Sukses

Beauty

Tangan dan Kaki Kering? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit kering khususnya pada tangan dan kaki adalah hal biasa. Meskipun secara teknis bukan kondisi yang berbahaya, ini bisa menjadi kondisi yang sangat menjengkelkan.

Dalam kebanyakan kasus, tangan dan kaki kering disebabkan oleh kondisi lingkungan. Cuaca, misalnya, bisa menyebabkan tangan dan kaki kering. Sering mencuci tangan, terpapar bahan kimia, dan kondisi medis tertentu juga dapat membuat tangan kering

Pelajari lebih lanjut tentang pengobatan untuk kekeringan, cara mencegahnya, dan apa penyebabnya. Berikut beberapa bahan-bahan yang natural, dan dapat digunakan sebagai pelembab untuk kulit kering. Simak sebagai berikut yang dikutip dari berbagai sumber

Penyebab kulit kering

Menurut healthline.com, terdapat 3 kemungkinan yang menyebabkan kulit tangan dan kaki menjadi kering, yaitu

Cuaca

Selama bulan-bulan yang lebih dingin, biasanya kulit Anda menjadi kering. Perubahan iklim, terutama cuaca dingin tanpa banyak uap air di udara, dapat menyebabkan tangan ataupun menjadi kering. Penurunan kelembaban di udara menarik kelembaban dari kulit. 

Kondisi tempat kerja

Kondisi tempat kerja juga dapat menyebabkan tangan atau kaki menjadi kering. Orang dengan pekerjaan yang membutuhkan cuci tangan yang ekstensif, seperti perawat, dokter, atau guru, mungkin memperhatikan tangan kering. Pekerja pabrik atau penata rambut mungkin secara rutin terpapar bahan kimia atau iritasi keras lainnya. Ini juga bisa menyebabkan tangan kering.

Kondisi medis

Beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan tangan kering atau membuat seseorang berisiko mengalami tangan kering lebih sering. Misalnya, orang dengan gangguan autoimun, seperti diabetes atau lupus, mungkin mengalami penurunan sirkulasi darah ke tangan. Hal ini menyebabkan tangan mereka lebih mudah teriritasi. Eksim dan psoriasis, dua kondisi yang menyebabkan peradangan kulit, juga dapat menyebabkan tangan kering, kulit mengelupas, dan pecah-pecah.

Cara melembapkan kulit dengan bahan alami

Berikut 4 cara yang bisa dilakukan di rumah dengan bahan yang alami menurut Medical News Today

1. Mandi oatmeal

Oatmeal adalah bahan alami lain yang dapat membantu merawat kulit kering. Menambahkan oatmeal bubuk ke dalam bak mandi atau menggunakan krim yang mengandung oatmeal dapat membantu meredakan kulit kering.

Sebuah studi tahun 2015 berjudul “Anti-inflammatory activities of colloidal oatmeal (Avena sativa) contribute to the effectiveness of oats in treatment of itch associated with dry, irritated skin” menemukan bahwa ekstrak dari oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan, sehingga dapat membantu merawat kulit kering.

2. Minum susu

Susu juga bisa meredakan kulit kering, tetapi tidak saat dioleskan ke kulit. Penelitian dari 2015 berjudul “A novel mechanism for improvement of dry skin by dietary milk phospholipids: Effect on epidermal covalently bound ceramides and skin inflammation in hairless mice” yang menunjukkan bahwa diet termasuk susu dapat memperbaiki kulit kering.

Studi ini menemukan bahwa lemak yang terkandung dalam susu, yang disebut fosfolipid, meningkatkan penghalang kulit pada tikus ketika ditambahkan ke makanan mereka. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah minum susu memiliki efek yang sama pada kulit manusia.

3. Gunakan Petroleum jelly

Petroleum jelly, atau dikenal sebagai minyak mineral, telah digunakan sebagai pelembab selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa penghalang kulit pada orang tua membaik setelah mereka menggunakan petroleum jelly. Hal ini disampaikan pada penelitian berjudu; “Skin cleansing and emolliating for older people: A quasi-experimental pilot study”. Temuan ini mendukung penggunaan petroleum jelly untuk merawat kulit kering, terutama yang disebabkan oleh penuaan.

4. Gunakan lidah buaya

Gel lidah buaya dapat membantu meredakan kulit kering, menurut sebuah studi tahun 2003 berjudul “Evaluation of aloe vera gel gloves in the treatment of dry skin associated with occupational exposure”. 

Seseorang dengan kulit kering di tangan atau kaki mereka dapat mengoleskan gel lidah buaya dan menutupi area yang terkena dengan kaus kaki atau sarung tangan. Orang mungkin lebih suka melakukan ini sebelum tidur dan membiarkan gel sepanjang malam.

Jika kulit kering ada di area lain dari tubuh, mengoleskan gel lidah buaya secara bebas dan membiarkannya meresap dapat mencapai efek yang sama.

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading