Sukses

Beauty

Ketahui Fakta Makanan Pedas yang Dapat Memicu Timbulnya Jerawat

Fimela.com, Jakarta Masalah jerawat dapat datang melalui banyak faktor. Biasanya kita cenderung mengalami masalah jerawat ketika tubuh dihadapi dengan kegiatan yang melibatkan keringat dan polusi. Tak hanya itu, masalah kulit ini juga dapat datang dari faktor makanan yang kita konsumsi. 

Makanan pedas sering dikaitkan kepada masalah kulit. Hal ini pun kerap menjadi perbincangan ketika membahas tentang fakta atau mitos bahwa makanan pedas dapat menjadi pemicu masalah jerawat. Namun, apakah informasi tersebut benar?

Makanan pedas, dikutip dari goodglow.co, memiliki zat yang dikenal sebagai capsaicin atau zat yang menyuplai suhu panas pada tubuh. Kandungan zat capsaicin ini dapat memicu inflamasi dan meningkatkan hormon pada tubuh. 

Meningkatnya suhu tubuh akibat zat capsaicin akan memicu kelenjar keringat untuk bekerja, sehingga keringat akan muncul saat kita mengonsumsi makanan pedas. Apakah zat capsaicin memicu tumbuhnya jerawat? Berikut penjelasannya.

Makanan pedas memicu inflamasi pada tubuh

Apakah makanan pedas dapat memicu tumbuhnya jerawat? Tidak ada jawaban pasti untuk menjawab persoalan ini. Namun, makanan pedas tidak langsung memberikan dampak kepada kulit sampai menimbulkan jerawat.

Dikutip dari pepperscale.com, sebenarnya yang memicu munculnya jerawat pada saat kita mengonsumsi makanan pedas adalah keringat berlebih. Makanan pedas dapat memicu reaksi inflamasi pada tubuh, sehingga suhu pada tubuh meningkat dan akhirnya menghasilkan keringat.

Ketika kita berkeringat hal ini akan memicu produksi minyak berlebih pada tubuh. Hal ini lah yang menyebabkan minyak tercampur dengan kotoran dan bakteri yang menempel pada wajah. 

Cara menghindari masalah jerawat akibat makanan pedas

Untuk menghindari masalah jerawat yang diakibatkan oleh kegiatan mengonsumsi makanan pedas, pastikan untuk membersihkan wajahmu dari keringat secara rutin. Membersihkan wajah secara rutin akan membantumu untuk membersihkan minyak dan kotoran yang menempel di pori-pori. 

Selain itu, menggunakan clay mask atau masker wajah untuk membersihkan pori-pori juga menjadi pilihan tepat bagimu si penyuka makanan pedas. Clay mask akan membantumu untuk membersihkan bagian pori-pori secara mendalam, sehingga terhindar dari masalah jerawat akibat makanan pedas.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Fungal Acne: Bagaimana Cara Mengenali dan Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
Cerita Ayla Dimitri Keluar dari Masalah Jerawat di Awal Umur 30 Tahun