Sukses

Beauty

5 Cara Mengatur dan Meluruskan Rambut Mengembang Sehabis Keramas

Fimela.com, Jakarta Mengatasi masalah rambut mengembang dan kering membutuhkan kerja ekstra. Faktor cuaca, terlebih di daerah tropis yang panas dan lembab, dapat mengakibatkan rambut mengembang yang kasar dan lengket. Masalah ini kerap muncul terutama bagimu yang memiliki rambut bergelombang atau keriting alami.

Hal ini dapat disebabkan oleh kutikula rambut yang menyerap temperatur dari cuaca yang panas, sehingga rambut terlihat mengembang secara berlebih. Maka dari itu, menjaga agar kutikula rambut tetap lurus, menjadi solusi bagimu untuk mengatasi rambut mengembang.

Perawatan bagi rambut mengembang pun perlu perhatian khusus. Ketahui 5 cara mengatur rambut mengembang setelah keramas, agar terhindar dari 'bad hair day' seharian. Simak informasinya berikut ini.

Sisir rambut saat keramas

Menyisir rambut pada saat keramas menjadi opsi bagimu yang memiliki rambut super mengembang. Tentu hal ini tidak dapat dilakukan sembarangan, karena menyisir rambut pada saat keramas dapat menyebabkan rontok pada rambut. Namun, terdapat cara untuk menyiasatinya.

Sisir rambut dengan keadaan basah dan telah dilapisi oleh kondisioner. Dikutip dari byrdie.com, cara ini menjadi cocok bagimu yang memiliki rambut bergelombang dan keriting alami. Dengan menyisir rambut pada saat mengaplikasikan kondisioner, rambut akan lebih mudah diatur.

Gunakan handuk mikrofiber

Mengeringkan rambut dengan handuk dapat membuat kasar dan merusak kutikula rambutmu. Pemakaian handuk yang salah, malah akan membuat rambut terasa kasar dan mengembang. Pemilihan handuk khusus rambut menjadi solusi yang tepat.

Hindari handuk dengan bahan katun yang lembut dan mengembang. Handuk dengan jenis katun hanya akan memperkasar kutikula dan ujung rambut, sehingga rambut terlihat lebih mengembang.

Gunakan handuk dengan bahan mikrofiber untuk mengeringkan rambutmu. Handuk dengan bahan ini tidak akan mengeringkan rambut secara berlebih, sehingga rambut akan tetap lembab dan teratur.

Jangan menyisir rambut saat kering

Para ahli, dikutip dari webmd.com, menyatakan bahwa menyisir rambut dalam keadaan kering akan mengganggu dan merusak kutikula rambut. Hal ini dapat menyebabkan rambut tertarik, sehingga mengakibatkan kerusakan pada ujung rambut. Maka dari itu, hindari menyisir rambut dalam keadaan kering. 

Cara paling baik untuk menyisir rambut yang mengembang adalah saat selesai mengeringkan rambut dengan handuk. Gunakan sisir yang memiliki jarak jauh, atau gunakan tangan untuk mengatur rambut. Tambahkan produk yang dapat menutrisi dan memberi kelembapan pada rambut.

Gunakan kondisioner

Kondisioner dapat membantumu untuk mengatur rambut kering dan mengembang. Dengan menggunakan kondisioner, rambut akan lebih halus dan mudah diatur. Sahabat Fimela juga dapat menggunakannya pada saat mengeringkan rambut. 

Gunakan kondisioner tipe leave-in yang dapat digunakan pada saat rambut dalam keadaan kering. Basahi tangan dan gunakan kondisioner pada ujung rambut untuk memberikan kelembapan ekstra. Keringkan dengan pengering rambut setelahnya.

Keringkan rambut secara sempurna

Mengeringkan rambut secara sempurna dapat membantumu untuk mengurangi masalah rambut mengembang. Namun, gunakan temperatur yang tepat pada saat mengeringkan rambut untuk menghindari kerusakan rambut. 

Pada saat mengeringkan rambut, pastikan Sahabat Fimela mengeringkannya secara keseluruhan. Rambut yang tidak kering akan meninggalkan rasa lembab dan tidak nyaman, serta dapat menyebabkan rambut mengembanget secara berlebih. Gunakan pengering rambut dengan teknologi ion yang baik, agar menghindari rambut rusak.

 

Penulis: Meisie Cory

Rekomendasi Kondisioner untuk Meluruskan Rambut

1. TRESemmé Salon Quality Hydrolyzed Keratin Conditioner

TRESemmé Salon Quality Hydrolyzed Keratin Conditioner adalah produk rambut yang bisa digunakan untuk meluruskan rambut mengembang. Produk ini diperkaya dengan kandungan keratin dan argan oil yang juga membantu membuat rambut berkilau. Bahkan aroma dari kondisioner ini wangi dan awet seharian.

2. PANTENE PRO-V Perfect ON Conditioner

PANTENE PRO-V Perfect ON Conditioner adalah kondisioner yang bisa digunakan kapan saja. Karena produk ini tidak perlu dibilas dan memiliki tekstur yang mudah meresap ke batang rambut. Produk ini akan membuat rambutmu tetap indah, lurus dan mudah diatur.

3. Makarizo Hair Energy Kiwi

Produk yang selanjutnya adalah Makarizo Hair Energy Kiwi. Kondisioner ini diperkaya dengan kandungan passiflora plant oil dan kiwi extract. Produk ini akan membuat rambut menjadi sehat, menghilangkan iritasi kulit kepala dan melembutkan rambut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading