Sukses

Beauty

Diary Fimela: Ulfa Sukses Jadi Makeup Artist Berkat Kartu Prakerja, Raih Ratusan Ribu Rupiah Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Kisah sukses alumni Kartu Prakerja Gelombang I menghadirkan inspirasi yang nyata, Ulfa Sari yang merupakan penerima Kartu Prakerja Gelombang 1 berhasil meningkatkan kualitas dirinya. 

Pandemi membuat Ulfa kehilangan pekerjaannya. Ia dirumahkan oleh pabrik tempat ia bekerja. "Kemarin saya baru lulus sekolah dan langsung ditempatkan bekerja di salah satu pabrik di Jakarta Utara pembuat mainan untuk anak-anak nggak lama kemudian ada pademi corona yang mengharuskan saya dan teman-teman saya di rumah kan," kata Ulfa dikutip di Instagram @prakerja.go.id, Senin (8/11/2021).

Gadis berusia 19 tahun ini, tidak sengaja melihat iklan kartu Prakerja ketika sedang berselancar di internet. Kebetulan dia sedang membutuhkan kegiatan untuk menambah kesibukan disela-sela di rumahkan akhirnya dia mendaftar dan lolos program kartu Prakerja gelombang 1.

Mengikuti pelatihan

"Jadi saya kehilangan penghasilan saya. Terus saya Browsing di internet, enggak sengaja lihat iklan kartu pra kerja ini saya coba untuk daftar ke gelombang pertama dan akhirnya Alhamdulillah lolos," ujarnya.

Lebih rinci, setelah lolos dia langsung mengambil pelatihan bahasa Inggris di Skill Akademi yang harganya Rp700 ribu dn setelah itu ia mengambil pelatihan cara merias diri dari Tokopedia yang harganya Rp 250 ribu.

Setelah pelatihan Kartu Prakerja itu, dia mendapatkan sertifikat dan langsung mendapatkan uang insentif. Uang insentif itu ia gunakan untuk membeli peralatan makeup. 

Merintis karier sebagai MUA

“Dari pelatihan itu saya coba rias diri keluarga saya teman-teman saya dan saudara-saudara saya, perlahan mulai ada orang-orang yang menggunakan jasa saya untuk merias dari pekerjaan pendamping pengantin itu saya mulai mendapatkan penghasilan tambahan selain penghasilan saya dari pabrik dari 1 orang itu saya mendapatkan bayaran Rp50.000 sedangkan 1 harinya itu saya bisa merias 5 sampai 6 orang," katanya.

Hobi jadi cuan

Tentu ia pun merasa senang, karena pelatihan yang telah ia ambil ini karena bisa meningkatkan hobinya sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan selain penghasilannya dari pabrik.

"Semoga dari sini saya bisa meningkatkan keahlian saya dalam bidang make up," imbuhnya.

Dia pun berpesan kepada masyarakat yang  belum bekerja dan sedang mencari pekerjaan. Dia menyarankan supaya mencoba daftar kartu prakerja sepertinya.

"Disana kalian bisa ikut pelatihan yang bisa menambah ilmu pengetahuan kalian dan menambah keterampilan kalian, siapa tahu dari hobi teman-temen bisa menambah penghasilan jugasaya juga mengucapkan terima kasih kepada kartu pra kerja karena saya bisa meningkatkan pengetahuan saya," pungkasnya.   

 

 

 

 

 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading