Sukses

Beauty

Tren Penggunaan Bahan Skincare untuk Rambut

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin sudah familiar dengan manfaat asam hialuronat, vitamin C, dan asam salisilat untuk kulit, tapi bagaimana jika semua bahan-bahan di atas digunakan untuk rambut? Baru-baru ini adalah tren penggunaan skincare untuk rambut, seperti sampo dan kondisioner, seperti dilansir dari instyle.com.

Manfaat asam hialuronat untuk rambut

Asam hialuronat adalah humektan yang berfungsi untuk mempertahankan kelembapan. Saat digunakan secara topikal pada kulit, asam ini akan menghidrasi dan membuat kulit terlihat lebih kenyal.

Sedangkan saat digunakan dalam produk perawatan rambut, asam hialuronat memiliki fungsi yang sama. Asam hialuronat adalah magnet air, yang bisa membantu menjaga kulit kepala tetap terhidrasi.

Asam hialuronat juga bisa membantu mengurangi iritasi kulit kepala, dehidrasi atau kekeringan, yang bisa menyebabkan rambut kusut dan tampak kusam. Selain itu, asam hialuronat juga bisa membantu meningkatkan volume rambut di dekat kulit kepala dan membuat batang rambut lebih montok dan tampak lebih tebal.

 

 

Manfaat ceramide untuk rambut

Bahan populer lainnya untuk kulit dan rambut adalah ceramide. Ceramide adalah lipid lilin yang dalam perawatan kulit bekerja sebagai oklusif untuk menyegel kelembapan ke dalam kulit.

Untuk rambut, ceramide menyegel batang rabut, mengunci kelembapan, dan melindunginya dari kerusakan eksternal. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa ceramide dalam perawatan kulit kepala dapat membantu menginduksi pertumbuhan rambut.

Manfaat vitamin C untuk rambut

Vitamin C adalah bahan skincare pencerah yang membantu memudarkan bintik hitam dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Sedangkan untuk rambut, manfaatnya terutama pada kemampuan untuk melindungi dari faktor lingkungan.

Antioksidan ini membantu melindungi kulit kepala dari kerusakan akibat ultraviolet dan radikal bebas. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Manfaat niacinamide untuk rambut

Niacinamide adalah bagian dari vitamin B kompleks dan digunakan dalam produk perawatan kulit sebagai agen penenang untuk membantu mengatasi peradangan dan kemerahan. Niacinamide muncul dalam produk sampo karena efeknya serupa pada kulit kepala untuk mengatasi kulit kepala yang sensitif dan teriritasi.

Manfaat asam alfa dan beta hidroksi untuk rambut

Menggunakan asam pada rambut mungkin tampak menakutkan, tapi sebenarnya bisa membantu membuat rambut dan kulit kepala lebih sehat. Asam pengelupasan yang harus diwaspadai adalah asam salisilat dan asam alfa hidroksi, seperti asam sitrat.

Pada kulit, asam sitrat bisa berfungsi sebagai exfoliant untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan memperlihatkan kulit yang lebih sehat. Sedangkan untuk rambut, ini bisa membantu menghilangkan penumpukan dan kotoran yang membuat rambut tampak lebih berkilau.

Sebagai asam, ini juga dapat membantu menurunkan pH produk agar lebih sesuai dengan pH kulit dan rambut yang sedikit asam, serta melindungi dari kerusakan. Sama halnya dengan asam pengelupasan yang mencegah folikel rambut tersumbat, asam salisilat juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi kulit kepala minyak berlebih, dan peradangan.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading