Sukses

Beauty

Kulit Cerah Bebas Jerawat, dengan Skincare Berbahan Kojic Acid

Fimela.com, Jakarta Jerawat memang masalah umum yang terjadi pada setiap orang, terutama perempuan. Maka untuk mencegah atau menghilangkannya butuh skincare dengan kandungan muktahir dan rutin menggunakannya.

Salah satu kandungan skincare yang membuat wajah cerah bebas jerawat ialah kojic acid. Di dunia skincare, kojic acid banyak digunakan sebagai bahan aktif yang mencerahkan kulit. 

Awalnya kojic acid merupakan hasil sampingan dari proses fermentasi pembuatan kecap dan arak. Namun pada tahun 1989, kojic acid banyak digunakan menjadi bahan aktif untuk produk kecantikan yang berfungsi memutihkan dan mencerahkan kulit.

Salah satu produk brand lokal yang berinovasi menggunakan bahan kojic acid yaitu brand skincare L’indka. Dikenal sebagai skincare anti acne yang banyak membantu para pejuang jerawat mendapatkan kulit sehat, dan menambahkan bahan aktif kojic acid pada produknya untuk hasil kulit yang cerah.

Bahan aktif kojic acid diyakini dapat mencerahkan kulit, karena masih tergolong jenis dari AHA atau alpha hydroxy acid.

Selain sebagai chemical exfoliator yang mampu mengangkat sel kulit mati dan mengatasi kulit kusam, ternyata kojic acid juga mampu menekan produksi enzim tyrosinase di sel kulit sehingga mampu menghambat proses pembentukan melanin yang merupakan zat warna di sel kulit.

Manfaat lainnya

Manfaat kojic acid pada penggunaan bahan skincare tidak hanya sebatas mencerahkan kulit. Kojic acid juga berguna untuk mencerahkan kulit dengan mengembalikan warna kulit semula. Pada penggunaannya, kojic acid mampu memudarkan bekas jerawat yang menghitam dan memudarkan flek akibat sinar UV.

Kandungan kojid acid juga diyakini dapat membantu mengatasi kulit yang mengalami melasma.

Flek parah pada permukaan kulit atau biasa disebut melasma ini biasanya terlihat seperti bercak cokelat keabu-abuan yang rapat pada kulit.Menurut Founder L’indka, Alfi Riyandi, saat ini ada 2 produknya yang menggunakan bahan aktif kojic acid, Glutaglow Soap Bar dan Cica Acne Translucent Soap Bar.

“Sejauh ini, ada 2 produk dari L’indka yang mengandung kojic acid. Kedua produk tersebut berbentuk sabun batang. Adapun produknya adalah Glutaglow Soap Bar dan Cica Acne Translucent Soap Bar,” ujar Alfi Riyandi Putra, dikutip dari siaran pers.

Selain mengandung kojic acid, Glutaglow Soap bar juga diperkaya dengan bahan pencerah lain seperti Niacinamide, Glutathione dan Bearberry Leaf Extract (Arbutin).

“L’indka merupakan brand lokal pertama dan satu-satunya yang mampu mengombinasikan 4 bahan pencerah sekaligus di dalam formula sabun batang. Tentu hal ini menjadikan Glutaglow Soap Bar sebagai sabun pencerah kulit yang hasilnya nyata dan cepat terlihat,” jelasnya Alfi.

Bagi kulit yang berjerawat, disarankan menggunakan Cica Acne Transflucent Soap Bar. Sabun batang ini mampu membersihkan kulit sekaligus mengatasi pertumbuhan jerawat. Sabun batang ini diperkaya dengan 9 bahan akfif yang diformulasikan khusus untuk mengatasi jerawat tanpa meninggalkan bekas hitam.

“Agar memaksimalkan efek anti-acne, Cica Acne Translucent Soap Bar diperkaya dengan 9 bahan aktif, yaitu Ekstrak daun Centella Asiatica, Salicylic Acid, Chlorophyll, Tea Tree Oil, Ekstrak Portulaca, Peppermint Oil, Ekstrak Camphora, Kojic Acid, dan Charcoal. Kandungan kojic acid pada sabun batang ini selain sebagai anti-bakteri, juga berguna untuk mencegah agar jerawat yang ada di permukaan kulit tidak sampai meninggalkan bekas ketika sudah sembuh,” sambung Alfi Riyandi.

Kombinasi bahan aktif

Kojid acid aman dikombinasikan dengan bahan aktif skincare lainnya, karena tergolong jenis AHA yang justru akan membantu memaksimalkan kerja bahan aktif lainya sebagai pencerah dan anti-aging. 

Adapun konsentrasi kojic acid yang aman berkisar dari 1 hingga 2% saja, dan masih memungkinkan diterima kulit pada angka 4%. Jika melebihi dari batas konsentrasi, maka asam kojic bisa menimbulkan efek samping seperti gatal, iritasi, kulit kering hingga nyeri.

Semua penggunaan skincare membutuhkan waktu, penggunaan yang teratur untuk proses hasil yang diinginkan. Alfi Riyandi juga menegaskan penggunaan skincare tidak ada yang instan dan membutuhkan proses.

“Butuh waktu sekitar 2-6 minggu agar kojic acid dapat memperlihatkan hasil kerjanya di kulit. Jadi jangan mengharapkan hasil yang instan yaa. Semua butuh proses, ingat usaha tidak akan mengkhianati hasil,” tutupnya.

#women for women

Loading