Sukses

Beauty

6 Prediksi Tren Industri Kecantikan Indonesia di 2022, Apa Itu?

Fimela.com, Jakarta Tidak terasa 2021 akan berakhir kurang dari tiga bulan. Artinya, akan muncul tren baru di industri kecantikan.

Pandemi COVID-19 sendiri memberikan dampak yang cukup signifikan bagi industri kecantikan. Adaptasi yang harus dilakukan oleh setiap orang membuat terjadi perubahan perilaku konsumen terhadap pilihan produk kecantikan favorit.

Revenue growth rate produk Kosmetika di Indonesia pada tahun 2020 sempat mengalami penurunan hingga 4% berdasarakan data dari Euromonitor. Dan pada tahun 2021, terjadi kenaikan perubahan pada industri kecantikan terutama peningkatan minat pada produk skincare selama kuartal pertama tahun 2021.

“Kini industri kecantikan Indonesia sudah mengalami perubahan, seperti analis tren kecantikan 2022 yang sudah dilakukan oleh Strategic Marketing Team PT Cosmax Indonesia bahwa kini dan tahun berikutnya merupakan era CHANGE bagi seluruh pelaku industri kecantikan di Indonesia yaitu Collaboration, Hybrid, Advanced, Natural, Glass Skin, dan Eco-Friendly," ungkap Na Sung Min, Strategic Marketing Leader PT Cosmax Indonesia.

Penasaran seperti apa tren yang terjadi dalam industri kecantikan di 2022?

 

1. Collaboration

Dalam Collaboration, dilakukan banyak kerjasama yang dilakukan oleh antar pelaku industri dan bisnis, termasuk merek kecantikan lokal di Indonesia. Kegiatan kolaborasi sangat efektif guna untuk meningkatkan brand awareness dan penggabungan koneksi antar pasar. Seperti yang dilakukan Somethinc dengan Kopi Kenangan menghadirkan produk kecantikan berbahan dasar kopi yaitu Coffeeinc Lip Scrub.

2. Hybrid

Terjadi penggabungan dua elemen makeup dan skincare dalam satu produk kecantikan. Produk Hibrida dipercaya memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan kulit, dengan jenis produk hibrida yaitu dapat berupa base makeup seperti Serum Cushion, Tinted Moisturizer, Tinted Sunscreen, Serum Concealer dan lain sebagainya.

Dikarenakan kebutuhan serta keinginan pasar terhadap produk yang dapat mempercantik wajah, merawat, serta menjaga kulit semakin tinggi, terlebih karena penggunakan masker sehari-hari.

3. Advanced

Kini konsumen Indonesia sudah mulai sadar akan informasi mengenai ingredients produk kecantikan dan dapat disesuikan dengan kebutuhan kulit setiap penggunanya. Lalu, merek kecantikan lokal hadir dengan menawarkan variasi produk dengan advanced technology yang mampu mampu menjadi solusi permasalahan dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Variasi produk advance di Indonesia telah hadir dalam bentuk serum, ampoule, mask pad, sheet mask, dan lainnya.

 

4. Natural

Diprediksi juga akan menjadi salah satu tren yang dapat memenuhi kebutuhan industri kecantikan di Indonesia kedepannya karena permintaan akan produk berbahan dasar natural kini telah meningkat. Seperti bahan kosmetik natural yang banyak diminati oleh pasar Indonesia yaitu Bakuchiol, Mugwort, Centella Asiatica, dan Calendula.

5. Glass Skin

Glass Skin masih menjadi dominasi tren kecantikan di Indonesia dan Korea Selatan. Hal tersebut dikarenakan tingginya minat dan kesadaran konsumen akan kulit sehat nan ideal yaitu berupa kulit terhidrasi dengan baik dan bercahaya.

6. Eco-Friendly

Tingginya kesadaran masyarakat akan lingkungan sekitar membuat pelaku industri kecantikan mulai sadar akan lingkungan yaitu dengan menghadirkan pilihan produk ramah lingkungan berupa vegan, natural, clean beauty, cruelty free, sustainability, dan lainnya.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading