Sukses

Beauty

4 Bahan Alami yang Bantu Rambut Mengembang Jadi Mudah Ditata

Fimela.com, Jakarta Rambut merupakan mahkota untuk penampilan kita yang harus dirawat agar tetap rapih dan menawan. Maka dari itu, perawatan akan kesehatan rambut agar lebih mudah diatur menjadi hal yang penting bagi kaum perempuan. Setiap perempuan pun memiliki keunikan dan ciri khas rambutnya masing-masing. 

Namun, dalam mengatur kerapihan dan kesehatan rambut, terkadang kita lupa bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat menurunkan kualitas rambut kita. Styling dengan alat yang panas maupun faktor cuaca yang tak menentu, dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Akibatnya, rambut akan terasa kering dan akan mengembang. 

Rambut mengembang kerap kali sulit untuk kita atur. Meskipun dapat disebabkan dari faktor luar, terdapat beberapa orang yang memang memiliki rambut bergelombang atau keriting, yang akan mengembang secara alami. Untuk mempertahankan penampilan rambut kita, terdapat beberapa cara untuk menjaga dan mengaturnya.

Perawatan rambut mengembang dapat kita siasati dengan menggunakan bahan alami. Selain mudah didapatkan, pengolahannya pun cukup mudah. Berikut 4 kombinasi bahan alami untuk membantumu mengatur rambut mengembang.

Vitamin E dan minyak kelapa

Vitamin E, dikutip dari byrdie.com, dapat membantumu untuk mengatur rambut dengan memperhalus dari pangkal hingga ujungnya. Tidak hanya itu, sifat antioksidan dalam vitamin E dapat membantumu untuk memperkuat rambut dan mengurangi dampak dari radikal bebas yang dapat merusak folikel rambut. Maka dari itu, penggunaan vitamin E untuk rambut dapat membantumu untuk mengurangi tampilan rambut mengembang.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat perawatan rambut dari vitamin E dan minyak kelapa:

  1. Campur 20 tetes minyak vitamin E dan 3 atau 5 sendok makan minyak kelapa
  2. Aplikasikan bahan campuran tersebut dari pangkal hingga ujung rambut
  3. Diamkan selama 40 menit
  4. Bilas rambut dengan air bersih dan bersihkan dengan shampo

Cuka apel

Cuka apel dapat mengembalikan pH normal pada rambutmu, sehingga risiko rambut rentan rusak akan semakin berkurang. Dikutip dari healthline.com, cuka apel memiliki kandungan asam lemak yang baik sehingga dapat memberikan manfaat terhadap rambut mengembang. Dengan menggunakan cuka apel, kita dapat memberikan kesan halus dan berkilau pada rambut.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat perawatan rambut dengan cuka apel:

  1. Campur 1/3 gelas cuka apel dengan 1 gelas air hangat
  2. Tuang dari pangkal rambut hingga ujung dengan jumlah yang cukup
  3. Diamkan pada rambut selama 1 hingga 3 menit
  4. Bilas dengan air suhu ruangan dan keringkan rambut
  5. Langkah ini dapat dilakukan untuk 1 hingga 2 kali seminggu

Yogurt dan madu

Yogurt dipercaya dapat memperhalus rambut dan menjadi pengganti kondisionermu. Penggunaan yogurt pada rambut dipercaya dapat membersihkan dan menyehatkan folikel rambut dari partikel-partikel debu. Tidak hanya itu, lactic acid dalam yogurt dapat membantumu memperbaiki kerusakan rambut akibat cuaca dan alat styling.

 Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat perawatan rambut dari yogurt dan madu:

  1. Campurkan 3 sendok makan yogurt dengan 1 sendok makan madu
  2. Aplikasikan pada rambut secara keseluruhan
  3. Diamkan selama 30 atau 40 menit
  4. Bilas rambut dengan air bersih dan shampo yang halus

Aloe vera dan minyak almond

Aloe vera atau lidah buaya dipercaya memiliki lebih dari 75 nutrisi yang dapat memberikan manfaat pada rambutmu. Dikutip dari pgshop.in, lidah buaya akan membentuk lapisan proteksi pada rambut, sehingga rambut terlindung dari dampak faktor lingkungan. Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat mengembalikan pH normal pada rambut, sehingga rambut lebih mudah diatur dan halus.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat perawatan rambut dari aloe vera dan minyak almond:

  1. Campur 1/4 gelas lidah buaya dengan 1/4 gelas minyak almond
  2. Aplikasikan dari pangkal hingga ujung rambut
  3. Pijat halus kulit kepala dan diamkan selama 1 jam atau tinggalkan semalaman
  4. Bilas rambut dengan shampo yang halus

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading