semakin mengering, karena berkurangnya produksi sebum atau minyak. Itu sebabnya, produk skin-ageing lebih fokus pada kelembapan kulit. Jika kulit terhidrasi dengan baik, maka proses timbulnya kerutan pada juga akan lebih lambat. Khusus untuk kulit alergi, hidrasi ini juga penting. Jadi, jika sawar kulit atau skin barrier dapat terhidrasi secara optimal, maka iritasi kulit juga akan menurun. Itulah kenapa kulit alergi disarankan untuk selalu menggunakan pelembap.”

Pilihan Skincare yang Tepat untuk Mewujudkan Kulit Sehat

Setelah mengetahui tipe kulit dan permasalahannya, baru kemudian mencari kandungan bahan aktif yang terdapat pada skincare, agar kulit sehat bisa diwujudkan. “Kita harus paham basic steps skincare. Mulai cleansing, exfoliating, moisturizing, protection dan repair untuk mengatasi masalah kulit menggunakan produk dengan kandungan tertentu,” jelas dr. Irma.

dr. Irma kemudian mencontohkan kulit kusam yang terjadi karena kulit akan mengelupas setiap 21-28 hari dan menghasilkan sel kulit mati. Apabila tidak dilakukan exfoliating, kulit akan tampak kusam. Penangannya pun harus disesuaikan. Apabila kulit kusam disertai jerawat, maka bisa menggunakan produk dengan kandungan Salicylic Acid. Sementara untuk kulit kusam yang sensitif, bisa menggunakan produk yang mengandung AHA, BHA maupun PHA. Sedangkan jika ingin lebih cerah kulitnya, bisa menggunakan produk dengan kandungan Niacinamide dan Vitamin C.

Hal ini juga berlaku buat ibu hamil atau menyusui yang ingin mendapatkan kulit sehat, jadi kembali ke tipe kulit dan disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. “Yang pasti khusus untuk ibu hamil, jangan menggunakan produk skincare yang mengandung Vitamin A, karena menurut penelitian dapat berisiko menyebabkan kecacatan janin,” sambungnya.

Kabar baiknya, kandungan yang aman untuk mewujudkan kulit sehat itu dapat ditemukan dalam produk terbaru Implora Cosmetics. “Kami baru saja meluncurkan empat jenis face serum dengan kandungan terbaik, yang manfaatnya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kulit setiap individu. Keempat face serum terbaru Implora Cosmetics ini, antara lain Luminious Brightening Serum, Peeling Serum, Acne Serum dan Midnight Serum. Selain kandungannya yang lengkap banget, produk ini nggak lengket, termasuk saat digunakan untuk layering. Produk ini juga aman dipakai, termasuk buat pemilik kulit sensitif, karena sudah terdaftar di BPOM,” jelas Maria Bintang selaku Brand Manager Implora Cosmetics.

Bintang kemudian menjelaskan kandungan apa saja yang terkandung di dalam produk terbaru Implora ini, “Di dalam 20ml Luminious Brightening Serum terkandung Niacinamide 10%, Vitamin C, Caviar Collagen, Black Pearl, sehingga dapat diandalkan untuk menutrisi kulit kusam dan membuatnya tampak lebih cerah, Lalu untuk Acne Serum mengandung Salicylic Acid yang ampuh meredakan jerawat. Sementara Midnight Serum adalah skincare perawatan sebelum tidur, fungsinya besar banget untuk regenerasi sel kulit agar tanda-tanda penuaan nggak muncul. Terakhir ada Peeling Serum yang mengandung AHA, BHA, dan PHA sebagai exfoliating agent, jadi idealnya digunakan 2 kali seminggu, dibiarkan 10 menit, habis itu dibilas sampai bersih. Jadi, tinggal ketahui jenis kulitnya apa, kebutuhan kulitnya seperti apa, baru kemudian pilih skincare yang sesuai.”

Meski punya segudang manfaat dengan kandungan beragam, nyatanya face serum terbaru Implora Cosmetics ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Kamu pun bisa mendapatkannya langsung di Implora Offical Store, baik yang ada di Shopee, Tokopedia maupun Lazada. Yuk wujudkan kulit sehatmu dengan #GlowToBeDifferent bersama Implora Serum dari sekarang, Sahabat Fimela.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya, Ini Pentingnya Membiasakan Menyikat Gigi 2x Sehari Bagi Si Kecil
Artikel Selanjutnya
Selalu Tampil Dengan Rambut Badai Yang Menawan, 5 Influencer Cantik Ini Bongkar Rahasianya!