Sukses

Beauty

10 Penyebab Kulit Tangan Keriput di Usia Muda dan Cara Perawatannya

Fimela.com, Jakarta Penuaan adalah proses alami, ditambah lagi dengan seiring bertambahnya usia tubuh tentu akan mengalami banyak perubahan. Beberapa tanda penuaan yang akan kita alami dan sangat terlihat adalah pada bagian permukaan kulit, terutama pada bagian tangan.

Tentu kita akan bekerja keras untuk terlihat awet muda, entah merawat kulit, rambut, ataupyb badan. Tentunya kita kerap melakukan perawatan dengan mengoleskan krim anti penuaan dan melindungi wajah dengan tabir surya atau menggunakan topi saat keluar rumah.

Kita terlalu sering merawat bagian wajah dan terkadang lupa untuk merawat bagian tangan dengan menerapkan perawatan kulit yang memelihara ke tangan, akan membantu mereka menua dengan benar sambil mempertahankan kecantikan. Tapi pernahkah kamu mengalami kulit tangan keriput di usia muda? Berikut beberapa penjelasan dan penyebab kulit tangan keriput di usia muda :

1. Bintik-Bintik Penuaan

Bintik-bintik penuaan, juga disebut sebagai bintik matahari atau bintik-bintik hati yang terdiri dari bercak-bercak datar dan bulat pada kulit yang berwarna coklat hingga hitam. Tangan adalah tempat umum untuk munculnya bintik-bintik penuaan, serta wajah dan di dada. Meskipun bintik-bintik ini pasti muncuk terutama seiring bertambahnya usia, hal ini juga disebabkan oleh paparan sinar matahari.

2. Kulit yang Bersisik

Kulit yang bersisik biasanya dimiliki oleh seseorang dengan kondisi kulit kering, seseorang yang memiliki kulit kering rentan dengan keriput yang akan mereka dapatkan. Kelembabapan pada kulit tentu sangat dibutuhkah dan penting untuk kesehatan kulit.

Kulit kering dan bersisik sering terlihat seiring bertambahnya usia, tetapi hal ini tak dapat kamu hindari. Kurangnya air dan tidur dapat membuat kulit menjadi lebih kering, selain itu jika kamu memiliki kebiasaan merokok akan memperburuk kulit kering dengan menghilangkan kelembabpan alaminya. Sirkulasi yang buruk juga dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, hal ini mungkin disebabkan oleh:

  • Diet yang kurang mineral atau nutrisi tertentu.
  • Kurang tidur,
  • Kurang berolahraga, cuaca yang dingin dan kering tentu akan memperburuk kondisi tangan yang kering.

3. Kerutan di Kulit

Kerutan berkembang sebagai akibat dari hilangnya kolagen dalam tubuh. Serat berbasis protein ini akan lebih mudah kamu dapatkan saat usia muda, tetapi kemungkinan kamu akan kehilangan kolagen tersebut saat muda.

4. Vena yang Menonjol

Seiring bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih tipis secara alami. Hal ini tentu akan membuat pembuluh darah di bawah permukaan lebih terlihat, pembuluh darah yang menonjol di tangan tentu akan membuat titik tampak kurang awet muda.

5. Kuku Kuning

Kuku yang kamu miliki tentu menunjukkan tanda-tanda penuaan kulit dini karena kuku sebenarnya merupakan salah satu bagian dari kulit. Kuku terbuat dari keratin, yaitu serat protein yang tumbuh secara alami di bagian jari-jari yang kamu miliki. Sementara jamur kuku dapat mengubah warna kuku menjadi kuning, kasus kuku kuning lainnya mungkin terkait dengan stress, infeksi, atau kondisi medis lainnya yang mendasarinya.

 

6. Kuku Kering dan Rapuh

Kuku kering dan rapuh ternyata disebabkan oleh perubahan tingkat kelembapan. Selain itu kuku kering yang pecah berhubungan dengan kelembapan yang kamu miliki tidak cukup. Kuku lunak sendiri dapat disebabkan oleh banyaknya kelembabpan, selanjutnya kekeringan pada kuku dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, kekeringan pada kuku akan diperburuk oleh:

  • Kelembapan yang rendah.
  • Sering mencucui.
  • Panas kering.

Kuku yang lembut dan rapuh di sisi lain juga dapat disebabkan oleh paparan bahan kimia, seperti detergen atau penghapus cat kuku.

Cara Merawat Kulit Tangan Keriput

7. Melembabkan

Jangan biarkan tangan kamu kering, biasakan untuk menggunakan lotion secara teratur di siang hari dan setiap kali setelah kamu mencuci tangan.

8. Lindungi Kulit dan Kuku

Kenakan sarung tangan berlapis kapas saat berkebun atau saat membersihkan dengan sabuh atau bahan kimia yang keras. Gunakan sabun pH yang lembut untuk mencuci tangan.

9. Eksfoliasi

Saat kamu melakukan eksfoliasi pada tubuh atau wajah, jangan perlu melupakan lakukan hal ini di tanganmu. Gunakan loofah yang lembut atau campuran gula, lemon dan minyak alami untuk menghilangkan kulit mati dan sel-sel kulit mati.

10. menggunakan Tabir Surya

Penggunaan tabir surya tak hanya di wajah saja, biasakan memakai tabir surya setiap hari. Tabir surya spectrum luas dengan faktor perlindungan matahari dengan SPF 50 atau lebih tinggi yang akan membantu mencegah bintik-bintik penuaan serta kerutan. Melindungi tangan dengan sinar UV juga dapat mencegah tangan kamu terlihat kurus dan keriput seiring bertambahnya usia.

Melembabkan dan melindungi tangan merupakan salah satu kunci untuk menjaga telapak tangan serta bagian tangan kamu menjadi awet. Namun, jika kamu mengalami sisik tebal, ruam merah, atau vintik-bintik cokelat yang signifikan yang tak kunjung hilang ada baiknya untuk menemui dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading