Sukses

Lifestyle

Bolehkah Berpuasa saat Hamil? Ini Penjelasan Ahli

Fimela.com, Jakarta Ramadan sudah di depan mata. Kurang dari satu bulan umat muslim telah memasuki bulan Ramadan. Ramadan merupakan bulan yang istimewa di mana umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. 

Sebelum bulan Ramadan tiba, kita yang memiliki utang puasa akan berpuasa sebagai ganti puasa bulan Ramadan lalu yang ditinggalkan. Lantas bagaimana dengan ibu hamil? Apakah tetap boleh berpuasa selama kehamilannya?

Ibu Berpuasa Boleh atau Tidak

Melansir dari laman healthline.com, selama ibu hamil tidak memiliki keluhan pada kehamilannya, ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa. Biasanya, saat melakukan pemeriksaan rutin bulanan dokter atau bidan akan memberikan anjuran terbaik untuk ibu hamil. Dokter akan memberi tahu apakah ibu hamil memungkinkan untuk ikut berpuasa atau tidak. 

Selama ibu hamil memenuhi nutrisi tubuh serta janin dalam kandungannya dengan baik saat makan sahur dan berbuka puasa, ibu hamil tak masalah jika harus ikut berpuasa. Saat sahur dan berbuka, ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan nutrisinya mulai dari karbohidrat, vitamin, protein hewani dan nabati, asupan air putih, lemak, mineral dan kalsium. 

Hindari mengonsumsi makanan manis berlebihan saat sahur dan buka karena ini tidak akan baik untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. Jika ingin mengonsumsi makanan manis, usahakan untuk mengonsumsi makanan manis yang memiliki rasa manis alami seperti kurma dan buah-buahan.

Kondisi yang Membuat Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Berpuasa

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan ibu hamil untuk tidak berpuasa dahulu selama hamil. Kondisi tersebut antara lain adalah ibu hamil menderita diabetes melitus, mengeluarkan flek atau pendarahan, mengalami masalah pencernaan dan mengalami dehidrasi parah. 

Itulah beberapa kondisi yang membuat ibu hamil sebaiknya tidak berpuasa dahulu. Ketika ingin berpuasa dan kamu sedang hamil, cobalah untuk mengonsultasikan terlebih dulu dengan dokter apakah kondisi kesehatanmu memungkinkan berpuasa atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading