Sukses

Beauty

Kenali Niacinamide, Kandungan Ajaib Andalan Skincare Masa Kini

Fimela.com, Jakarta Salah satu kandungan pada berbagai produk skincare yang sering ditemui adalah niacinamide. Tak dapat dipungkiri, niacinamide yang dianggap ajaib ini menjadi kandungan yang digemari oleh pengguna produk perawatan kulit. Meski ada berbagai kandungan skincare yang juga dianggap membantu dalam merawat kulit, namun niacinamide menjadi populer belakangan ini.

Andrea Pfeffer, pendiri Pfeffer Sal menjelaskan bahwa niacinamide adalah bentuk vitamin B3. “Vitamin dari kelompok ini sangat terkenal akan sifatnya yang menenangkan dan menyembuhkan,” tambahnya. Niacinamide pun cocok digunakan untuk hampir semua jenis kulit dan manfaatnya mudah di dapat.

Lalu, bagaimana fungsi dan manfaat kandungan dari vitamin ini dalam produk skincare? Dilansir ELLE, Jumat (5/11/2021), sebelum membeli skincare, sebaiknya kenali terlebih dahulu tentang kandungan niacinamide.

Manfaat Niacinamide untuk Kulit

Paula Begoun, pendiri Paula’s Choice mengatakan, “Secara topikal, niacinamide memiliki banyak cara untuk membantu kulit sehingga membingungkan,” tuturnya. Penelitian telah membuktikkan bahwa vitamin ini dapat mengurangi peradangan pada jerawat sedang hingga besar. Selain itu, niacinamide dapat membatasi produksi sebum yang berlebihan pada jenis kulit berminyak dan mampu memudarkan hiperpigmentasi.

Penelitian juga menunjukkan niacinamide bertugas dalam melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan mendorong produksi kolagen serta asam hialuronat. Hal ini dapat meningkatkan hidrasi, mengurangi tanda-tanda penuaan, mengurangi pori-pori yang membesar dan mengatasi perubahan warna kulit secara signifikan.

Begoun menjelaskan ada beberapa faktor yang membuat niacinamide bisa memiliki berbagai manfaat bagi kulit. “Salah satunya adalah karena sifat antioksidannya yang kuat. Selain itu, niacinamide membantu menghasilkan zat penting lainnya di kulit. Kelebihan lainnya adalah niacinamide dapat ‘berbicara’ dengan semua jenis sel di kulit dan memberitahu mereka untuk membuat sel yang lebih baik, sehat dan muda,” jelasnya.

Berdasarkan penelitian, cukup hanya dengan mengoleskan niacinamide saja, berbagai khasiat dari vitamin tersebut sudah mampu menembus ke dalam kulit dengan baik dan optimal.

Apakah Niacinamide sangat Dibutuhkan untuk Perawatan Kulit?

Sesungguhnya, tubuh seseorang tidak secara alami memproduksi niacinamide. Namun, seseroang bisa mendapatkannya melalui makanan sehat dan bervariasi. Begoun menjelaskan bahwa perawatan kulit dapat memberikan dorongan bermanfaat yang bisa menjadi perbedaan antara kulit yang baik dan bagus.

Niacinamide dapat ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, ikan, daging serta kacang-kacangan dan dapat berubah menjadi niacinamide saat dimakan. Tubuh membutuhkan asupan niacin yang telah terbukti memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan kulit. Penelitian pun telah menunjukkan niacinamide dapat memberikan berbagai manfaat luar biasa untuk semua jenis kulit dan usia.

Jenis Kulit yang Cocok untuk Menggunakan Niacinamide

Baik Pfeffer dan Begoun setuju bahwa sebagian besar dari orang dengan jenis kulit apapun bisa memperoleh manfaat dari niacinamide dalam rutinitas perawatan kulit. Namun, kembali lagi pada jenis kulit yang akan menentukan jenis produk yang dipilih.

Niacinamide yang bersifat serba guna ini lebih baik dikombinasikan dengan bahan lain untuk menyesuaikan jenis kulit seseorang. Misalnya, produk niacinamide untuk kulit kering dapat diperkuat dengan asam hialuronat. Sedangkan untuk kulit berminyak, niacinamide bisa dikombinasikan dengan kandungan asam salisilat. Sementara, tipe kulit sensitif sebaiknya pilih niacinamide yang juga mengandung hidrator sederhana serta menenangkan.

“Begitu banyak orang yang membutuhkan perawatan kulit yang optimal, terutama bagi mereka yang tinggal atau bekerja di daerah perkotaan, di mana polusi lebih tinggi. Sebagai bonus, niacinamide ini aman digunakan selama kehamilan dan menyusui ketika fluktuasi hormonal dapat merusak kulit,” jelas Pfeffer.

Niacinamide ternyata memang sangat bagus untuk perawatan kulit. Sahabat Fimela sudah memiliki produk skincare yang mengandung niacinamide belum?

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading