Sukses

Beauty

7 Penyebab Rambut Berhenti Tumbuh yang Perlu Diketahui, Efek Stres hingga Genetika

Fimela.com, Jakarta Semua perempuan umumnya mendambakan rambut sehat yang tumbuh dengan lebat. Rambut yang sehat tidak hanya indah dipandang, namun juga membuat pemiliknya menjadi lebih percaya diri dan nyaman. 

Sayangnya, beberapa permasalahan rambut kerap terjadi, contohnya seperti rambut yang tidak lagi tumbuh. Tentu saja ini akan jadi masalah untuk kamu yang sedang menunggu rambut untuk tumbuh dan memanjang

Dilansir dari Liputan6.com, rambut pada keadaan normal biasanya akan tumbuh minimal setengah inci setiap bulan. Tapi hal itu tidak akan terjadi jika rambut rusak karena mengalami masalah kesehatan atau reaksi kimia.

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan merangkum 7 penyebab rambut berhenti tumbuh yang perlu diketahui. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Adanya Kerusakan Rambut dan Kulit Kepala yang Tidak Sehat

1. Kerusakan Rambut

Penyebab rambut berhenti tumbuh yang pertama ialah karena adanya kerusakan pada rambut. Perlu diketahui, rambut akan berhenti tumbuh saat mencapai panjang tertentu.

Pemutihan atau dikenal dengan istilah bleaching, mandi dan menggosok rambut adalah beberapa penyebab rambut menjadi rapuh dan menjadi kering hingga kemudian menyebabkan rambut menjadi rusak.

2. Kulit Kepala Tidak Sehat

Penyebab rambut berhenti tumbuh yang kedua ialah minyak dan produk perawatan rambut yang terlalu berat. Alih-alih merawat rambut, minyak dan produk perawatan rambut yang berat justru menyebabkan pori-pori kulit kepala menjadi tersumbat.

Hasil akhirnya, rambut yang tumbuh pun akan menjadi kerdil. Pemicunya, proses pernapasan kulit kepala tidak berlangsung dengan baik.

 

Faktor Usia dan Efek Stres

3. Faktor Usia

Penyebab rambut berhenti tumbuh yang ketiga ialah faktor usia. Semakin tua umur seseorang, kondisi rambut cenderung menjadi lemah. Membuat rambut terlihat lebih pendek dan tipis.

Ditambah dengan produksi minyak di kulit kepala yang juga mulai melambat. Sehingga kondisi rambut menjadi kurang terhidrasi dan berubah menjadi lebih kasar.

4. Efek Stres

Tekanan emosional juga dapat mengakibatkan rambut menjadi rontok dan mengalami penurunan kualitas.

Manjakan diri dengan melakukan pijat kepala dan masker rambut. Hal ini juga akan membuat penampilan fisik menjadi tampak lebih muda.

Kebiasaan Styling Rambut hingga Genetika

5. Kebiasaan Styling Rambut

Penyebab rambut berhenti tumbuh berikutnya adalah kebiasaan styling rambut. Menggunakan alat-alat styling rambut memicu kerusakan rambut. Hal ini karena panas yang dihasilkan alat-alat tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi terbelah dan kering.

Suhu tinggi yang digunakan untuk membuat gaya rambut dapat merusak kutikula batang rambut sehingga mengurangi pertumbuhan rambut. Gunakan pelembab rambut berupa serum untuk mencegah kerusakan rambut.

6. Pengaruh Obat

Selanjutnya, beberapa obat juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Jika hal ini terjadi, maka onsultasikan dengan dokter mengenai obat-obatan yang kamu konsumsi dalam jangka waktu panjang.

7. Genetika

Terakhir, penyabab rambut berhenti tumbuh adalah karena faktor genetika. Pertumbuhan rambut seseorang akan dipengaruhi oleh genetika. Sehingga bukan saja dipengaruhi oleh batas waktu tertentu. Gen bawaan dari saudara dan orang tua akan mempengaruhi batas waktu pertumbuhan rambut. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading