Sukses

Health

5 Penyebab Kaki Linu dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Rasa sakit atau tidak nyaman juga dapat terjadi di bagian kaki. Hal ini biasanya akan membuat kamu merasakan linu atau nyeri tumpul sehingga sensasi tersebut akan lebih intens.

Selain itu nyeri kaki akan terjadi karena penggunaan yang berlebihan atau cidera ringan. Namun kaki linu biasanya akan hilan dalam waktu singkat dan dapat dikurangi dengan pengobatan yang mudah.

Akan tetapi dalam beberapa kasus, kondisi medis juga dapat menyebabkan rasa sakit. Selain itu mendapatkan diagnosis dan perawatan yang cepat untuk mengetahui penyebabnya dapat mencegah rasa sakit berkelanjutan. Untuk itu kamu perlu mencari tahu apa saja penyebab kaki linu:

1. Kram Kaki

Penyebab utama kaki linu adalah kram otot atu kejang yang biasanya dikenal sebagai “kuda charley”. Kram ini biasanya akan memicu rasa sakit yang tiba-tiba dan tajam saat otot-otot kaki berkontraksi.

Otot-otot yang mengencang biasanya akan membentuk benjolan keras yang terlihat di bawah kulit. Seperti aka nada kemerahan dan pembengkakan di daerah sekitarnya.

2. Ketidakseimbangan Elektrolit

Elektrolit merupakan mineral seperti natrium, kallium, dan kalsium yang dapat membantu otot kamu bekerja sebagaimana semestinya. Biasanya kamu akan kehilangan sebagian melalui keringat saat berolahraga dan kehilangan terlalu banyak jika kamu merasakn kram atau lemah dan mati rasa. Hal ini juga dapat terjadi jika kamu melakukan beberapa perawatan medis, seperti kemoterapi.

3. Otot Tertarik

Otot tertarik akan terjadi saat otot kamu meregang. Hal ini biasanya akan terjadi saat kamu melakukan olahraga seperti lompat jauh. Biasanya akan mengalami sakit yang intens dan pada area tersebut akan terasa lembut saat disentuh. Kamu dapat melakukan beberapa perawatan seperti mengompres menggunakan air es selama 20 menit.

4. Keseleo

Cidera akan terjadi ketika jaringan yang menghubungkan tulang ke tulang, biasanya akan disebut sebagai ligament, meregang atau robek. Selain itu pergelenagan kaki juga akan terkilir. Area yang terluka akan membengkak dan sakit, namun kamu dapat mencoba beberapa perawatan untuk mencegah rasa sakit yang berkelanjutan.

5. Kram Otot

Hal ini dapat terjadi saat otot, biasanya pada bagian betis kamu menjadi kencang. Selain itu hal ini biasanya akan menimbulkan rasa sakit yang tajam dan merasakan gumpalan otot keras di bawah kulit kamu. Kram akan terjadi saat bertambahnya usia dan kamu mugkin akan cenderung mengalaminya jika berada di luar ruangan panas dan tidak cukup air.

Cara Mengatasi Kaki Linu

  • Istirahat yang cukup : Jika kamu merasakan sakit yang cukup parah ada baiknya untuk beristirahat. Jangan melakukan aktivitas berat yang membuat kamu berjalan.
  • Peregangan dan Pijat : Untuk meredakan rasa linu di kaki kamu dapat melakukan peregangan atau memberikan pijatan lembut pada kaki, sehingga otot melemas dan rasa tidak nyaman mengurang.
  • Kompres Dingin : Selanjutnya kamu dapat mengompres dengan air dingin atau es batu, namun jangan langsung mengompres nya di kaki. Kamu dapat melapisinya dengan kain atau handuk.

Itulah beberapa penyebab kaki linu yang sering kamu alami. Sebelum kamu mengambil perawatannya ada baiknya jika kamu mengetahui apa penyebab kaki linu. Selain itu jika sakit tak kunjung usai kamu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui perawatannya.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Arti Mimpi Seputar Burung yang Dipercaya Mengandung Pesan Bermakna
Artikel Selanjutnya
7 Arti Mimpi Anjing Hitam yang Penuh Makna Mengejutkan