Sukses

Beauty

Mengenal Manfaat Bunga Magnolia untuk Kecantikan Kulit dan Efek Sampingnya

Fimela.com, Jakarta Ekstrak bunga terkadang digunakan sebagai salah satu bahan untuk produk skincare. Baik kaum perempuan hingga laki-laki yang mendambakan kulit bersih dan berseri-seri ini membuat mereka merawat wajah dengan berbagai produk yang mengandung ekstrak bunga. Karena ekstrak bunga dipercaya memiliki kandungan dengan segudang manfaat, salah satunya adalah bunga Magnolia.

Dilansir WebMD, Selasa (23/11/2021), ekstrak bunga magnolia telah digunakan selama sekitar 1.000 tahun dalam pengobatan tradisional Cina dan Jepang untuk pengobatan penyakit mulai dari asma, depresi hingga sakit kepala dan nyeri otot.

Dalam perawatan kulit, Magnolia memiliki khasiat yang menarik seperti mengurangi kemerahan pada kulit wajah dan meningkatkan hidrasi serta elastisitas. Bahkan ia juga bekerja sebagai zat dan membantu mengurangi peradangan. Polisakarida dan Terpenoid merupakan bahan aktif utama yang berkontribusi dalam kinerja Magnolia untuk perawatan kulit.

Masih terdapat sejumlah manfaat lain yang bisa didapatkan dari bunga Magnolia. Maka dari itu, kenali manfaat bunga Magnolia untuk kulit serta efek sampingnya yang telah Fimela rangkum dari beberapa sumber.

Memiliki Efek Antioksidan dan Antibakteri

Komponen utama magnolol dan honokiol yang ada dalam kandungan Magnolia ini memiliki efek antioksidan dan antibakteri. Bahan-bahan yang diekstrasi dari kulit pohon dapat digunakan tidak hanya untuk medis, namun juga untuk produk kosmetik atau skincare. Ekstrak kulit magnolia pun memiliki efek yang sangat positif pada kulit seseorang.

Membantu Mengatasi Peradangan dan Menghaluskan Kulit

Terjadinya peradangan dan pembengkakan atau gatal bisa diatasi oleh ekstrak kulit Magnolia yang secara aktif melawan gejala-gejala tersebut. Ia mampu mencegah kotoran dan menghaluskan kulit. Bahan antibakteri yang terkandung dalam Magnolia akan memastikan bakteri terbunuh dan mampu mencegah ataupun mengurangi jerawat.

Selain itu, kulit yang iritasi, merah serta kering akan mendapat efek kelegaan. Kulit terasa lebih tenang dan tampak sehat, bersih serta kembali cerah. Ekstrak alami kulit Magnolia sangat lembut dan ringan sehingga ideal untuk kulit sensitif.

Membantu Kulit Tampak Lebih Kencang dan Muda

Pengaruh paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit dan membuat terjadinya penuaan dini. Untuk mencegah proses ini, banyak krim dan lotion yang mengandalkan bahan-bahan dalam menetralisir radikal bebas. Ekstrak Magnolia pun memiliki kemampuan tersebut dan bekerja sebagai regeneratif antioksidan alami. Kerutan kecil dapat dikurangi dan kulit akan terlihat sehat, muda serta kencang. Pada saat yang sama, kulit terlindungi dari kerusakan kulit baru sehingga tetap segar untuk waktu yang lama.

Efek Samping Ekstrak Kulit Bunga Magnolia

Masalah Selama Kehamilan dan Menyusui

Tak hanya bagi kecantikan, Magnolia memang sering digunakan untuk berbagai perawatan kesehatan lainnya. Tidak disarankan untuk menggunakan ekstrak kulit bunga Magnolia dalam bentuk apapun bagi yang sedang hamil dan menyusui. Dilansir Stylecraze, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumi Magnolia selama kehamilan dapat menyebabkan kontraksi rahim dan keguguran. Dengan begitu, lebih baik hindari konsumsi Magnolia saat menyusui pula agar tetap aman.

Membuat Anestesi Tidak Efektif

Magnolia dapat memperlambat sistem saraf karena sifatnya yang menenangkan. Hal ini memiliki kemungkinan menjadi masalah selama operasi karena aplikasi anestasi tidak efektif. Hentikan penggunaan setidaknya dua minggu sebelum operasi yang telah dijadwalkan.

Merawat kulit agar tampak sehat dan bersih bisa menggunakan bahan yang mengandung ekstrak bunga, lho. Bahkan bunga Magnolia yang tak hanya cantik ini juga bisa masuk ke dalam list kandungan produk skincare Sahabat Fimela karena bunga Magnolia memiliki berbagai manfaat untuk kulit.

Penulis: Atika Riyanda Roosni

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading