Sukses

Beauty

5 Penyebab Rambut Kusut dan Cara Merawatnya

Fimela.com, Jakarta Masalah rambut yang sering dialami perempuan adalah rambut kusut. Masalah rambut ini bisa menganggu penampilan. Karena masalah rambut ini susah diatur, rambut terlihat kusam, dan membuat rambut mudah patah.

Penyebab utama rambut kusut adalah karena jarang melakukan perawatan rambut. Apalagi jika sering menggunakan bahan kimia yang bisa merusak rambut, seperti cat rambut, produk bleachingsmoothing, atau pengeriting rambut. Sebaiknya hindari penyebab-penyebab rambut kusut, agar kondisi rambut tetap sehat dan berkilau.

Rambut kusut ini sering kali dialami rambut yang kering dan keriting, karena rambut kurang lembap. Untuk itu, rambut kusut harus dirawat dengan benar agar lebih sehat dan berkilau lagi. Berikut penyebab rambut kusut dan cara merawatnya:

Penyebab Rambut Kusut

1. Jarang Menyisir Rambut

Penyebab rambut kusut yang pertama, yaitu karena jarang menyisir rambut. Kamu bisa menyisir rambutmu dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari menggunakan sisir kayu. Menyisir rambut bisa membuat rambutmu lebih rapi, dan menyingkirkan kotoran yang menempel di rambut.

2. Salah Memilih Produk Perawatan Rambut

Kalau kamu salah memilih produk perawatan rambut, maka bisa membuat rambutmu terlihat kusut, berketombe, mudah patah, kering dan bercabang. Sebaiknya hindari penggunaan sampo atau kondisioner yang memiliki kandungan isopropil alkohol, natrium lauril sulfat (SLS), sodium laureth sulfat (SLES), deterjen, parfum dan bahan kimia berbahaya lainnya.

3. Sering Menggunakan Pengering Rambut

Rambut kusut bisa disebabkan karena kamu sering mengeringkan rambut dengan hairdryer atau catokan. Pengering rambut ini memiliki suhu panas yang sangat tinggi, yang membuat rambut kering dan terlihat kusut. Sebaiknya keringkan rambutmu secara alami, agar kelembapan rambut tetap terjaga.

4. Pernah Mewarnai Rambut

Rambut yang pernah diwarnai bisa terlihat kusut daripada rambut yang belum pernah diwarna. Karena produk pewarna rambut yang digunakan memiliki kandungan bahan kimia berbahaya, yang bisa merusak warna rambut asli dan menghilangkan kelembapan. Jika kamu sering melakukan pewarnaan rambut, maka lakukan perawatan dengan benar untuk mencegah rambut kusut.

5. Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Penyebab rambut kusut yang terakhir, yaitu karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa merusak keratin rambut, menghilangkan kelembapan rambut, dan merusak warna rambut. Sebaiknya gunakan topi jika berada diluar ruangan yang terdapat terik matahari.

Cara Merawat Rambut Kusut

Rambut kusut dapat dirawat dengan benar, agar terlihat berkilau lagi, terjaga kelembapannya, tidak mudah patah, dan mudah diatur. Namun merawat rambut kusut ini membutuhkan kesabaran dan konsisten, agar hasilnya lebih optimal. Agar rambut tidak terlihat kusut, sebaiknya gunakan sampo yang memiliki kandungan tinggi pelembap.

Usahakan untuk keramas maksimal 2 kali seminggu saja. Setelah keramas jangan lupa untuk menggunakan kondisioner, karena kondisioner bisa membuat rambut lebih lembut, mudah diatur dan menghilangkan rambut bercabang. Kamu juga bisa menggunakan serum rambut, untuk hasil yang lebih lembut.

Jangan lupa untuk menyisir rambut secara rutin dengan sisir bergigi jarang yang terbuat dari kayu. Karena sisir kayu bisa melembutkan rambut dan tidak mengandung listrik statis di rambut. Saat mengeringkan rambut, sebaiknya angin-anginkan rambutmu dan gunakan handuk yang bahannya lembut.

Rekomendasi Serum untuk Rambut Kusut

1. Natur Hair Serum

Rekomendasi serum yang bisa merawat rambut kusut adalah Natur Hair Serum. Serum ini memiliki kandungan active oil yang disebut jojoba oil, olive oil dan minyak kemiri. Dalam serum ini juga terdapat ekstrak gingseng. Serum ini memiliki fungsi untuk membantu menghilangkan rambut bercabang dan membuat rambut kusut menjadi lebih lembut.

2. Miranda Hair Serum

Serum dari Miranda Hair Serum juga bisa digunakan untuk merawat rambut kusut. Serum ini memiliki kandungan ekstrak urang aring, yang membuat rambut kusut tampak berkilau, sehat dan mudah diatur. Selain itu, serum ini mengandung moroccan argan oil yang bisa melembutkan rambut kusut.

3. Matrix Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum

Rekomendasi serum untuk rambut kusut yang selanjutnya yaitu Matrix Biolage Smoothproof Deep Smoothing Serum. Serum ini memiliki kandungan polimer yang membuat rambut menjadi mudah diatur. Serum ini juga memiliki kandungan avocado oil dan grape seed oil, yang berfungsi untuk melembapkan rambut kusut.

4. Innisfree My Hair Recipe Curl Up Styling Serum

Kalau kamu sering mewarnai rambut atau melakukan styling untuk rambut, kamu bisa menggunakan serum dari Innisfree My Hair Recipe Curl Up Styling Serum, yang memiliki kandungan ekstrak kacang hijau dan kacang hitam. Serum ini bisa melindungi rambut kusut dari kerusakan pengering rambut.

5. L'Oreal Professionnel Serie Expert Wheat Oil Absolut Repair Hair Serum

Rekomendasi serum rambut yang terakhir adalah L'Oreal Professionnel Serie Expert Wheat Oil Absolut Repair Hair Serum. Kandungan protein dan gold quinoa dalam serum ini bisa membantu melembutkan rambut kusut, dan mencegah rambut bercabang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading