Sukses

Beauty

9 Penyebab Rambut Bergelombang dan Cara Merawatnya Agar Mudah Diatur

Fimela.com, Jakarta Ada berbagai macam jenis rambut yang dimiliki tiap manusia. Jenis rambut dipengaruhi oleh faktor keturunan dan faktor lingkungan. Ada yang memiliki rambut lurus, rambut keriting, rambut ikal, dan rambut bergelombang.

Namun ada juga yang mengalami perubahan terhadap jenis rambut, yang awalnya memiliki rambut lurus. Kemudian berubah menjadi rambut yang bergelombang. Perubahan jenis rambut ini biasanya dipengaruhi oleh faktor pubertas.

Pemilik rambut bergelombang sering kali mengalami masalah rambut kusut, susah diatur, terlihat kusam, teksturnya kasar dan kering. Kondisi rambut bergelombang ini harus dirawat dengan baik, agar terlihat indah dan berkilau. Berikut penyebab rambut bergelombang dan cara merawatnya:

Penyebab Rambut Bergelombang

Rambut bergelombang adalah rambut yang unik, karena rambut ini memiliki ciri-ciri percampuran antara rambut lurus dan keriting. Ada bagian rambut yang bentuknya lurus, dan sebagian lainnya berbentuk keriting.

Rambut bergelombang ini biasa disebut sebagai wavy hair. Rambut bergelombang bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. Berikut faktor penyebabnya:

1. Faktor keturunan

2. Perubahan hormon saat pubertas

3. Sering terkena paparan sinar matahari

4. Adanya bentuk folikel rambut

5. Faktor gizi

6. Sering menggunakan bahan kimia seperti cat rambut

7. Rambut sering diikat

8. Sering mengeringkan rambut dengan hair dryer atau catokan

9. Pertambahan usia

Cara Merawat Rambut Bergelombang

1. Hindari Keramas Terlalu Sering

Agar rambut bergelombang terlihat indah dan berkilau, sebaiknya jangan terlalu sering keramas. Karena rambut bergelombang sangat mudah kering dan kusut. Jika sering keramas, keratin di rambut akan semakin berkurang dan membuat rambut kering.

2. Gunakan Kondisioner

Untuk membuat rambut bergelombang lebih lembut dan mudah diatur, kamu bisa menggunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner ini bisa mengembalikan kelembapan rambut, mengatasi masalah rambut bergelombang, dan membantu meningkatkan produksi keratin.

3. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Biasanya rambut bergelombang memiliki tekstur keriting, yang membuat rambut bergelombang mudah patah. Untuk menghindari risiko rambut patah, sebaiknya sisirlah rambutmu dengan sisir bergigi jarang dan terbuat dari kayu. Karena bahan kayu tidak menyebabkan listrik statis di rambut.

4. Jangan Gunakan Pengering Rambut

Hindari menggunakan pengering rambut, agar rambut bergelombang tidak mudah rapuh, tidak bercabang, kusut dan teksturnya kering. Sebaiknya keringkan rambut bergelombang dengan handuk yang teksurnya lembut, atau dibiarkan kering dengan sendirinya saja.

5. Gunakan Masker Rambut

Cara merawat rambut bergelombang yang terakhir, yaitu gunakan masker rambut berbahan alami secara rutin, yang bisa membantu melembapkan rambut bergelombang. Sering menggunakan masker juga bisa membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun, alpukat, minyak kelapa, lidah buaya, dan gingseng.

Rekomendasi Masker Rambut Bergelombang yang Kering

1. Ellips Hair Mask

Rekomendasi masker rambut yang pertama yaitu Ellips Hair Mask, dengan 4 varian berbeda yang bisa membantu melembutkan rambut bergelombang yang kering. Karena masker rambut ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, Pro Vitamin B-5 dan jojoba oil.

2. L’Oreal Paris Total Repair 5 Deep Repairing Mask

L’Oreal Paris Total Repair 5 Deep Repairing Mask bisa membantu memperbaiki tiap titik batang rambut bergelombang yang rusak, karena tekstur dari masker ini sangat mudah diserap pori-pori rambut, dan diperkaya dengan ceramides.

3. Makarizo

Rekomendasi masker rambut yang terakhir adalah Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Cream. Masker rambut ini memiliki kandungan ekstrak zaitun dan omega-6 yang berasal dari minyak nabati passiflora, yang berfungsi untuk membuat rambut bergelombang tampak lebih berkilau, menguatkan batang rambut, dan melembapkan rambut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading