Sukses

Beauty

Tips Mengatasi Berbagai Masalah Kulit dengan Sulfur

Fimela.com, Jakarta Sulfur atau belerang memiliki segudang manfaat untuk perawatan kulit dan tubuh. Namun, masih banyak orang yang masih belum mengetahui hal ini. Pada sejarahnya, belerang dikenal untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti dermatitis, ketombe, hingga rosacea. Bahkan hingga saat ini sulfur juga masih digunakan dalam produk perawatan kulit.

Dilansir merdeka.com, sulfur merupakan mineral paling umum ketiga yang ditemukan di dalam tubuh dan sangat penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulai dari mendukung organ hati, berfungsi dalam kekebalan dan berkontribusi pada kesehatan sendi serta jantung.

Tentu Sahabat Fimela menyimpan berbagai pertanyaan, seperti apa saja manfaat sulfur bagi tubuh dan kulit wajah? Apakah bisa menyembuhkan masalah kulit dengan sulfur? Tak perlu khawatir, berikut Fimela ulas penjelasan terkait sulfur dari berbagai sumber, Jumat (24/12).

Manfaat Sulfur Menurut Para Ahli

Pengobatan masalah kulit seperti jerawat ataupun yang lainnya bisa dibantu dengan sulfur. Inilah beberapa manfaat sulfur menurut para ahli disadur dari Byride.

Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Salah satu manfaat utama dari sulfur menurut dokter kulit di Smarter Skin Dermatology Sejal Shah, MD, ialah mampu mengurangi sebum atau minyak pada kulit. Ketika sulfur dioleskan pada noda bekas jerawat, maka ia berfungsi untuk mengeringkan kulit sehingga terkelupas.

Melawan Bakteri

Dokter kulit di Cheung Aesthetics and Wellness Jessie Cheung, MD menjelaskan bahwa belerang memiliki sifat antibakteri. Dengan demikian, sulfur menjadi favorit para dokter kulit karena diketahui mampu membunuh bakteri, jamur dan berbagai parasit.

Eksfoliasi

Sulfur bekerja untuk mengelupas kulit mati dan menghilangkan kotoran. Shah mengatakan belerang juga memiliki efek keratolitik, di mana bisa melembutkan dan mengencerkan epidermis yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati serta mencegah pori-pori tersumber.

Mengobati Kondisi Kulit Sensitif

Cheung mengungkap, sulfur bersifat anti-inflamasi dan membantu melembutkan dan mengelupas kulit mati yang cukup tebal. Maka tak heran jika sulfur sering digunakan untuk mengobati jerawat, psoriasis dan dermatitis seboroik atau ketombe. Bahkan seperti yang telah disebutkan, sulfur juga dikenal untuk mengobati rosacea maupun eksim.

Sulfur Bisa Jadi Tips untuk Mengobati Jerawat Ringan hingga Sedang

Sulfur bekerja paling baik untuk jerawat ringan atau sedang dan tidak efektif pada masalah jerawat yang parah. Dilansir verywellhealth, namun sulfur juga baik untuk jerawat inflamasi serta komedonal. Maka, sulfur mampu memperbaiki kulit jika dengan kondisi jerawat merah, komedo atau kombinasi keduanya.

Umumnya, sulfur ditemukan di berbagai produk perawatan kulit termasuk sabun, pembersih, lotion dan masker. Perawatan menggunakan sulfur dikatakan baik karena mengandung resorsinol atau sodium sulfacetamide. Bahan-bahan tersebut memberikan sifat anti-inflamasi dan pelembap tambahan serta membuat perawatan lebih efektif.

Selain dapat digunakan sendiri, sulfur juga bisa dipakai bersama dengan perawatan jerawat lainnya. Dengan begitu, ini bisa membantu jerawat hilang lebih cepat.

Cobalah untuk gunakan pembersih yang mengandung sulfur di pagi hari dan lotion benzoil peroksida di malam hari. Sementara ketika menemui dokter kulit, mungkin ia akan meresepkan retinoid topikal bersama dengan obat berbasis sulfur.

Efek Samping

Dari berbagai manfaat, sulfur juga memiliki efek samping seperti pengeringan, pengelupasan, kemerahan dan gatal-gatal ringan. Umumnya, hal tersebut akan terjadi setelah pertama kali memulai perawatan. Jika kulitmu cenderung sensitif, mulai secara perlahan dan menggunakan dosis yang disarankan.

Beberapa produk masih memiliki bau belerang yang unik dan khas. Terutama untuk produk berbasis alami atau yang dibuat untuk jenis kulit sensitif, sebab bahan pewangi yang dapat menutupi aroma belerang tidak akan ditambahkan.

Manfaat sulfur untuk tubuh dan perawatan kulit ini bisa digunakan oleh Sahabat Fimela untuk menyembuhkan berbagai masalah. Namun, jika merasa tidak cocok dan baunya sangat berbahaya, beralih ke produk lain ya!

 

*Penulis: Atika Riyanda Roosni.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading