Sukses

Beauty

3 Langkah Mudah Atasi Permasalahan Rambut Bercabang dengan Menggunakan Minyak Zaitun

Fimela.com, Jakarta Minyak zaitun telah dipuji sebagai perawatan dan penyembuhan rambut selama berabad-abad lamanya. Hal ini dikarenakan orang-orang telah menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut selama ribuan tahun dan mereka mengklaim bahwa minyak zaitun dapat menambah kilau, kelembutan, serta ketahanan rambut. 

Melansir dari Healthline, minyak zaitun mengandung unsur kimia utama yang terdiri dari asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Ketiga unsur tersebut merupakan zat emolien yang berfungsi untuk melunakkan dan melembapkan rambut. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun memiliki efek pelembap yang besar, sehingga dapat menambah kelembutan dan memperkuat rambut, dan juga berfungsi untuk menghaluskan lapisan kutikula luar rambut, sehingga menjaga kondisi rambut tetap sempurna dan mencegah munculnya cabang pada ujung rambut

Penggunaan minyak zaitun secara teratur dapat membantu mencegah rambut bercabang di masa depan dengan melindunginya dari kerusakan fisik. Selain itu, minyak zaitun juga dapat memperbaiki tampilan rambut bercabang dalam waktu sementara. Hal ini dikutip dari mindbodygreen.com pada Jumat (10/9).

Bagi kamu yang memiliki permasalahan rambut bercabang, kamu sangat bisa memanfaatkan khasiat dari minyak zaitun ini dalam rutinitas perawatan rambutmu, yakni dengan memanfaatkan minyak tersebut menjadi conditioner. 

Terdapat 3 langkah mudah untuk menggunakan minyak zaitun sebagai conditioner. Berikut penjelasan selengkapnya. 

Ukur takaran dengan tepat

Siapkan minyak zaitun yang kamu miliki. Tenang saja, kamu bisa mendapatkan minyak zaitun dengan mudah di supermarket atau toko kecantikan. Jika kamu belum pernah bereksperimen dengan minyak zaitun sebagai produk rambut sebelumnya, ukur takarannya dengan tepat sehingga tidak kekurangan atau kelebihan. 

Gunakan hanya satu atau dua sendok makan untuk perawatan pertamamu. Tetapi sebetulnya, berapa banyak minyak zaitun yang kamu gunakan tergantung pada seberapa dalam dan di bagian mana kamu ingin melembapkan rambutmu. 

Jika hanya untuk mengurangi cabang pada ujung rambut, kamu tidak akan membutuhkan lebih dari 1 sdm minyak zaitun. Tetapi, jika kamu ingin merawat seluruh rambut, kamu membutuhkan setidaknya ¼ cangkir minyak zaitun, terutama jika kamu memiliki rambut panjang atau sangat tebal. 

Pijat kepalamu

Pijat kepalamu secara menyeluruh selama beberapa menit agar minyak zaitunnya dapat menyerap ke dalam rambutmu. Lalu, kamu juga bisa memijatnya ke kulit kepala jika kulit kepalamu dalam keadaan kering. 

Untuk hasil yang lebih efektif, bungkus rambutmu dengan shower cap dan biarkan minyak meresap seluruhnya selama 15 menit atau lebih.

Bilas rambutmu

Sisir rambutmu dengan sisir bergigi jarang sebelum kamu membilas rambutmu dengan keramas. Hal ini akan membuat rambutmu lebih mudah ditata setelahnya. 

Lalu, keramaslah dengan sampo dan keringkan rambutmu untuk melihat hasilnya. Kamu mungkin perlu keramas dua kali agar rambutmu tidak berminyak. Namun, hal ini tergantung seberapa banyak kamu menggunakan minyaknya, ya. 

Tidak ada yang berbahaya tentang melakukan perawatan ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan perawatan ini selama seminggu sekali. Tetapi jika rambutmu sangat kering, kamu bisa melakukan langkah-langkah ini setiap hari. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading