Sukses

Beauty

7 Penyebab Kulit Kaki Mengelupas dan Rekomendasi Krim untuk Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kaki adalah bagian tubuh yang harus dirawat kesehatannya, agar kulit terlihat lebih sehat, indah dan lembut. Karena kulit di area kaki juga bisa mengering, mengelupas, pecah-pecah dan muncul bau tidak sedap di telapak kaki. Jika kulit kaki mengelupas, maka menyebabkan rasa tidak nyaman saat berjalan kaki.

Masalah kulit kaki mengelupas sering dialami perempuan, dan menyebabkan rasa kepercayaan diri menurun. Hal ini sering kali disebabkan karena menggunakan sepatu yang terlalu tinggi. Kulit kaki yang mengelupas ini juga bisa disebabkan karena kurang melakukan perawatan di bagian telapak kaki.

Jika Sahabat Fimela memiliki masalah kulit kaki mengelupas, sebaiknya gunakan krim khusus untuk merawat telapak kaki. Jangan lupa untuk menghindari penyebab kaki mengelupas. Berikut beberapa penyebab kulit kaki mengelupas, dan rekomendasi krim untuk mengatasinya:

Penyebab Kulit Kaki Mengelupas

1. Tubuh Dehidrasi

Penyebab kulit kaki mengelupas yang pertama, yaitu karena tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Saat tubuh dehidrasi, maka kelembapan pada kulit akan menurun yang disebabkan karena kekurangan produksi minyak alami dan kolagen. Untuk itu, konsumsilah air putih sebanyak 2 liter sehari untuk mencegah kulit kaki mengelupas.

2. Perubahan Suhu Ekstrem

Saat mengalami perubahan suhu ekstrem, maka kulit kaki bisa mengalami mengelupas, kering dan pecah-pecah. Jika kondisi cuaca sangat dingin, suhu udara akan sangat rendah tetapi suhu tubuh hangat. Sedangkan dicuaca yang panas, kondisi sepatu dan tubuh akan ikut memanas, sehingga kulit kaki akan mudah mengelupas.

3. Terlalu Sering Berdiri

Kebiasaan terlalu sering berdiri bisa menyebabkan kulit kaki mengelupas. Karena sering berdiri bisa memberikan tekanan berlebih pada kaki. Apalagi jika kondisi lantai kasar dan keras, tumit kaki akan lebih mudah kasar dan mengelupas. Sebaiknya istirahatkan kakimu dan kurangi memberi tekanan berlebih pada kaki.

Penyebab Kulit Kaki Mengelupas

4. Sering Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Penggunaan sepatu hak tinggi bisa mempengaruhi kondisi kulit kaki, dan menyebabkan kulit kaki mengelupas. Hal ini disebabkan karena bagian kaki akan mendapatkan tekanan penuh dari tubuh saat menggunakan hak tinggi, sehingga telapak kaki yang tertekan akan mengelupas. Bahkan pemakaian sepatu hak tinggi yang terlalu lama, bisa menyebabkan kaki terasa pegal dan susah berjalan.

5. Ukuran Sepatu Sempit

Selain menggunakan sepatu hak tinggi, penggunaan sepatu yang terlalu sempit juga bsia menyebabkan kulit kaki mengelupas. Apalagi jika bagian belakang sepatu terbuka, dan ada bagian tumit yang tidak terkena sepatu, maka telapak kaki akan mengeras, menebal dan jaringan lemak menumpuk, kemudian berubah menjadi mengelupas. Sebaiknya gunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki.

6. Memiliki Kondisi Medis Tertentu

Kulit kaki yang mengelupas juga bisa disebabkan karena memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes, hipotiroidisme dan malnutrisi. Penyakit ini bisa membuat kulit sangat kering dan kekurangan cairan, sehingga tumit kaki bisa terkena dampak dan lama kelamaan kulit akan mengalami pengelupasan.

7. Psoriasis

Psoriasis adalah penyebab kulit kaki mengelupas yang terakhir. Psoriasis merupakan peradangan pada kulit, yang menyebabkan munculnya ruam di kulit, kulit menjadi kering, bersisik dan mudah mengelupas. Penyakit ini terjadi karena seseorang mengalami autoimun yang menyerang sel tubuh.

Rekomendasi Krim Kaki

1. Bali Alus Foot Massage

Krim kaki yang pertama adalah Bali Alus Foot Massage. Krim kaki ini memiliki kandungan ekstrak lidah buaya, habbatussauda dan mineral bath salt, yang bisa melembapkan telapak kaki dan menghilangkan bau kaki. Sehingga produk ini dapat bekerja memperbaiki kulit kaki yang mengelupas.

2. L'OCCITANE en Provence Shea Butter Foot Cream

Produk dari L'OCCITANE en Provence Shea Butter Foot Cream, mengandung shea butter, vitamin E, apricot oil extracts dan minyak alami yang lainnya, yang bisa mencegah iritasi pada telapak kaki dan mengembalikan kelembapan kulit. Krim ini memiliki fungsi untuk mengeksfoliasi kulit kaki. Sehingga bisa membantu meregenerasi kulit dan mencegah kulit kaki mengelupas.

3. Kanna Foot Cream

Kanna Foot Cream adalah produk krim kaki yang banyak dijual di pasaran dengan harga ekonomis. Krim kaki ini sangat aman untuk digunakan, karena memiliki kandungan protein kacang kedelai. Untuk mengatasi kulit kaki mengelupas, gunakan krim kaki ini.

4. Innisfree Perfect Fresh Foot Spray

Produk Innisfree Perfect Fresh Foot Spray juga bisa membantu mengatasi kulit kaki mengelupas. Selain itu, produk ini bisa membuat bau kaki hilang dan memberikan efek dingin di kaki. Karena produk ini mengandung centella asiatica, peppermint leaf extract dan citrus herbal.

5. Guardian Foot Spray

Rekomendasi krim kaki untuk mengatasi kulit mengelupas adalah Guardian Foot Spray. Kandungan ekstrak daun teh dan mint bisa membuat kaki lebih sejuk, bahkan bisa melembapkan kaki yang kering. Karena bentuknya spray, maka produk ini sangat mudah untuk digunakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading