Sukses

Beauty

Serba Serbi Kulit Purging dan Bedanya dengan Breakout

Fimela.com, Jakarta Purging sangat terkait dengan perawatan kulit. Purginng adalah reaksi yang muncul pada kulit karena kamu baru saja menggunakan produk skincare dengan kandungan baru.

Walaupun kemunculannya seperti breakout, namun kulit purging bukan breakout, sehingga cara mengatasinya juga tidak boleh disamakan. Purging dan breakout memang terlihat mirip, tapi ada beberapa indikator yang membedakan keduanya, terutama konteks dan waktunya.

Dilansir dari instyle.com, purging terjadi dengan dimulainya perawatan kulit dengan produk skincare atau kandungan baru, umumnya retinoid topikal atau oral. Jika kamu memiliki jerawat, biasanya kamu tahu di mana dan kapan jerawat itu muncul.

 

 

Kulit purging VS breakout

Jadi, jika kamu secara teratur berjerawat di area rahang, tapi sudah mulai menggunakan produk skincare baru di dahi dan melihat reaksi di sana, kemungkinan kulit sedang purging dan bukan jerawat biasa. Pikirkan lokasinya, pola, dan berapa lama purging terjadi bisa memberi informasi.

Jika itu bukan retinol atau sesuatu yang eksfoliatif, maka itu bukan purging. Purging biasanya akan terjadi jika kamu baru pertama kali menggunakan produk skincare dengan bahan-bahan, seperti retinoid, asam hidroksi, benzoil peroksida, dan pengelupasan kimia lainnya.

Tubuh membutuhkan waktu untuk memproduksi sel-sel kulit baru dan melepaskan sel-sel mati, bahan-bahan seperti retinol dan tretinoin telah terbukti mempercepat proses ini dan terkadang menyebabkan purging. Bahan-bahan tersebut mempercepat proses pengelupasan kulit, walaupun kulit memiliki siklus alami, pengelupasan mempercepat siklusnya, mendorong kemacetan, dan menciptakan peradangan sementara.

Cara mengatasi purging, berbeda dengan breakout

Saat kulit sedang purging, lanjutan perawatan yang digunakan. Namun, jika purging terjadi secara agresif, kurangi frekuensinya, tapi tetap lanjutkan.

Gunakan produk skincare yang lembut di kulit dan bersabarlah terhadap proses dan hasilnya. Sedangkan jika kulit breakout, gunakan patch hidrokoloid yang sangat bagus untuk menyedot kotoran dan jerawat.

Untuk jerawat yang lebih besar dan menyakitkan, datanglah ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Sulit mengetahui apakah produk skincare dengan kandungan yang akan membuat kulit purging, tapi jika kamu rentan, mulailah secara perlahan.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading