Sukses

Beauty

Kenali 5 Kandungan Skincare yang Bisa Memperkuat Skin Barrier

Fimela.com, Jakarta Tren kecantikan khususnya dalam merawat kulit wajah terus berkembang dengan terus melahirkan berbagai produk terbaru. Salah satu yang sedang populer dikalangan perempuan adalah produk skincare yang dapat merawat dan memperkuat skin barrier. Dikatakan dapat menjanjikan memperkuat skin barrier, produk skincare tersebut menjadi incaran banyak orang.

Sebelumnya, skin barrier merupakan lapisan yang berada di bagian terluar kulit. Sesuai dengan Namanya, lapisan ini berperan sebagai pelindung kulit dari berbagai serangan eksternal. Memiliki tugas sebagai pelindung, maka sangat penting untuk merawatnya agar dapat menjaga kesehatan kulit dan dapat memberikan perlindungan optimal.

Namun, jangan sembarangan dalam memilih produk skincare yang sekiranya dapat merawat skin barrier. Kenali terlebih dulu 5 kandungan skincare yang dapat merawat dan memperkuat skin barrier dengan efektif yang telah Fimela rangkum dari merdeka.com, Rabu (3/11/2021).

Ceramide

Belakangan ini, ceramide menjadi salah satu kandungan skincare yang banyak bermunculan. Namun siapa sangka, ternyata tubuh dapat memproduksi ceramide secara alami di skin barrier. Para ahli dermatologi memiliki analogi tersendiri terkait ceramide. Ketika kolagen dan elastin membentuk struktur dan sel kulit merupakan batu mata, maka ceramide adalah semen untuk merekatkan batu bata yang digunakan tersebut.

Ceramide sendiri merupakan molekul asam yang berperan dalam membentuk skin barrier secara alami dan dapat menjaga kelembapan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi ceramide di dalam tubuh jadi menurun. Hal ini yang membuat pentingnya menggunakan skincare dengan formula ceramide guna memperkuat skin barrier.

Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid ternyata tidak hanya berfungsi dalam melembapkan kulit saja, melainkan zat ini berperan penting untuk menjaga kekuatan skin barrier. Bisa menjaga kadar air dalam kulit, hyaluronic acid ini banyak digunakan dalam produk kecantikan bagi pemilik kulit kering yang bertujuan menjaga kelembapan serta meningkatkan skin barrier secara alami. Tak hanya itu, hyaluronic acid pun bertugas dalam menjaga kadar vitamin C agar tetap stabil sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.

Probiotik

Kunci dari skin barrier agar selalu terjaga dengan baik salah satunya dengan seimbangnya microbiome pada kulit. Dengan demikian, menggunakan skincare yang mengandung probiotik dapat direkomendasikan dalam mempertahankan kekuatan skin barrier guna melindungi kulit.

Agar bisa meningkatkan asupan probiotik pada kulit, gunakan skincare dengan kandungan tersebut dengan menjadikannya rutinitas dalam perawatan sehari-hari. Selain itu, memanfaatkan makanan fermentasi seperti masker yoghurt pun dapat membantu merawat kesehatan kulit.

Panthenol

Panthenol memiliki fungsi yang hampir sama dengan Hyaluronic Acid, di mana ia berfungsi dalam menjaga dan mengikat kandungan air di dalam kulit. Bahkan, zat satu ini dikenal efektif untuk mencegah efek kemerahan serta inflamasi pada kulit. Hal ini yang membuat Panthenol sangat direkomendasikan menjadi kandungan skincare yang dapat merawat skin barrier.

Squalane

Squalane merupakan salah satu zat yang juga bisa diproduksi alami oleh kulit. Zat ini berfungsi menjaga kelembapan dan tekstur kulit sehingga tetap kenyal dan sehat. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi squalane akan mulai berkurang. Dengan begitu, perawatan dengan produk skincare yang mengandung squalane menjadi sangat penting.

5 kandungan skincare yang dapat merawat dan memperkuat skin barrier diatas dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Sahabat Fimela sudah memiliki produk skincare yang memiliki kandungan tersebut?

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading