Sukses

Beauty

Merayakan Kecantikan Lewat Keberagaman Warna Kulit di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Cantik itu tidak harus punya kulit putih. Beruntung, di zaman sekarang isu tersebut perlahan memudar, sebab di Indonesia sendiri, ada beragam warna kulitnya.

Awareness tentang kecantikan milik semua orang mau apa pun warna kulitnya juga terus digaungkan. Baik dari media yang mengambil peran besar, figur publik, influencer, sampai brand kecantikan yang menciptakan produk-produknya menyesuaikan ragam warna kulit. 

Keberagaman warna kulit di Indonesia terjadi karena letaknya yang strategis, sehingga banyak negara-negara lain yang datang dan akhirnya menetap. Selain letak strategis, kondisi alam yang berbeda-beda juga mempengaruhi. Berbagai daerah di Indonesia terletak di pedesaan, perkotaan, daerah pantai, dan pegunungan. 

Menurut Afnan Fuadi dalam buku Keberagaman dalam Dinamika Sosial Budaya Kompetensi Sosial Kultural Perekat Bangsa (2020), ada empat kelompok ras di Indonesia yaitu Ras Malayan-Mongoloid yang tersebar di Benua Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Tengah. Ciri fisik ras Malayan-Mongoloid adalah kulitnya yang kuning sampai sawo matang. 

Ras Melanesoid, bisa ditemukan di Maluku, Nusa Tenggara Timur, hingga Papua. Kulitnya cenderung cokelat gelap hingga hitam. Ras Asiatic-Mongoloid, biasanya berasal dari keturunan Tionghoa, Jepang, atau Korea. Kulitnya kuning langsat.

Dan yang keempat, Ras Kaukasoid. Kelompok ras ini biasanya berasal dari keturunan Timur Tengah (Arab), India, Australia, Eropa, dan Amerika. Ciri kulitnya putih hingga kuning langsat.

 

Enam potret ini menunjukkan keberagaman kulit Indonesia

Model di layer atas, posisi tengah, memiliki garis keturunan Jawa, Sunda, serta Padang.

Model di layer atas, posisi paling kiri, berdarah Betawi, Solo, Medan, serta ada keturunan Belanda.

Model di layer atas, posisi paling kanan, berasal dari Papua, Tembagapura

Model di layer bawah, posisi paling kiri, adalah keturunan Betawi dan Sukabumi

Model di layer bawah, posisi tengah, merupakan campuran Jawa dan Betawi

Model di layer bawah, posisi paling kanan adalah keturunan Jawa

Semua orang dengan warna kulit beragam, tidak perlu khawatir lagi mengekspresikan cantik kulitnya. "Mencintai warna kulit dan sadar akan kecantikan apapun warna kulitnya, menjadi semangat Runne Beauty dalam meluncurkan setiap produk. Sebagai brand lokal, Runne Beauty diciptakan dari bahan-bahan dengan kualitas pilihan, Ungkap Aldwin Dinata selaku Brand Owner. 

Apapun warna kulitnya, Runne Beauty akan menghadirkan produk-produk yang nyaman dan cocok untuk berbagai warna kulit. Sebagai brand lokal yang baru hadir, Runne Beauty ingin memancarkan kecantikan dan kesehatan kulit Indonesia dan bahkan dunia. Kalau kamu, apa warna kulitmu?

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading