Sukses

Beauty

Penting, Hal-Hal yang Perlu Diketahui tentang Perawatan Rambut Menggunakan Air Beras

Fimela.com, Jakarta Beras telah dianggap sebagai elemen perawatan kecantikan alami. Berlawanan dengan kepercayaan populer, biji-bijian tidak hanya untuk dimakan, tapi juga memiliki manfaat perawatan rambut yang luar biasa.

Air beras adalah air bertepung yang tersisa setelah nasi dimasak atau direndam. Air beras diisi dengan nutrisi seperti vitamin B dan E, mineral, asam amino, antioksidan, dan inositol, yang menawarkan manfaat topikal untuk rambut dan kulit kepala.

Air beras meningkatkan elastisitas rambut, melembapkan kulit kepala, menambah volume, definisi keriting, dan memperkuat rambut. Jika digunakan dengan benar, air beras juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut karena kandungan proteinnya, seperti dilansir dari instyle.com.

Cara membuat air beras

Membuat air beras sangat sederhana, yang kamu butuhkan hanya beras, air, panci, saringan, dan botol semprot. Mulailah dengan menambahkan dua cangkir air ke setiap cangkir nasi dan mencampurnya dalam mangkuk atau panci.

Selanjutnya, biarkan beras terendam selama 8 sampai 16 jam. Saat beras direndam, airnya akan berubah warna menjadi putih.

Setelah beras direndam, ambil wadah kosong dan saring air beras ke dalam wadah. Pindahkan ke botol semprot dan air beras siap digunakan.

Cara menggunakan air beras pada rambut

Sebelum menggunakan air beras pada rambut, pastikan kamu sudah membersihkan rambut dengan sampo dan telah dibilas bersih. Setelah keramas, basahi rambut dengan air beras, mulai dari ujung rambut.

Tuang sisa air beras ke kulit kepala dan pijat ke akar hingga helaian rambut. Biarkan selama 20 sampai 30 menit, lalu bilas rambut dengan air dingin.

 

 

Bisakah membiarkan rambut setelah dibilas dengan air beras semalaman?

Menurut para pakar, membiarkan air beras pada rambut terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan. Kandungan protein dalam air beras bisa membuat rambut menjadi kering dan berproses berlebihan jika dibiarkan dalam waktu lama atau semalaman.

Berapa lama air beras bisa bertahan?

Air beras bisa disimpan hingga 24 jam pada suhu kamar dan antara 4 sampai 5 hari di lemari es. Jika air beras disimpan lebih lama, fermentasinya akan terdegradasi, menyebabkan kerusakan rambut.

Jenis rambut yang bisa dirawat dengan air beras

Air beras bekerja paling baik untuk rmabut alami yang tidak diproses dengan bahan kimia. Jumlah protein dalam air beras bisa merusak rambut yang diproses secara kimia, jika digunakan secara berlebihan.

Air beras juga sangat bagus untuk rambut rusak dan tipis. Penelitian telah menemukan bahwa inositol yang ditemukan dalam air beras membantu folikel rambut untuk menghasilkan rambut baru.

Inositol juga membantu menurunkan kadar DHT. Seseorang yang menderita alopecia bisa memperoleh manfaat dari inositol karena bisa memoderasi kadar DHT yang berlebihan yang ditemukan di alopecia, dan bisa membantu pertumbuhan rambut, meningkatkan elastisitas, serta membantu menyembuhkan rambut yang rusak.

Efek samping menggunakan air beras pada rambut

Efek samping setelah menggunakan air beras pada rambut jarang terjadi, tapi bisa terjadi. Efek samping yang paling umum adalah pengeringan dan pengelupasan, yang keduanya biasanya berasal dari penggunaan yang berlebihan, jadi perhatikan waktu dan jangan biarkan air beras pada rambut terlalu lama.

Apa perlu menggunakan kondisioner setelah membilas air beras?

Jika kamu menggunakan air beras sebagai masker rambut dan membiarkannya di rambut selama lebih dari 10 menit, kondisioner diperlukan. Karena air beras sangat terkonsentrasi pada pati, terlalu banyak air beras bisa mengeringkan rambut, tidak memastikan nutrisi yang tepat.

Seberapa sering harus melakukan perawatan rambut dengan air beras?

Jika kamu mencoba air beras untuk pertama kalinya, lakukan sekali atau dua kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal. Setelah beberapa saat, sesuaikan, mungkin sebulan sekali, terutama jika kamu juga merawat rambut dengan jenis perawatan lainnya.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading