Sukses

Beauty

Tips Membuat Masker Wajah untuk Kulit Kering

Fimela.com, Jakarta Jika kamu mengalami masalah kulit kering dan pecah-pecah, kamu tentu tidak sendirian. Ini merupakan masalah umum yang dihadapi banyak orang. Masalah itu merupakan salah satu  masalah yang dapat kamu lawan dengan beberapa perawatan kulit pelembab buatan sendiri.

Apakah kulit kamu mengalami dehidrasi karena unsur-unsurnya, kering karena proses penuaan alami, atau kering karena alasan tertentu yang tidak dapat kamu tentukan, resep ini cocok untuk kamu.

Dikutip dari brydie.com, banyak bahan dapat ditemukan di lemari dapur dan kulkas kamu seperti alpukat, madu, susu, dan gula merah semuanya bagus untuk kulit kering. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, ada baiknya untuk melakukan tes resep ini di leher atau pergelangan tangan terlebih dahulu.

Namun, sebagian besar bahan ini cukup murni sehingga kebanyakan orang (yang tidak alergi terhadap zat itu sendiri) tidak akan mengalami masalah. Mereka sering menjadi alternatif yang baik untuk barang-barang mewah yang disebutkan di atas yang ditemukan di stoples dan tabung yang dibeli di toko, karena produk tersebut sering menggunakan bahan kimia untuk pengawetan yang dapat menyebabkan kulit kering.

Melembabkan dan menyegarkan kulit dengan alpukat krim

  1. Potong alpukat menjadi dua dan ambil dagingnya ke dalam mangkuk.
  2. Campur dengan 1 sdt (4,9 mL) yogurt organik polos dan 1 sdt (4,9 mL) madu mentah.
  3. Hancurkan campuran tersebut hingga halus, lalu oleskan dengan lembut ke seluruh wajah kamu yang bersih.
  4. Biarkan masker menempel di kulit kamu selama 15 hingga 20 menit agar asam lemak omega dalam alpukat dan minyak zaitun punya waktu untuk meresap.
  5. Alpukat kaya akan lemak dan nutrisi baik yang dapat meningkatkan kelembapan pada wajah kamu.

Jika alpukatnya kecil, kamu mungkin ingin mengambil daging dari kedua bagiannya untuk digunakan sebagai masker. kamu harus memiliki cukup untuk masker yang bisa kamu oleskan ke seluruh wajah kamu.

Masker labu

Gunakan masker ini untuk meremajakan dan menyegarkan kulit kamu. Caranya dengan:

  1. Campurkan 1/4 c (59 mL) yogurt Yunani bebas lemak, 1 sendok makan (15 mL) madu mentah, 1/4 c (59 mL) labu kalengan, dan 1 sendok makan (17 g) biji rami giling.
  2. Campur bahan sampai halus, lalu oleskan masker ke seluruh wajah.
  3. Biarkan selama sekitar 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat.[5]

Labu memang cenderung menodai karpet dan pakaian, jadi lakukan ini di kamar mandi atau di atas wastafel untuk menghindari potensi bencana. Jika kamu kesulitan melepaskan masker dari kulit, gunakan kain mikrofiber untuk menggosoknya.

Masker oatmeal

Eksfoliasi dan pelembap kulit kamu menggunakan oat. Caranya dengan:

  1. Campurkan 1/2 c (120 mL) air panas dengan 1/3 cangkir (43 g) oatmeal dalam mangkuk.
  2. Biarkan campuran selama 2 hingga 3 menit, lalu masukkan 2 sendok makan (30 mL) yogurt tawar dan 2 sendok makan (30 mL) madu.
  3. Oleskan masker ke wajah kamu, lalu diamkan selama sekitar 15 menit.[10]

Sebelum kamu membilas masker ini, taruh saringan di kulit kamu untuk menangkap semua gandum dan mencegah penyumbatan. Untuk pengelupasan ekstra, gosok masker oatmeal pada kulit kamu selama sekitar 30 detik sebelum membiarkannya.

 

*Penulis: Saffa Sabila.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading