Sukses

Beauty

4 Penyebab Bibir Mengelupas yang Jarang Disadari Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Bagi perempuan, bibir menjadi salah satu fitur yang memiliki daya tarik. Itu sebabnya, jika bibir kering dan mengelupas kerap dikeluhkan karena membuat perempuan kurang merasa percaya diri.

Sebagai bagian dari kulit, bibir juga kerap mengalami kondisi kering dan mengelupas. Bibir kering dan mengelupas kerap dikaitkan dengan masalah kesehatan, seperti dehidrasi, iritasi bibir, dan malnutrisi.

Penyebab dari bibir kering dan mengelupas bisa beragam. Bisa diakibatkan karena kurang minum air putih, perubahan temperatur, kondisi kesehatan yang menurun serta masih ada beberapa pemicu lainnya yang jarang disadari. 

Maka dari itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab bibir mengelupas yang jarang disadari beserta cara mengatasinya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

1. Kurang Minum

Penyebab pertama bibir mengelupas adalah karena kurang mengonsumsi air minum. Kurangnya cairan akan membuat permukaan bibir menjadi kering. Untuk itu, pastikan kamu telah meminum 8 gelas air sehari agar tubuh tidak kurang cairan.

2. Membasahi Bibir dengan Air Liur

Penyebab kedua bibir mengelupas adalah karena sering membasahi bibir dengan air liur. Pada saat bibir terasa kering, secara reflek kamu akan membasahinya dengan air liur. Sebenarnya cara ini justru memperparah kondisi bibir yang kering. Cobalah untuk menghentikan kebiasaan yang satu ini agar bibir kamu tidak semakin kering.

3. Kandungan Pelembab Bibir yang Tidak Cocok

Penggunaan pelembap bibir memang sering dijadikan altrenatif untuk mengatasi bibir kering sekaligus menjadi bagian dari perawatan bibir. Namun, tidak semua produk pelembap bibir cocok, lho! Beberapa kandungan yang ada dalam pelembap bibir bisa saja membuat permukaan bibir justru semakin mudah mengelupas.

Maa dari itu, sebaiknya kamu memperhatikan kandungan pelembap bibir yang kamu gunakan. Lip balm dengan kandungan SPF dan vitamin E sangat dianjurkan untuk kamu yang memang punya masalah bibir kering, pecah-pecah, dan mengelupas.  

4. Kebiasaan Mengelupas Bibir

Tanpa kita sadari, ada banyak kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sedihnya lagi, kebiasaan ini begitu buruk buat kecantikan maupun kesehatan kita. Salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan namun jarang sekali disadari adalah kebiasaan mengelupas bibir.

Mengelupas bibir sendiri terjadi ketika kita memiliki kulit bibir yang kering. Sementara itu, keringnya kulit bibir disebabkan oleh banyak hal mulai dari kurangnya asupan air putih, penggunaan lipstik yang tidak tepat, cuaca yang dingin namun kering dan masih banyak lagi.

Tips Mengatasi Bibir Mengelupas

1. Banyak Mengonsumsi Air

Cara pertama untuk mengatasi bibir kering dan mengelupas adalah banyak minum air putih. Dengan cara ini akan membantu bibir lembap dari dalam. Kekurangan cairan dalam tubuh dalam mengurangi kelembapan bibir sehingga menyebabkan bibir menjadi kering.

2. Jangan Menjilat Bibir

Melembapkan bibir dengan menjilatkan bukan solusi yang tepat. Menjilat bibir justru akan membuat bibir kering bukan melembapkannya. Kurangi kebiasaan menjilat bibir.

3. Menggunakan Lip Balm

Lip balm menjadi salah satu produk yang bisa membantu melembapkan bibir. Biasanya lip balm mengandung petroleum, beeswax atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembapan bibir. Lip balm juga dapat melindungi bibir dari sinar matahari, angin, dan udara angin dengan mengunci kelembapan bibir.

4. Menggunakan Madu Sebelum Tidur

Mengaplikasikan madu pada bibir kering menjadi cara alami yang dapat dilakuka. Aplikasikan madu sebelum tidur dan biarkan hingga pagi.

5. Melakukan Eksfoliasi

Sel kulit mati yang menumpuk di bibir menghambat hidrasi ke kulit bibir. Lakukan eksfoliasi dengan scrub bibir yang memiliki tekstur lebih lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Setelah itu, jangan lupa aplikasikan lip balm untuk mengembalikan kelembapan bibir.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading