Sukses

Beauty

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mengeringkan Rambut

Fimela.com, Jakarta Tidak hanya bingung merawat kulit wajah tetapi merawat rambut dapat menjadi hal yang membingungkan juga. Hal paling utama untuk menjaga kesehatan rambut yaitu rutin mencucinya. Namun, setelah mencuci rambut atau keramas diperlukannya sesi untuk mengeringkan rambut.

Kebiasaan mengeringkan rambut ini justru menjadi perhatian. Mengeringkan rambut tidak boleh dilakukan sembarangan karena bisa membuat rambut jadi kering dan rusak. Supaya kesehatan rambutmu tetap terjaga, simak penjelasan di bawah ini mengenai kesalahan paling umum saat mengeringkan rambut yang harus dihindari!

1. Mengeringkan rambut dengan handuk

Membungkus rambut yang basah sepertinya adalah hal biasa yang dilkukan. Namun, jika kamu mau menjaga kesehatan dan kecantikan rambut kebiasaan ini harus dihentikan. Kebiasaan mengeringkan rambut dengan handuk secara agresif dapat menghasilkan rambut yang kusut dan kusam. Selain itu, mengeringkan rambut dengan handuk bisa membuat rambut menjadi pecah, rontok, dan bercabang. Hal itu bisa terjadi karena keadaan rambut cenderung rapuh saat masih basah. Maka, sebaiknya cukup keringkan sisa air setelah keramas dengan cara menepuk-nepukan handuk pada rambut dengan lembut.

2. Menyisir rambut saat basah

Kebiasaan menyisir rambut saat basah agar cepat kering adalah kebiasaan yang salah. Dilakukan agar rambut tidak kusut tetapi justru berefek sebaliknya terhadap kesehatan rambut. Solusinya adalah coba tunggu beberapa saat atau ketika rambutmu setengah kering. Setelah itu, baru kamu boleh menyisir rambutmu di depan cermin.

3. Mengeringkan rambut basah dengan hairdryer

Buat kamu yang suka terburu-buru pasti sering mengeringkan rambut yang basah dengan hairdryer. Tujuan menggunakan hairdryer agar lebih efisien tetapi justru malah menimbulkan masalah baru. Dikarenakan rambut akan lebih mudah patah dan susah diatur. Untuk itu, sebaiknya berikan jeda waktu kira-kira 10 menit usai keramas, sebelum akhirnya menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut. Selain itu, atur suhu hairdryer dengan tingkat suhu yang sedang atau dingin supaya mencegah berkurangnya kelembapan rambut.

Itu dia 3 kesalahan yang sering dilakukan saat mengeringkan rambut. Kira-kira kesalahan mana yang sering kamu lakuin nih?

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading