Sukses

Beauty

Tips Merawat Bekas Luka Operasi Caesar yang Bisa Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Bekas luka karena persalinan Caesar bisa terangkat, berubah warna, dan terkadang menyakitkan. Tidak ada perawatan yang bisa mengembalikan kulit seperti sebelum operasi, tapi ada yang bisa kamu lakukan di rumah untuk memperbaiki tampilannya.

Sayatan operasi Caesar memiliki panjang sekitar 6cm, karena dokter harus memotong kulit, lemak, dan otot. Bekas luka ini mungkin akan tampak lebih tebal dari bagian kulit lainnya dan berwarna kemerahan.

Beberapa hal yang bisa memengaruhi penyembuhan luka dan seberapa terlihat bekasnya adalah waktu penyembuhan sayatan, usia, dan genetika. Ada beberapa produk yang bisa membantu menyamarkan bekas luka operasi Caesar, seperti dilansir dari healthgrades.com.

1. Petroleum jelly

Usahakan kulit di area bekas luka tetap lembap dan tertutup, untuk membantu mengurangi jaringan parut setelah operasi Caesar. Petroleum jelly menjaga agar bekas luka tidak terlalu besar, dalam, dan gatal. Jangan lupa berikan tekanan konstan pada bekas luka dengan perban, untuk membantu menjaga bekas luka tetap rata.

2. Gel silikon

Menempelkan gel silikon di atas tempat sayatan juga efektif membantu menjaga bekas luka tetap lembap dan tertutup. Cara ini bisa membuat bekas luka lebih lembut, tipis, dan mengurangi kemerahan.

3. Vitamin E atau ekstrak bawang bombay

Ini bisa membantu menghilangkan bekas luka, karena zat di dalamnya bisa mengurangi atau mencegah bekas luka timbul dengan menghalangi pertumbuhan jaringan parut.

4. Madu

Madu bisa mengurangi peradangan kulit, membantu pembentukan jaringan baru, mengurangi jaringan parut, dan mencegah bekas luka terangkat.

 

Teknik untuk mengurangi tampilan bekas luka operasi Caesar

1. Memijat bekas luka

Setelah sayatan sembuh, pijat area tersebut dengan lembut. Ini bisa membantu melembutkan bekas luka dan memecah jaringan parut yang terbentuk di bawah kulit.

Saat kamu memijat, gunakan krim pelembap yang ringan. Pijat di sekitar bekas luka beberapa kali setiap hari, mungkin diperlukan waktu 4 sampai 6 minggu untuk melihat hasilnya.

2. Membatasi waktu di sinar matahari

Bekas luka yang sedang sembuh akan menjadi lebih gelap dan lebih terlihat jika terbakar sinar matahari. Jadi jauhkan bekas luka dari sinar matahari setidaknya selama 6 bulan setelah operasi Caesar.

3. Tidak menunggu

Waktu penting dalam hal bekas luka. Agar bekas luka tidak terlalu terlihat, obati lukanya segera setelah sembuh.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengetahui 3 Keuntungan Operasi Caesar Metode ERACS seperti yang Dijalani Nagita Slavina