Sukses

Beauty

Kurangi Sampah Plastik, Kolaborasi L’Oreal dan Shopee jadi Solusi Nyata

Fimela.com, Jakarta Belanja online menjadi solusi masa kini untuk memenuhi kebutuhan harian, terutama sejak masa pandemi terjadii. Meskipun terbilang lebih aman, namun faktanya berbelanja online menimbulkan masalah baru, yaitu sampah. Kemasan dan pembungkus paket belanja online sangatlah mencemari lingkungan. Sadar akan bahaya yang semakin mengancam, maka L’Oreal mulai melakukan sebuah inisiasi untuk mengurangi sampah dengan cara memperkenalkan kemasan ramah lingkungan. 

Langkah ini adalah upanya kampanye Beauty Goes Green di mana mereka menggandeng Shopee untuk mendukung inisiasi ini. Program kolaboratif ini adalah cara terbaik mengurangi sampah yang berasal dari pembelanjaan online. Program ini nantinya akan mengganti kemasan yang lama dengan yang ramah lingkungan. Sebagai alternatif digunakan flute liner, yaitu material bergelombang serupa kardus, dan selotip kertas sebagai perekatnya. Berbagai kardus, karton dan kertas yang digunakan juga bersertifikat Forest Management Certification (FSC) yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Martin Crosnier, General Manager CPD L’Oréal Indonesia mengatakan praktik ramah lingkungan ini akan diterapkan oleh tiga brand unggulan sekaligus, yakni Garnier, L’Oréal Paris, dan Maybelline. Mulai 18 November 2021, konsumen yang berbelanja dari store resmi ketiga brand tersebut di Shopee akan mulai mendapatkan kemasan kirim baru itu.

Mengurangi dampak sampah plastik yang signifikan

"Dalam perkembangannya, e-commerce telah berperan penting bagi bisnis L'Oréal, terutama brand-brand konsumen kami. Menyadari dampak yang dihasilkan bagi bumi melalui rantai bisnis, kami mengambil peran untuk membawa perubahan dalam mengajak konsumen online menjadi lebih sadar dan memulai kebiasaan konsumsi yang lebih berkelanjutan," ucap Martin dalam jumpa pers virtual, Rabu, 17 November 2021.

gerakan ini akan bisa mengurangi setidaknya 48 ton sampah plastik, berdasarkan data 2021. Jumlah ini diperkirakan setara dengan sampah tiga juta botol air mineral.

Mohamad Fikri, Head of Corporate Responsibility L'Oréal Indonesia menambahkan, L'Oréal mengambil langkah untuk menggerakkan Indonesia maju menjawab berbagai tantangan di dunia.

"Dalam manifestasinya, kami berfokus pada tiga pilar utama: mentransformasi cara kami melakukan bisnis untuk menghargai batasan dari bumi tempat kita tinggal, memberdayakan ekosistem bisnis kami dan membantu mereka berubah untuk bumi yang lebih berkelanjutan," terang Fikri.

Menggandeng Shopee

Inisiatif L'Oréal Indonesia ini didukung oleh Shopee, dengan memfasilitasi gudang mereka untuk menyediakan area pengemasan dan sumber daya manusia khusus untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih ramah lingkungan untuk para konsumen.

Putri Lukman, Head of FMCG Shopee Indonesia mengatakan, pihaknhya mendukung dan menyambut baik inisiatif L'Oréal dalam meningkatkan upaya mereka untuk memperkenalkan dan memberikan solusi pengemasan e-commerce yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

"Melalui komitmen ini, Shopee ingin menjalankan langkah awal dalam membantu konsumen dan pengguna untuk membuat pilihan ramah lingkungan dengan lebih mudah dan nyaman, dimulai dengan pembelian produk-produk L'Oréal di Shopee. Shopee berharap para pengguna dan pecinta produk L'Oréal akan ikut mendukung inisiatif ini," tuturnya.

 

 

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Belanja Online 11.11 dengan Fitur Interaktif Terbaru dari DANA
Artikel Selanjutnya
20+ Jenama Lokal Beri Promo dan Diskon di 11.11 Loving Local Product