Sukses

Beauty

5 Tips Merawat Kulit Berminyak dan Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Menghadapi kulit berjerawat telah menjadi permasalahan yang sering ditemukan oleh sebagian orang. Dalam menghadapi kulit yang iritasi akibat jerawat, sangat diwajibkan untuk menjaga kebersihan dari kulit wajah. 

Memiliki kulit berminyak juga harus dirawat dengan hati-hati. Di satu sisi kulit kita memerlukan kelembapan yang cukup, namun pemilik kulit berminyak juga harus menjaganya untuk tidak menyimpan kelembapan yang berlebih pada wajah

Kita tahu betapa sulitnya merawat dan menyeimbangkan jenis kulit berminyak. Tantangannya bahkan lebih besar bagi mereka yang menderita jerawat biasa. Meskipun kami tidak dapat menghilangkannya dalam semalam, ada cara untuk mengurangi penampilannya dan membuat kulit menjadi kurang reaktif dengan cara yang ringkas dan efektif. Simak tips berikut

1. Bersihkan wajah dua kali sehari

Bersihkan wajah dua kali sehari di pagi dan malam hari, menggunakan pembersih wajah ringan yang larut dalam air untuk menghilangkan minyak berlebih dan menghindari penumpukan di pori-pori. 

Seperti disebutkan di atas, hindari bahan yang memperparah seperti scrub dan alat pembersih yang keras. Ingat, sensasi kesemutan tidak sama dengan kulit yang lebih bersih, itu tanda iritasi yang tidak baik untuk semua jenis kulit. 

2. Gunakan toner eksfoliasi 

Ini adalah salah satu langkah terpenting dari rutinitas ini, gunakan toner eksfoliasi yang bebas alkohol dan diformulasikan dengan baik akan mengisi kembali kulit dengan antioksidan dan bahan-bahan yang menenangkan, serta meminimalkan munculnya pori-pori yang membesar dan menghilangkan sisa riasan atau kotoran yang mungkin dapat menyumbat pori-pori. 

Gunakan toner eksfoliasi yang mengandung BHA seperti asam salisilat sangat cocok untuk jenis kulit berminyak karena larut dalam minyak dan dapat masuk jauh ke dalam pori-pori, membukanya dari akar dan mencegah timbulnya komedo hitam dan putih.

3. Gunakan pelembab wajah

Kulit berminyak tetap perlu terhidrasi dengan baik agar dermis tetap berfungsi dan terlihat sehat. Tingkat hidrasi yang tepat pada kulit sangat penting untuk membuatnya tetap berfungsi dan beregenerasi dengan baik. 

Saat memilih pelembap, fokuslah pada formulasi berbahan dasar air yang ringan dan bebas minyak, yang akan secara efektif menghidrasi kulit Anda tanpa menyumbat pori-pori atau meninggalkan rasa berat dan berminyak.

4. Gunakan tabir surya

Saat ini banyak sekali formulasi tabir surya yang canggih dan bebas minyak serta tidak menyebabkan komedo. Pilihlah produk dalam bentuk lotion yang mengandung bahan aktif zinc oxide dan atau titanium dioxide yang terbukti dapat mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, perlindungan matahari yang tepat membantu mencegah pigmentasi yang menakutkan.

5. Gunakan perawatan dan serum khusus

Untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat, gunakan serum yang mengandung benzil peroksida untuk membantu mengatur produksi minyak di siang hari sambil mengurangi kemerahan dan peradangan; dan serum retinol untuk menjaga kulit tetap bersih dan segar di malam hari. 

Bahan hebat lainnya yang dapat Anda sertakan dalam resimen Anda adalah antioksidan kuat niacinamide yang membantu menyamarkan pori-pori yang membesar, sekaligus menenangkan dan menenangkan kulit serta memberikan manfaat anti-penuaan.

 

*Penulis: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf.

#Women For Women

What's On Fimela
Loading