Sukses

Beauty

Cara Jitu Cegah dan Rawat Jerawat pada Masa Pubertas

Fimela.com, Jakarta Jerawat cukup umum terjadi ketika sedang mengalami pubertas. Tingkat hormon pada remaja yang sedang mengalami perubahan, yang dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut.

Produksi minyak yang meningkat pada wajah, bersama dengan sel kulit mati dan bakteri, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Jerawat yang akan muncul biasanya dalam bentuk whiteheads, komedo, atau jerawat. Tingkat hormon remaja sedang mengalami perubahan, yang dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut.

Yuk kita simak beberapa cara untuk mencegah jerawat saat sedang mengalami pubertas, dan cara merawatnya jika jerawat sudah terlanjur muncul.

Cara mencegah jerawat akibat pubertas

Cara terbaik untuk menghilangkan jerawat adalah dengan tidak membiarkannya terbentuk. Meskipun tidak mungkin untuk menjamin jerawat tidak akan terbentuk, berikut adalah beberapa praktik baik yang akan sangat membantu kulit, dilansir dari WFMC Health

  • Cuci muka sekali atau dua kali sehari dengan air dan pembersih lembut yang dibuat untuk jenis kulitmu (kulit normal, kering, berminyak, atau kombinasi).
  • Jangan menggosok wajah dengan waslap atau shower loofah; mereka akan mengiritasi kulit dan rentan terhadap bakteri jika tidak dicuci secara teratur.
  • Jika memakai riasan, pastikan untuk menghapus semuanya di penghujung hari dengan penghapus riasan bebas minyak.
  • Cuci muka setelah berolahraga untuk membersihkan pori-pori dari keringat.
  • Jauhkan rambut dari wajah dan hindari topi bertepi rendah, hal ini untuk mencegah munculnya jerawat di dahi.
  • Hindari menyentuh atau mencungkil kulit, hal ini dilakukan agar membatasi iritasi dan penyebaran bakteri dari tangan kita.

Hal yang harus diketahui ketika jerawat muncul

Dilansir dari website Children Hospital Los Angeles, ada berbagai tingkat jerawat, maka dari itu masing-masing memiliki perawatan yang berbeda. Tingkat jerawat bervariasi dari orang ke orang dan bisa datang dan pergi, menjadi lebih baik atau lebih buruk tanpa prediksi.

Sebelum memutuskan perawatan jerawat, pertimbangkan tips berikut:

  • Tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi jerawat, mencegah jerawat baru dan membatasi jaringan parut jerawat.
  • Rencana perawatan dilakukan secara bertahap dan membutuhkan waktu dan kesabaran.
  • Berdedikasi pada rencana perawatan itu penting, sehingga dapat melihat apakah perawatan itu berhasil atau menyebabkan efek samping.
  • Jangan memencet atau mengiritasi jerawat karena ini dapat menyebabkan lebih banyak peradangan.
  • Laser hair removal, waxing dan pengelupasan kulit harus dihindari selama perawatan

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading