Sukses

Beauty

Jangan Sampai Keliru, Ini Jenis Moisturizer yang Tepat untuk Tipe Kulit Kering

Fimela.com, Jakarta Memiliki tipe kulit kering terkadang terasa sangat menyebalkan. Kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan hingga rasa gatal. Bahkan, kulit wajah kering bisa bersisik karena mengelupas dan membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilan dirinya. Kulit kering ini merupakan kulit yang luarnya kurang lembab yang disebabkan oleh banyak hal, seperti cuaca dingin, udara kering dan sebagainya.

Para pemilik kulit kering ini membutuhkan pelembap untuk menghidrasinya. Maka, kulit bisa menjadi lebih sehat saat ingin menggunakan riasan. Sejatinya, pelembap memang dibutuhkan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan kering. Karena, semakin bertambahnya usia, kulit akan semakin menipis hingga membutuhkan rutinitas dalam pemakaian skincare.

Jenis kulit kering membutuhkan lebih banyak perhatian pada pelembap atau moisturizer untuk menghindari pengelupasan pada kulit. Namun, tidak setiap pelembap bisa bekerja untuk kulit yang sangat dehidrasi, terutama di bulan-bulan yang suhu cuacanya lebih dingin.

Jenis Kandungan Moisturizer untuk Kulit Kering

Dilansir The Strategist, Selasa (9/11/2021), direktur dermatologi kosmetik di Mount Sinai West, Noelani Gonzalez mengungkap bahwa secara umum orang dengan kulit kering harus sangat memperhatikan pelembap yang mereka gunakan. “Krim dan salep yang lengket dan berminyak menjadi pilihan yang baik bagi seseorang yang memiliki kulit kering. Hal ini dikarenakan pelembab tersebut berbahan minyak, memiliki konsistensi yang lebih kental, maka akan memberikan lebih banyak hidrasi pada lotion,” katanya.

Namun, kembali lagi pada musim. Para ahli seperti dokter kulit Rita Linkner dari Spring Street Dermatology dan Marnie Nussbaum, instruktur klinis dermatologi di Weill Medical College of Cornell University mengatakan bahwa orang yang berjenis kulit kering bisa menggunakan lotion yang ringan, moisturizer berbasis gel atau serum di musim panas.

Hampir semua ahli menyebutkan moisturizer yang ideal memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Mengandung campuran emolien (seperti ceramide), ini bisa memperbaiki kulit seseorang.
  • Humektan (seperti gliserin dan asam hialuronat), ini bisa menarik dan menetapkan kelembapan ke dalam kulit seseorang.
  • Petroleum jelly yang merupakan pelembap berbahan dasar minyak (seperti minyak mineral dan lanolin), ini bekerja dengan menghambat terjadinya penguapan air dari kulit.

Untuk Kulit Kering Lebih Baik Krim, Lotion atau Salep?

Dilansir WebMD, sebaiknya untuk kulit kering gunakanlah salep yang kental. Ini juga bisa digunakan untuk kulit yang gatal. Dengan menggunakan salep kental, maka bisa mengunci kelembapan ke dalam kulit. Krim yang tipis bisa membantu menghidrasi baik untuk kulit kering ataupun normal. Sedangkan untuk lotion yang paling ringan ini biasanya cocok untuk kulit berminyak.

Tingkat ketebalan pelembap biasanya memang disesuaikan oleh kebutuhan masing-masing individu. Dermatologis Florida, Andrea Cambio, MD mengungkapkan, “Pilih pelembap yang ringan untuk siang hari dan yang lebih berat untuk malam hari,” jelasnya. Krim yang lebih kental dan moisturizer berjenis lotion yang ringan pun bisa digunakan pada wajah. Namun, tetaplah ingat untuk menggunakan pelembap dengan yang lebih ringan dan menghidrasi kulit di bulan-bulan musim panas.

Bagi kulit kering, cobalah untuk menggunakan jenis moisturizer yang memiliki kandungan asam hialuronat dan dimetikon guna menjaga kulit tetap terhidrasi. Gliserin, propilen glikol, protein dan urea pun dapat membantu menarik air ke kulit seseorang. Tak hanya itu, lanolin, minyak mineral dan petrolatum pun mampu mengunci kelembapan.

Itulah penjelasan dari jenis-jenis moisturizer bagi Sahabat Fimela yang memiliki tipe kulit kering. Jangan sampai keliru ya!

Penulis: Atika Riyanda Roosni

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading