Sukses

Beauty

Bibir Kering Ketika Puasa? Begini 6 Cara Melembapkannya

Fimela.com, Jakarta Berpuasa mengharuskan kita menahan nafsu makan maupun minum di siang hari. Cuaca panas di siang hari serta kurangnya minum air putih menyebabkan bibir kita menjadi kering bahkan hingga pecah-pecah.

Selama Ramadan, salah satu keluhan kecantikan utama adalah bibir kering dan pecah-pecah akibat puasa. Bibir sangat rentan karena tidak seperti area kulit lainnya, mereka tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya.

Selain itu, penyebab bibir kering hingga pecah-pecah ialah karena kulit di bibir kita 15 kali lebih tipis dari kulit di tubuh kita. Sehingga membutuhkan perawatan dan perlindungan ekstra, terutama selama bulan suci ketika tingkat hidrasi berada di titik terendah. Untungnya, ada beberapa cara untuk membantu mengatasi kulit bibir terkelupas, dehidrasi, dilansir dari Arab News. Simak sebagai berikut;

Minum cukup air

Cara terbaik untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah dan kering adalah dengan meningkatkan asupan air selama berbuka puasa dan sahur. Secara umum, minum dua liter air per hari akan membuat kita tetap terhidrasi. Masukkan sup, dan teh herbal ke dalam makanan yang semuanya berkontribusi pada asupan cairan total.

Scrub bibir

Mengeksfoliasi bibir membuatnya lebih lembut dan terhidrasi, tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Kita bisa membuat scrub bibir sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan dapur seperti madu dan gula. 

Hidrasi

Setelah kulit di bibir terkelupas, carilah pelembab bibir yang mengandung ceramide dan minyak alami. Gunakan pelembab bibir seperti Lip Balm, atau petroleum jelly untuk menjaga bibir tetap terhidrasi.

Gunakan masker bibir

Masker bibir mudah digunakan dan dikemas, cari lah masker bibir dengan bahan pelembab seperti hyaluronic acid, shea butter dan vitamin E. Untuk menggunakannya, letakkan di bibir  selama 10 menit. Kemudian, lepaskan tambalan dan biarkan serum sisa menyerap ke kulit.

Gunakan pelembap udara

Udara kering dapat menghilangkan kelembapan dari kulit. Pertimbangkan untuk memasukkan pelembab udara ke dalam ruanganmu selama bulan suci untuk menambahkan kelembapan yang sangat dibutuhkan ke udara.

Berhenti menjilati bibirmu

Kita cenderung menjilat bibir kita untuk menghilangkan kekeringan, tetapi sebenarnya membuat bibir lebih kering. Air liur tidak hanya mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir, tetapi menjilati bibir secara terus-menerus akan menghilangkan minyak alami yang ada di kulit. Sebagai gantinya, gunakan krim yang menenangkan untuk menutrisi dan menenangkan bibir kering.

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading