Sukses

Beauty

Tahapan Sederhana Rutinitas Perawatan Wajah Pagi dan Malam Hari Menurut Dokter Kulit

Fimela.com, Jakarta Saat menggunakan skincare apakah sahabat Fimela bertanya-tanya, berapa banyak produk perawatan wajah yang harus gunakan? Mana yang tepat untuk kulit? Dan bagaimana urutan skincare yang harus digunakan?

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari rejimen perawatan wajah harian, apa pun jenis kulit, sahabat Fimela harus memulai dengan tiga langkah sederhana: membersihkan, merawat, dan melembapkan kata Ashley Magovern, MD, dokter kulit dan pemilik serta pendiri Manhattan Dermatology di Manhattan Beach,  California. 

Sahabat Fimela mungkin sudah akrab dengan pembersihan dan pelembap, tetapi apa yang dimaksud dengan "merawat" kulit? Itu berarti menggunakan serum atau krim yang dikemas dengan bahan perawatan kulit seperti vitamin C, retinol, asam alfa hidroksi dan lainnya, tergantung pada jenis kulit dan hasil yang ingin dilihat.

"Menambahkan langkah tengah di antara komponen pembersih dan pelembap sangat penting. Ini dapat membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu dan dalam kesehatan, penampilan, dan penuaan kulit,” kata Dr. Magovern melansir Goodhousekeeping.

Untuk itu, berikut rutinitas perawatan kulit harian terbaik yang disetujui dokter kulit untuk pagi dan malam, termasuk langkah-langkah dasar yang harus ada di setiap rejimen di rumah untuk kulit berminyak, kering, kombinasi atau rawan jerawat.

Rutinitas Perawatan Wajah Pagi Hari

1. Pembersih 

Pembersihan wajah harus menjadi langkah pertama dalam setiap rutinitas perawatan kulit, karena membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori dan kulit kusam.

“Terlalu banyak orang membersihkan terlalu banyak atau terlalu sering atau dengan pembersih yang terlalu keras, yang sebenarnya akan merusak pelindung kulit. Jika memiliki kulit kering atau sensitif, cobalah mencuci hanya di malam hari dan bilas wajah dengan air di pagi hari,” ujar Dr. Magovern.  

2. Toner

Toner bisa menjadi cara yang bagus untuk menyegarkan kulit, menghilangkan sisa kotoran dan menyeimbangkan pH, kata Dr. Magovern.  Jika memiliki kulit yang rentan jerawat, carilah toner dengan bahan-bahan seperti asam salisilat untuk memerangi jerawat. 

Untuk kulit kering atau sensitif, carilah toner yang menghidrasi (atau saudara perempuannya, esens) yang dibuat tanpa alkohol dan dengan bahan-bahan seperti gliserin dan asam hialuronat untuk menenangkan. 

3. Serum 

Serum yang disesuaikan dengan masalah kulit dapat merawat dan melindungi.  Carilah antioksidan, seperti vitamin C. “Setiap orang harus menggunakan vitamin C, berapa pun usianya,” kata Dr. Magovern.  

"Ini membantu membalikkan banyak kerusakan kulit yang kita dapatkan dari matahari dan polusi. Untuk warna kulit yang lebih gelap, hiperpigmentasi bisa menjadi masalah umum, dan menggunakan serum vitamin C di pagi hari dapat membantu mengurangi bintik hitam,” kata Jennifer David, D.O seorang dokter kulit di Philadelphia dan pendiri Skin & Scripts Virtual Dermatology. 

4. Krim Mata

Usapan ringan menggunakan krim mata yang ditargetkan untuk masalah area mata, menggunakan jari manis untuk menghindari menarik kulit halus dan menyebabkan kerusakan.

5. Pelembap

Berikutnya adalah formula yang lebih berat seperti pelembap, yang menjaga kulit tetap terhidrasi dan membantu memperkuat penghalangnya.  Kecuali memiliki kulit kering, pilihlah pelembap yang lebih ringan untuk penggunaan siang hari, seperti losion atau gel yang akan cepat meresap dan tidak akan menumpuk di bawah riasan.  Jika kulit lebih kering, cobalah formula yang lebih kental, seperti krim.  

“Carilah ceramide atau asam hialuronat, karena bahan-bahan ini adalah bahan pembangun retensi kelembapan di kulit,” jelas Dr. David. 

6. Tabir surya 

Ini adalah langkah terpenting dalam rutinitas perawatan kulit apa pun, untuk setiap jenis dan usia kulit.  “Jika tidak memakai tabir surya, mungkin juga tidak melakukan langkah-langkah lain,” kata Dr. Magovern.  

Rutinitas Perawatan Wajah Malam Hari

Rutinitas malam hari adalah waktu yang tepat untuk memastikan kulit mendapatkan nutrisi dan bahan aktif sebanyak mungkin, karena kulit  beregenerasi dan memperbaiki dirinya sendiri saat tertidur, kata Dr. Magovern menyarankan bisa mengikuti langkah-langkah dasar seperti membersihkan, merawat, dan melembapkan — tetapi di malam hari, rutinitasnya akan terlihat sedikit berbeda. 

1. Pembersih

Pertama, bersihkan riasan dan kotoran hari itu.  Mulailah dengan mengoleskan penghapus riasan terpisah jika perlu untuk menghapus kosmetik apa pun.  “Pembersih tidak selalu dirancang untuk melarutkan riasan, terutama pada mata, dan belum begitu efektif dalam pengujian kami,” kata Senior Chemist GH Beauty Lab, Sabina Wizemann.

Ikuti dengan pembersih yang sama seperti di pagi hari, kerjakan dari bagian dalam wajah ke atas, lalu keluar dan ke bawah di sepanjang garis rambut dan perimeter hingga tepat di bawah dagu, sarannya. 

2. Toner

Jika memilih toner, aplikasikan dengan cara yang sama seperti yang dilakukan di pagi hari.  Karena berbentuk cair, toner harus digunakan sebelum formula yang lebih berat seperti serum dan pelembap sehingga memiliki kesempatan untuk diserap. 

3. Serum

Serum waktu yang ideal untuk menggunakan produk dengan bahan yang bekerja untuk mengelupas sel kulit mati atau merangsang pergantian sel saat tidur, seperti asam alfa hidroksi seperti asam glikolat atau retinol, kata Dr. Magovern. 

Teksturnya halus, mencerahkan dan mengecilkan pori-pori.  (Beberapa serum dapat digunakan siang atau malam; ikuti petunjuk kemasannya.) Jika merawat hiperpigmentasi, gantilah antara retinoid dan hidrokuinon bahan aktif yang memudarkan noda, Dr. David merekomendasikan. 

4. Krim Mata 

Oleskan sedikit serum atau perawatan wajah, atau krim mata terpisah jika menggunakannya juga di pagi hari, di sekitar mata.  “Tidak harus menggunakan banyak, tetapi jika mulai melatih kulit untuk menoleransi produk yang lebih aktif di sekitar mata, akan melihat lebih banyak perubahan,” jelas Dr. Magovern.

5. Pengobatan Jerawat 

Jika saat ini memiliki noda (atau sedikit), terapkan perawatan jerawat saat ini.  Untuk jerawat kronis, jadilah proaktif daripada mengobati jerawat saat muncul, saran Dr. Magovern.  

“Jika hanya merawat tempat itu, akan mendapatkan jerawat tepat di sebelahnya jika kulit tersumbat,” katanya. Berjerawat karena minyak menumpuk, jadi konsistenlah dengan rejimen untuk menjaga pori-pori di seluruh wajah tetap bersih,” paparnya. 

6. Pelembap

Pelembap sangat penting di malam hari, karena menciptakan penghalang yang menyegel hidrasi alami kulit dan bahan aktif apa pun untuk melawan hilangnya kelembapan yang terjadi saat tidur.  Pelembap non-SPF yang digunakan untuk pekerjaan siang hari, atau coba formula khusus malam hari untuk manfaat yang ditargetkan seperti anti-penuaan.

7. Face oil 

Jika kulit masih terasa kering, mengoleskan face oil bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu mengunci kelembapan dalam semalam. “Banyak orang berpikir bahwa jika mereka memiliki jerawat atau kulit berminyak, mereka akan berjerawat dengan minyak, tetapi itu tidak benar. Ini benar-benar dapat membantu melembutkan kulit,” jelas Dr. Magovern.  Untuk meningkatkan nutrisi, tepuk-tepuk face oil sebagai langkah terakhir setelah sisa produk perawatan kulit mengering.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading