Sukses

Food

5 Makanan Penyebab Rambut Rontok yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Tak hanya disebabkan karena faktor lingkungan saja, ternyata rambut rontok juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan yang tidak bergizi. Rambut juga membutuhkan nutrisi dari makanan, untuk membuat rambut lebih kuat dan terlihat indah.

Setiap orang pasti menginginkan rambut yang sehat dan tidak mudah rontok. Karena rambut rontok bisa menyebabkan kebotakan dini, dan mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang.

Untuk mengatasi rambut rontok, sebaiknya hindari makanan-makanan penyebab rambut rontok, seperti makanan berikut ini, yang dilansir dari Merdeka.com:

Makanan Penyebab Rambut Rontok

1. Makanan Manis

Makanan penyebab rambut rontok yang pertama, yaitu makanan manis yang mengandung gula tambahan. Jika mengonsumsi banyak makanan manis, maka tubuh akan mengalami obesites dan terkena diabetes, yang berpengaruh terhadap kesuburan rambut dan berisiko mengalami kerontokan.

2. Soda Diet

Soda diet adalah minuman berkarbonasi yang rendah gula. Walaupun soda diet mengandung gula yang rendah, tetapi soda diet juga bisa menyebabkan rambut rontok. Soda diet ini bisa merusak folikel rambut, sehingga rambut tidak kuat dan mudah mengalami kerontokan.

3. Junk Food

Junk food adalah makanan berlemak yang sebaiknya dihindari. Junk food memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain menyebabkan rambut rontok, junk food juga bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke, obesitas dan masalah kulit.

4. Putih Telur Mentah

Walaupun putih telur memiliki banyak manfaat untuk tubuh, rambut dan kulit. Tetapi kalau kamu mengonsumsi putih telur mentah, akan menyebabkan risiko rambut rontok hingga kebotakan. Karena putih telur mentah ini membuat tubuh kekurangan biotin dan vitamin yang bisa meningkatkan produksi keratin pada rambut.

5. Ikan Laut

Makanan penyebab rambut rontok yang terakhir adalah ikan laut. Ikan laut memiliki kandungan tinggi merkuri yang bisa membuat rambut mudah rontok. Di dalam ikan laut bisa terdapat merkuri, karena faktor perubahan iklim, penangkapan ikan berlebih, dan pencemaran air laut.

Penyebab Rambut Rontok yang Lainnya

1. Faktor Keturunan

Selain disebabkan karena makanan yang kurang bergizi, rambut rontok juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Hal ini bisa menyebabkan seseorang mengalami kebotakan dini sejak usia muda, dan memiliki tekstur rambut yang tipis.

2. Stres

Ketika banyak pikiran atau stres, seseorang akan mengalami kerontokan rambut yang lebih banyak daripada biasanya. Saat mengalami stres, pertumbuhan rambut akan lebih terhambat walaupun hanya sementara saja. Kondisi ini juga sering disebut dengan telogen effluvium.

3. Perubahan Hormon

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena faktor perubahan hormon, yang sering dialami para perempuan di masa haid, kehamilan, menyusui dan menopause. Kondisi ini sangat normal terjadi, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat mengalami kerontokan.

4. Efek Samping Obat-Obatan

Saat kamu mengonsumsi obat-obatan, bisa saja rambut akan mengalami kerontokan yang parah. Apalagi jika kamu mengonsumsi obat untuk kanker, Depresi, masalah jantung, dan tekanan darah tinggi. Bahkan terlalu banyak vitamin A di dalam tubuh, juga bisa menyebabkan kerontokan rambut.

5. Memiliki Riwayat Penyakit

Penyebab kerontokan rambut yang terakhir adalah karena memiliki riwayat penyakit, terutama yang menyerang area kulit kepala, seperti folikulitis, tinea capitis, psoriasis kulit kepala, dan hipotiroidisme. Kondisi penyakit ini bisa mengganggu pertumbuhan rambut, karena saat mengalami penyakit ini akan terjadi peradangan di dalam tubuh.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Penyebab Jerawat di Miss V yang Bikin Nggak Nyaman
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Gatal di Sela Jari Tangan yang Sering Terjadi