Sukses

Beauty

Brush dan Sponge Kotor? Berikut Cara Mudah Membersihkan Alat Makeup

Fimela.com, Jakarta Makeup tools atau alat makeup merupakan alat yang digunakan untuk mengaplikasikan makeup ke kulit. Alat makeup dapat berupa macam-macam namun yang paling sering dan umum digunakan adalah makeup brush dan sponge atau beauty blender.

Selain berfungsi untuk mengaplikasikan makeup ke kulit, alat makeup juga berfungsi untuk meratakan makeup. Contohnya penggunaan foundation brush untuk mengaplikasikan dan meratakan foundation pada kulit. Kemudian jika dirasa foundation tersebut belum merata, maka dapat diratakan dengan sponge atau beauty blender untuk finish yang flawless.

Penggunaan alat makeup tentunya menyebabkan alat tersebut penuh dengan makeup itu sendiri. Seperti brush untuk mengaplikasikan eyeshadow yang tentunya mengandung eyeshadow, kemudian brush foundation yang penuh foundation dan sponge yang juga kotor. Oleh karena itu, perlu untuk membersihkan alat makeup secara berkala, agar hasil makeup lebih maksimal dan terhindar dari kotoran dan kuman.

Berikut adalah cara yang benar dalam membersihkan alat makeup sebelum siap kamu pakai.

Brush Makeup

Brush makeup biasanya mengandung berbagai sisa makeup baik dalam bentuk butiran halus, ataupun cair. Contohnya seperti brush foundation yang biasanya memiliki sisa foundation cair dan brush bedak dengan sisa bedak tabur ataupun padat. Selain memberikan hasil makeup yang tidak maksimal, brush kotor juga menyimpan kotoran dan kuman yang jika menempel di kulit dan bercampur dengan makeup, kulit dapat menjadi berjerawat dan gatal. Oleh karena itu, jangan malas untuk membersihkan brush secara berkala.

Cara membersihkannya sangat mudah, siapkan air hangat kemudian campur air hangat dengan shampoo dan cuci brush dengan air shampoo tersebut. Fokuskan untuk mencuci bagian ujung brush dengan perlahan supaya rambut blush tidak rusak. Untuk foundation brush yang pipih, kamu dapat membersihkannya dengan oil cleanser terlebih dahulu sebelum mencuci dengan air dan shampoo.

Oil cleanser dapat membantu secara lebih maksimal untuk mengangkat sisa foundation dalam brush. Setelah di cuci, jangan gosok brush, tetapi lap secara perlahan dan gantung brush, sehingga brush tersebut dapat kering dengan sendirinya untuk menjaga supaya brush tidak rontok dan rusak.

 

Sponge Makeup

Alat makeup dengan bentuk sponge biasanya digunakan untuk meratakan dan mengaplikasikan makeup dengan tekstur cair atau creamy. Seperti foundation, cream blush, serta blush on cair. Sehingga, biasanya dalam sponge ini menyerap banyak produk kecantikan yang bila tidak dibersihkan secara berkala dan benar, maka produk kecantikan yang menempel tersebut akan mempengaruhi look makeup. Sponge yang kotor juga menjadi tempat strategis bersarangnya kuman dan kotoran.

Cara membersihkan sponge atau beauty blender sebenarnya sangat mudah. Kamu dapat membersihkan sponge dengan air dingin dan air hangat yang dicampur dengan body wash ataupun face wash.

Akan jauh lebih baik jika sebelum dicuci dengan air dan sabun, bersihkan spons dari makeup yang tersisa dengan menggunakan oil cleanser. Dengan demikian sisa sisa makeup yang berada di sponge dapat terangkat secara lebih maksimal. Bilas sampai oil cleanser dalam sponge tersebut hilang, lalu cuci sponge dengan air dan sabun, kemudian bilas hingga bersih. Setelah bersih, tempatkan sponge pada tisu atau kain kering yang bersih agar sponge cepat kering.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading