Sukses

Beauty

Kandungan Berpotensi Beracun yang Bisa Ditemukan Pada Produk Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Produk kecantikan terkadang mengandung ratusan bahan kimia dan senyawa yang mungkin atau mungkin tidak beracun bagi tubuh. Beberapa di antaranya termasuk iritasi kulit dan bahkan pengganggu endokrin — yang dianggap mengganggu sistem hormonal tubuh dan berpotensi memiliki efek samping perkembangan, reproduksi, neurologis, dan kekebalan, menurut Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan. 

Secara umum, Food and Drug Administration tidak mewajibkan produk kecantikan untuk disetujui sebelum dapat dijual, meskipun produk tersebut harus aman dan perusahaan memiliki tanggung jawab hukum untuk memastikan produk mereka benar-benar aman saat digunakan sesuai anjuran. 

thehealthy.com bertanya kepada ahli kulit terkemuka tentang bahan kimia dan bahan tertentu yang dapat ditemukan dalam produk kecantikan populer dan apakah masuk akal untuk mencoba menghindarinya;

Triclosan

Bahan kimia antimikroba ini, yang pertama kali diperkenalkan sebagai pestisida, telah menjadi barang perawatan pribadi sejak tahun 1960-an.

"Triclosan ditambahkan ke sabun dan cuci dan bahkan beberapa pakaian atau peralatan masak untuk mengurangi bakteri dalam produk," kata Dendy Engelman, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York City.

Sekarang, karena dampak potensialnya pada kanker kulit dan hormon tiroid (terlihat pada penelitian pada hewan tetapi tidak dikonfirmasi pada manusia); kemungkinan kontribusinya terhadap kuman yang kebal antibiotik; dan karena tidak lebih efektif daripada sabun biasa dalam membunuh kuman, FDA telah melarang sabun dan produk antiseptik lainnya menggunakan bahan tersebut. 

Fragrance

Wewangian sintetis mungkin membuat produk kita berbau harum, tetapi mereka adalah salah satu pesaing utama yang menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

“Pewangi biasanya terbuat dari bahan kimia berbahaya lainnya, seperti paraben, turunan benzena, aldehida, dan banyak lagi yang terkait dengan kanker dan masalah sistem saraf,” jelas Dr. Engelman.

Dia merekomendasikan mencari istilah-istilah ini untuk memberi tahu kita bahwa suatu produk mengandung wewangian: Parfum, parfum, linalool, limonene, eugenol, citronellol, geraniol atau cinnamal. 

ftalat

Bahan kimia ini, umumnya ditemukan di cat kuku, semprotan rambut, deodoran, parfum, dan losion pelembab, dimaksudkan untuk menjaga produk tetap lembut dan fleksibel. Itu bagus, tetapi ftalat juga dapat membawa risiko kesehatan.

“Ada laporan bahwa ftalat dikaitkan dengan berbagai kanker, termasuk payudara, hati, ginjal, dan paru-paru, meskipun tidak ada hubungan sebab akibat yang terbukti,” kata Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di Kota New York.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading