Sukses

Beauty

Mengenal Manfaat Kunyit dalam Perawatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Kunyit adalah tanaman rempah-rempat yang telah dicintai dan populer digunakan selama berabad-abad. Rempah-rempah ini kaya akan antioksidan dan antibakteri, yang diklaim bisa membalikkan kerusakan akibat sinar UV pada kulit dan membersihkan jerawat.

Dalam pengobatan Timur, kunyit dikenal karena sifat penyembuhannya yang kaya akan antimikroba dan antioksidan, yang keduanya bisa sangat bermanfaat saat mengatasi banyak masalah kulit yang umum. Selain itu, kunyit juga mengandung senyawa aktif kurkumin.

Kurkumin begitu menarik perhatian karena diidentifikasi sebagai cara baru yang murah dan efektif untuk mengatasi kondisi kulit meradang. Kurkumin kaya akan antioksidan dan komponen anti inflamasi, telah terbukti membantu dalam mengatasi berbagai kondisi kulit, seperti eksim, psoriasis, dan vitiligo, seperti dilansir dari huffpost.com.

 

 

Manfaat kunyit untuk kulit

Kurkumin juga merupakan agen pencerah kulit untuk mengatasi perubahan warna tidak merata. Sifat penyembuhan yang dimiliki oleh kunyit meluas ke penyembuhan luka, termasuk jerawat parah, jaringan parut hipertrofik, dan kondisi proinflamasi seperti rosacea.

Manfaat kecantikan yang paling populer dari kunyit adalah membantu menjaga kulit tampak lebih muda. Pada sebuah studi di tahun 2019 tentang efek kunyit pada kesehatan kulit, yang meneliti kondisi seperti jerawat, alopecia, dermatitis atopik, psoriasis, dan vitiligo menemukan bukti awal bahwa kunyit bisa memberi manfaat terapeutik pada kesehatan kulit saat tertelan atau diaplikasikan secara topikal.

Sayangnya, para dokter kulit masih skeptis dengan klaim ini. Walaupun temuan ini menarik, penting untuk dicatat bahwa penelitian tersebut sebagian besar dilakukan di laboratorium dengan model hewan, sedangkan penelitian yang dilakukan pada manusia masih sangat kurang.

Manfaat kunyit untuk kulit

Para ahli juga menyatakan bahwa kunyit sebagai agen perawatan kulit sama efektifnya jika dikonsumsi secara topikal. Kamu bisa menambahkan kunyit pada beberapa resep favoritmu, seperti smoothie, sup, es krim, latte, atau hidangan kari.

Kamu juga bisa mencoba membuat masker wajah sendiri dengan menggabungkan kunyit dengan yogurt dan cuka putih. Sudah pernah mencoba menggunakan kunyit sebagai perawatan kulit?

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading